Tim Pakar Berakhir, Lahir Tim Teknis di Bawah Kabareskrim

Tim Pakar Berakhir, Lahir Tim Teknis di Bawah Kabareskrim
Kadiv Humas Polri Irjen Pol M. Iqbal (tengah) menerima laporan investigasi dari Ketua Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Kasus Novel Baswedan, Nur Kholis (dua kiri) dan Anggota TGPF Hendardi (dua kanan) saat rilis hasil investigasi TGPF Novel Baswedan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Farouk Arnaz / CAH Rabu, 17 Juli 2019 | 21:24 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Tim pakar dalam kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan 11 April 2017 telah berakhir. Tim yang gagal menemukan pelaku dan aktor dibalik kasus ini menyarankan dibentuk tim teknis.

Mabes Polri pun menyanggupi permintaan itu. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal, tim teknis akan segera dibentuk dan bekerja maksimal selama maksimal enam bulan. Jika masih dibutuhkan, Polri akan memperpanjang tim tersebut.

Lalu apa bedanya dengan tim yang selama ini ada? Menurut Iqbal, “Kalau tim yang ada selama ini hanya dari Polda Metro Jaya. Ini gabungan dengan Mabes Polri. Tim teknis lapangan spesifik itu memang hanya dimiliki kami.”

Karena TPF atau TGPF sekali pun, masih kata Iqbal, sekalipun dibentuk oleh siapa pun, mereka punya kewenangan terbatas. Metodologi juga terbuka seperti wawancara dan analisa persesuaian. Ini beda dengan tim Polri.

Menurutnya tim akan dipimpin Kabareskrim Komjen Idham Azis. Idham sebenarnya juga sudah mengusut kasus ini pada saat dia duduk sebagai Kapolda Metro Jaya namun juga masih gagal.

“Kalau dalam sebulan setelah konpres ini bisa mengungkap, Alhamdulillah. Ini tim terbaik yang dipimpin Pak Kabareskrim. Jangan ragukan keseriusan kami. Meski tidak semua kasus bisa terungkap dan butuh waktu,” tambah Iqbal dan menyebut sejumlah kasus di dalam dan luar negeri yang belum terungkap.

Novel disiram air keras oleh orang tak dikenal pada 11 April 2017. Kedua matanya rusak parah. Novel pun berobat di Singapura dan cacat hingga kini.



Sumber: BeritaSatu.com