Pengemudi Mobil Lawan Polantas di Tol Angke Ditangkap

Pengemudi Mobil Lawan Polantas di Tol Angke Ditangkap
Tohap Silaban, pengendara mobil yang diduga melawan petugas saat hendak ditilang, ditangkap aparat Polres Jakbar dan menjadi tersangka, Sabtu 8/2/2020). ( Foto: istimewa )
Bayu Marhaenjati / FMB Sabtu, 8 Februari 2020 | 12:37 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi menangkap pengemudi mobil Toyota Agya B 2340 SIH berinisial TS lantaran melawan saat hendak ditilang dengan cara mencekik dan mendorong petugas, di Jalan Tol Angke, tepatnya 300 meter setelah Gardu Tol Angke 2, Jakarta Barat.

"Sudah ketangkap. Saat ini di Polres, sedang diperiksa," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Sabtu (8/2/2020).

Dikatakan Yusri, kronologi kejadian bermula ketika Brigadir Eko Budiarto yang sedang patroli dan melintas di Gerbang Tol Angke 2 melihat banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan diduga menghindari sistem ganjil-genap, sekitar pukul 09.30, Jumat (7/2/2020) kemarin. Sejurus kemudian, Brigadir Eko membunyikan sirine mobil serta meminta agar kendaraan yang parkir melanjutkan perjalanan.

"Tapi ada satu kendaraan Toyota Agya B 2340 SIH yang dikemudikan TS, tidak mau jalan," ungkapnya.

Yusri menyampaikan, Brigadir Eko kemudian turun dan menanyakan kelengkapan surat kendaraan, serta menerangkan kalau berhenti di bahu jalan dilarang kecuali keadaan darurat.

Menurut Yusri, pada saat itu melintas juga mobil patroli yang dikemudikan korban Bripka Rudy Rustam. Selanjutnya, Brigadir Eko meminta petunjuk kepada Bripka Rudy, dan akhirnya dilakukan penilangan karena sudah melanggar peraturan lalu lintas.

"Kemudian, dilakukan penindakan berupa tilang. Ketika Bripka Rudy sedang menulis surat tilang, pengemudi tersebut tidak terima dan langsung mendorong, mencekik serta diminta membuka baju polisi untuk diajak berantem," katanya.

Ketika peristiwa pencekikan itu terjadi, Brigadir Eko merekamnya, kemudian dilaporkan ke Kepala Induk Jaya 1, dan diteruskan ke Polsek Tanjung Duren. Pada rekaman video itu, korban Bripka Rudy nampak tidak melakukan perlawanan dan terus berupaya untuk menilang korban.



Sumber: BeritaSatu.com