Ratusan Lagu K-Pop Hilang dari Spotify
Logo BeritaSatu

Ratusan Lagu K-Pop Hilang dari Spotify

Senin, 1 Maret 2021 | 14:44 WIB
Oleh : AO

Jakarta, Beritasatu.com - Ratusan lagu pop asal Negeri Gingseng Korea Selatan (K-Pop) menghilang dari Spotify seluruh dunia saat platform streaming itu masih berusaha mencapai kesepakatan dengan distributor KakaoM. Lagu-lagu yang didistribusikan label Korea itu tidak lagi bisa didengarkan di Spotify seluruh dunia, seperti grup IU, Chery Bullet, GFriend, Mamamoo, CL, dan Nu'est.

KakaoM mendistribusikan banyak lagu populer Korea, di mana 37,5% lagunya masuk ke dalam tangga lagu tahunan top 400 pada 2020 dari Gaon Music Chart. Dalam pernyataan kepada NME, Senin (1/3/2021), Juru Bicara Spotify mengonfirmasi katalog lagu dari KakaoM tidak akan lagi tersedia untuk pengguna di dunia mulai 1 Maret 2021 karena lisensinya sudah kedaluarsa.

"Kami sudah bekerja sama dengan KakaoM selama 1,5 tahun untuk memperbarui kesepakatan lisensi global, agar musik-musik dari artis mereka tetap tersedia untuk pendengar Spotify di hampir 170 pasar di dunia. Meski sudah berusaha keras, perjanjian lisensi kami dengan KakaoM (yang mencakup seluruh negara selain Korea Selatan) telah berakhir," ujarnya seperti dikutip Antara.

Juru Bicara Spotify juga mengatakan, fakta bahwa mereka belum sepakat atas perjanjian global baru sungguh disayangkan untuk para artis, penggemar, dan pendengar di dunia. "Kami berharap gangguan ini hanya sementara dan kami bisa menyelesaikan secepatnya. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang hak lokal, termasuk KakaoM, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan," ujarnya.

Perusahaan induk KakaoM juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital terbesar di Korea Selatan. Dalam cuitan di Twitter, Tablo dari grup Epik High menulis, hilangnya musik-musik K-Pop merupakan buntut perselisihan pendapat antara perusahaan Korea dan Spotify.

"Tampaknya, perselisihan antara distributor kami KakaoM dan Spotify telah membuat album baru kami, Epik High Is Here, tidak tersedia secara global di luar keinginan kami. Terlepas siapa yang salah, mengapa artis dan penggemar yang menderita ketika bisnis mengedepankan keserakahan di atas seni?" ujar Tablo.

Ketika Spotify dirilis di Korea Selatan, Juru Bicara KakaoM kepada Korea Herald mengatakan, mereka masih berdiskusi dengan Spotify mengenai distribusi lagu lewat platform tersebut. Di sisi lain, artis-artis yang berada di bawah label SM, YG, JYP, dan BigHit Entertainment tidak terpengaruh.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Usai Tampil di MTV Unplugged, BTS Jadi Sasaran Pernyataan Anti-Asia dan Rasisme

Pernyataan bernada rasis disampaikan Matthias Matuschik, penyiar Radio Bayern 3 asal Jerman usai penampilan BTS di episode spesial MTV Unplugged.

HIBURAN | 28 Februari 2021

BTS Sabet Dua Piala di Korea Music Awards

Grup BTS berhasil menyabet dua piala untuk kategori Song of the Year dan Best Pop Song untuk lagu Dynamite

HIBURAN | 28 Februari 2021

2 Anjing Lady Gaga yang Diculik Akhirnya Kembali

Pihak kepolisian mengumumkan melalui media sosial Twitter, bahwa seorang wanita mendatangi kantor polisi dengan membawa dua ekor anjing tersebut.

HIBURAN | 28 Februari 2021

Artis Jennifer Jill Jalani Rehabilitasi di BNN

Jennifer Jill ditangkap anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat pada Selasa (16/2) malam dengan barang bukti narkotika golongan I.

HIBURAN | 28 Februari 2021

Mawar de Jongh Bangga Berduet dengan Vino G Bastian di Film Terbarunya

Belum diketahui apa judul yang akan dibintangi Mawar Eva dan Vino G Bastian tersebut.

HIBURAN | 28 Februari 2021

Brian J Lovell Rilis Single Debut Berjudul Last Chance

Lagu berjudul "Last Chance" ini diciptakan sendiri oleh ciptakan sendiri oleh Brian J Lovelldi tahun 2019 lalu.

HIBURAN | 28 Februari 2021

Devano, Putra Iis Dahlia Rilis Single Rembulan

Single perdana yang dirilisnya ini sebagai bukti Devano bisa berkiprah di industri musik tanpa bayang-bayang nama besar Iis Dahlia.

HIBURAN | 27 Februari 2021

Lady Gaga Tawarkan Uang Rp 6,9 M untuk Penemu Anjingnya yang Diculik

Salah seorang pegawainya terluka dan ditembak empat kali ketika tengah berjalan dengan tiga anjing bulldogs peliharaan Gaga.

HIBURAN | 27 Februari 2021

Kim Soo Hyun Diberi Biskuit Asal Indonesia, Fans Film Korea Heboh

Hingga kini belum diketahui siapa penggemar yang mengiriminya biskuit tersebut.

HIBURAN | 26 Februari 2021

Pemain Sinetron Ikatan Cinta Beri Kalung Buat Pemirsa The Voice Kids Indonesia

GTV yang merupakan anak perusahaan MNC Group mempersembahkan hadiah istimewa untuk pemirsa perempuan saat menonton The Voice Kids Indonesia.

HIBURAN | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS