38 Musisi Satukan Suara Lawan Pandemi Covid-19

38 Musisi Satukan Suara Lawan Pandemi Covid-19
Magenta Orchestra pimpinan Andi Rianto yang berkolaborasi dengan tujuh penyanyi/grup band Indonesia dan satu diva internasional ( Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR )
Dina Fitri Anisa / JAS Jumat, 10 April 2020 | 18:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Turut terkena dampak pandemik Covid-19, 38 musisi menyatukan suara untuk melawan. Perlawanan itu ditunjukkan melalui gerakan solidaritas konser Satu Cara yang berlangsung selama dua hari, 9 dan 10 April 2020 di platform streaming, Vidio.

Penggagas konser Satu Cara, Andi Rianto mengatakan konser ini tak lain bertujuan menghibur masyarakat di rumah, sambil mengulurkan tangan untuk membantu orang-orang yang terkena dampak pandemi Covid-19.

“Penyebaran virus corona di Indonesia terus meluas. Semua provinsi telah melaporkan adanya kasus tersebut. Penyebaran virus corona ini berdampak pada banyak hal mulai dari kesehatan banyak orang, sampai kehidupan ekonomi masyarakat kecil yang menurun drastis,” ungkapnya saat membuka konser daring, Kamis (9/4/2020).

Untuk itu menurutnya, saat ini setiap orang memiliki tanggung jawab untuk mengulurkan rasa solidaritasnya, mengingat dampak pandemi ini memakan waktu yang lama, dan berdampak pada keadaan ekonomi yang berkepanjangan.

Dengan kondisi seperti itu, Andi pun mengajak penulis lagu, Monty Tiwa mencipkatan sebuah lagu bertajuk, Satu Cara. Lagu tersebut dibuat untuk membangun rasa kebersamaan supaya semakin banyak hati yang tergugah untuk saling membangun.

“Pandemi ini telah menjadi persoalan seluruh masyarakat dunia. Saya melihatnya ini sebuah ujian dari Tuhan untuk menusia. Karena pandemik, semua kegiatan berhenti. Dampaknya pun langsung dirasa, dan tidak pandang bulu," kata Andi Rianto.

"Orang yang tadinya sombong, atau yang sudah berada di on top of the world semua sudah tidak bisa apa-apa sekarang. Di sinilah titik balik, agar sebuah bangsa dapat mengubah cara berpikir dan membuat setelah ini yang diharapkan bangsa bisa maju,” terangnya.

Dalam konser Satu Cara, para musisi juga kompak menyanyikan lagu tersebut, yang jadi seruan untuk saling waspada dan bersatu menghadapi pandemi yang melanda Bumi Pertiwi. Mereka adalah Titi DJ, Raisa, Rossa, Sheila Dara, Naura, Rio Febrian, Be3, Giring, Anji, Marcell, Afgan, Barsena, Harvey Malaihollo, Virgoun, Ashila, Ruth Sahanaya, Krisdayanti, Yuni Shara.

Tak ketinggalan Once, Iis Dahlia, Tompi, Gamaliél & Audrey, Maruli Tampubolon, Kevin Widaya, Prilly Latuconsina, Vidi Aldiano, Lesti, Fildan, Mikha Tambayong, Cinta Laura Kiehl, Ari Wibowo, Boy William, Ramen Gvrl, Dira Sugandi, Joe Taslim, Devano Danendra.

Saat hari pertama, Vidi Aldiano mengajak seluruh penonton untuk mengulurkan tangannya melalui donasi yang dibuka di Kitabisa.com. Vidi pun menjelaskan, nantinya sumbangan ini akan disalurkan untuk menyediakan alat pelindung diri (APD) dan makanan bergizi untuk para tenaga medis dan pegawai rumah sakit, serta menyediakan kebutuhan pokok selama bagi masyarakat kecil untuk memenuhi kebutuhannya selama 14 hari.

“Sejak pandemik, kerjaan saya berakhir di Maret dan Mei. Saat ini sudah benar-benar zero income, tetapi bukan berarti kita zero outcome. Saya ingin tetap bisa membantu teman-teman yang membutuhkan. Ayo kita bantu, berapapun dana yang diberikan sangat berarti buat mereka,” jelasnya.

Baru dua hari dibuka, gerakan ini sudah mengumpulkan Rp 140 juta dari 1.500 donatur. Penggalangan dana ini akan tetap dibuka 50 hari ke depan, dengan harapan bisa mencapai atau melebihi target donasi yaitu, Rp 2 miliar. 



Sumber: BeritaSatu.com