TNI-Polri Siapkan Operasi Kemanusiaan di Pulau Galang

TNI-Polri Siapkan Operasi Kemanusiaan di Pulau Galang
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan pengarahan kepada 540 prajurit TNI dan Polri di Desa Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu, 8 Maret 2020. (Foto: Istimewa / Puspen TNI)
Asni Ovier / AO Minggu, 8 Maret 2020 | 20:59 WIB

Batam, Beritasatu.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama seluruh komponen bangsa lainnya sedang mempersiapkan operasi kemanusiaan di Pulau Galang, Kepualuan Riau. Operasi kemanusiaan itu, antara lain rencana pembangunan rumah sakit khusus untuk menangani wabah virus corona (Covid-19) oleh pemerintah atau instansi terkait.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Idham Azis saat memberikan pengarahan kepada 540 prajurit TNI dan Polri di Desa Sijantung, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/3/2020).

Panglima TNI menjelaskan bahwa Pulau Galang adalah salah satu tempat ideal yang nantinya akan dibangun satu rumah sakit khusus, yaitu rumah sakit yang memiliki fasilitas sebagai observasi dan fasilitas isolasi. Tempatnya sangat ideal, karena berada di tengah hutan.

Jarak lokasi dengan penduduk kurang sekitar 3 kilometer dan kalau ada pasien yang harus dikirim dari luar negeri maupun dari wilayah Indonesia kapan pun bisa sampai di tempat ini. Pulau Galang memiliki bandara yang bisa didarati oleh pesawat kecil maupun pesawat berbadan lebar.

Pulau Galang adalah suatu tempat yang memang telah ditakdirkan menjadi satu kawasan dalam rangka operasi kemanusiaan. Sejarah telah mencatat bahwa sejak 1979 sampai 1996, Pulau Galang, khususnya di Desa Sijantung, menjadi tempat pengungsi Vietnam dan merupakan suatu bentuk operasi kemanusiaan yang pertama kali dilakukan.

Panglima TNI memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri agar segera melaksanakan kegiatan pengamanan, baik di jalur menuju Pulau Galang maupun pengamanan di wilayah yang akan dibangun rumah sakit. Dengan demikian, target pembangunan akan tercapai dan fasilitas akan segera tersedia.

Diharapkan, rumah sakit ini dapat segera dioperasionalkan untuk menampung para WNI yang akan menjalani observasi dan isolasi agar bisa sembuh dengan baik dan keluar dari Pulau Galang dengan selamat.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI berharap kepada masyarakat Indonesia agar tidak perlu takut untuk menghadapi wabah Covid-19. Meski demikian, masyarakat harus tetap waspada dan mengikuti koridor yang sudah ditentukan oleh Pemerintah dan WHO. Berbagai cara telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia tentang bagaimana menghindari wabah dari virus corona.



Sumber: BeritaSatu.com