Sandiaga: Kita Punya 55 Juta Warga Kelas Menengah Ingin Berwisata
Logo BeritaSatu

Sandiaga: Kita Punya 55 Juta Warga Kelas Menengah Ingin Berwisata

Kamis, 4 Maret 2021 | 18:33 WIB
Oleh : Lona Olavia / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyatakan, Indonesia mempunyai 55 juta warga kelas menengah yang ingin berwisata. Menurut Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) akan menggenjot kunjungan pariwisata domestik antara lain melalui program Bangga Berwisata di Indonesia.

Sandiaga menuturkan, dahulu Kemparekraf fokus mengejar Thailand, Malaysia dengan berjuta-juta wisatawan internasional.

“Itu saya singkat wising. Saat sekarang wising itu kita masih berharap terus, tetapi karena Covid-19 ini, kita harus kalibrasi. Tetapi ada wisatawan nusantara yang saya singkat wisdom, ini adalah kearifan, kebijaksanaan kita. Kita punya lebih dari 55 juta warga kelas menengah yang sangat mampu dan ingin berwisata,” kata Sandiaga, Kamis (4/3/2021).

Optimistis kebangkitan sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif kini makin menguat seiring program vaksinasi Covid-19 dan berbagai kebijakan pemerintah terkait sektor pariwisata. Namun untuk membangun optimisme dunia pariwisiata di tahun kedua Covid-19, membutuhkan kerja sama dari segenap pemangku kepentingan terkait.

Sandiaga menuturkan pihaknya ingin sesegera mungkin memulihkan kembali industri pariwisata. Namun sebelumnya harus bisa memastikan bahwa angka penularan Covid-19 ini dalam situasi yang terkendali.

“Saat ini PPKM mikro yang dijalankan pemerintah telah cukup sukses menekan angka penularan Covid-19 secara signifikan, dari 15 ribu perhari sampai diangka 5 ribu per hari. Ini menjadi suatu angin segar agar kita lebih disiplin dalam mematuhi PPKM mikro,” ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan untuk menggenjot kunjungan pariwisata baik asing maupun domestik dibutuhkan sebuah kolaborasi kolosal. Sandiaga menjelaskan, kolaborasi itu harus dijalin dengan berbagai instansi terkait instansi seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Satgas Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perhubungan serta juga elemen masyarakat dan dunia usaha.

Sandiaga optimistis kebangkitan pariwisata akan terjadi di kuartal kedua dan ketiga 2021.

“Jika ditanya waktu, saya ingin lebih optimistis. Saya ingin memberi harapan, saya ingin menyampaikan jika kita terus berdisiplin dan angka Covid-19 ini bisa terus ditekan, saya melihat kuartal kedua dan ketiga ini, kita mulai meningkat dari segi event ekonomi kreatif dan pemulihan dari pariwisata dan kebangkitan ekonomi kita,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemparekraf Nia Niscaya menambahkan, pada 2021 ini pihaknya bersiap menyambut pemulihan sektor pariwisata Tanah Air. Tumpuan utamanya yakni wisatawan domestik, sambil bersiap akan kedatangan para wisatawan mancanegara.

Menurut Nia, dari segi strategi pemasaran Kemparekraf saat ini yang terpenting adalah membangun kepercayaan pelaku usaha dan juga membangun kepercayaan pasar bahwa Indonesia sudah siap dengan new normal.

Hal ini karena ada perubahan tren di sektor pariwisata.

“Saat ini orang lebih banyak mencari yang lokasi wisata yang less crowded, yang berorientasi alam terbuka, kesehatan wellness dan adventure, dari segi penerbangan orang lebih suka yang direct flight, atau kalau yang domestik safe traveling, pergi bareng keluarga,” kata Nia.

Nia menegaskan pemasaran pariwisata saat ini sangat bergantung pada penanganan pandemi Covid-19. Karena itu, saat ini semua sektor pariwista harus bisa beradaptasi, berinovasi dan berkolaborasi. Kemparekraf sendiri terus berupaya berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam membangun presepsi bahwa Indonesia telah siap dengan new normal.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Berawal dari Jualan Bakso, Citra Insani Kini Sukses Geluti Bisnis Kecantikan

Kini produk Bebwhite C banyak diminati kaum hawa tersebut, sukses dengan jutaan paket produk, dengan member yang mencapai ribuan orang.

GAYA HIDUP | 3 Maret 2021

Tip Budi Daya Tanaman Hias Agar Tumbuh Indah

Ada beberapa tip agar tanaman hias tumbuh indah.

GAYA HIDUP | 3 Maret 2021

Sandiaga: Produk Kreatif Lombok Bisa Mendunia

Sandiaga mengatakan diperlukan kerja sama berbagai pihak untuk mengembangkan dan memajukan pelaku ekonomi kreatif yang berada di sekitar kawasan Mandalika.

GAYA HIDUP | 3 Maret 2021

Tips Chocochips Bertahan di Tengah Pandemi: Peka dan Jeli terhadap Perubahan

Brand mode lokal yang terkenal dengan gaya feminin sejak 2007 itu berhasil melewati 2020 dengan kepekaan dan kejelian melihat perubahan di masyarakat.

GAYA HIDUP | 2 Maret 2021

Furnitur Jepang dengan Desain Klasik Hadir di Indonesia

Ganko Oyaji menggunakan bahan baku dari kayu tua berusia ratusan tahun dan dikerjakan dengan tangan.

GAYA HIDUP | 2 Maret 2021

Bergaya Hypebeast Ala Korea dengan Sepatu Misyel Lo

Marelow sebagai produsen sepatu lokal menelurkan produk hypebeast ala Korea bernama Misyel Lo.

GAYA HIDUP | 2 Maret 2021

Efek Hallyu Juga Menyasar Industri Makanan di Indonesia

Selain restoran Korea yang menjamur, berbagai makanan instan khas Korea juga turut digandrungi masyarakat Indonesia.

GAYA HIDUP | 2 Maret 2021

Yuk! Lihat 3 Karakter Tokoh Drama The Penthouse Lewat Warna Makeup

Shim Su Ryeon, Cheon Seo Jin, dan Oh Yoon Hee adalah tiga karakter utama perempuan yang terlibat dalam pertarungan kekuasaan.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Alma Madani Resmi Kelola Hotel Bintang

Pandemi Covid-19 diakui banyak membuat para pengusaha hotel yang mengalami kesulitan.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Free Covid-19 Corridor, Ubud dan Nusa Dua Siap Terima Wisatawan

Menparekraf berjanji akan menyelesaikan kebijakan Covid Free Corridor untuk sejumlah daerah di Bali.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS