Sandiaga Optimistis Vaksinasi Covid-19 Bangkitkan Industri Pariwisata
Logo BeritaSatu

Sandiaga Optimistis Vaksinasi Covid-19 Bangkitkan Industri Pariwisata

Senin, 1 Maret 2021 | 17:32 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyakini program vaksinasi Covid-19 mampu membangkitkan kembali industri pariwisata di Tanah Air. Industri pariwisata dan ekonomi kreatif diakui menjadi salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Saya tetap optimistis pada 2021 ini, industri pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit kembali seiring dengan dijalankannya proses vaksinasi terhadap pelaku parekraf. Namun, saya imbau agar pemerintah daerah, pihak swasta, dan masyarakat untuk bekerja sama menyukseskan program tersebut," katanya dalam webinar bertajuk "Vaksin Datang Pariwisata Gemilang", Senin (1/3/2021).

Sandiaga meminta pihak bergerak cepat memulihkan sektor ini dan tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Semua potensi harus digarap bersama. Vaksinasi itu satu dari beberapa pilar. Jangan terlena, tetap harus disiplin menerapkan 3 M dan 3T.

"Saya melihat khusus Bali, konsensus analis 2021 kita akan bangkit kita akan rebound. Prediksi Bank Dunia, ekonomi kita tumbuh positif 3,1 persen. Data IMF menyebut ekonomi kita tumbuh 4,8 persen di tahun 2021, dan 6 persen di tahun 2020. Kita harus optimistis," kata Menparekraf.

Ia menjelaskan secara gamblang perkembangan kondisi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia sejak pandemi Covid-19 melanda.

Sandiaga tidak memungkiri industri pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor yang paling terpuruk, dan membutuhkan langkah-langkah pemulihan yang tepat. Terutama bagi daerah-daerah yang menjadikan pariwisata sebagai ujung tombak perekonomian.

"Sepanjang 2020, ekonomi pariwisata Indonesia mengalami penurunan hingga 12 persen. Perlu diketahui pula, sekitar 80 persen ekonomi di Bali itu bergantung pada pariwisata. Alhasil, sekarang banyak warga yang kehilangan mata pencahariannya," kata Sandiaga.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kondisi perekonomian Bali saat ini juga sangat memprihatinkan. Pada 2020 lalu, Bali menjadi provinsi terbawah dari 34 provinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi paling rendah hingga minus 9%.

"Saat ini negara mengalami kemajuan, yakni angka covid-19 semakin menurun khususnya di Bali. Kita ingin semakin bersiap dan menggagas agar zona hijau ini bisa mulai dibuka pariwisatanya untuk beberapa negara seperti Tiongkok, Singapura dan negara lain," kata Sandi.

Menparekraf itu juga mengaku banyak mengundang duta besar sejumlah negara untuk bertemu di Bali dan destinasi wisata lainnya untuk melihat kesiapan pemerintah untuk membuka destinasi pariwisata. Namun, ia menegaskan rencana pembukaan pariwisata juga sangat tergantung pada upaya penanganan covid-19 di Bali.

"Ini kembali kepada kita. Jika angka (kasus) mudah-mudahan bisa double digit, jadi jangan lagi triple digit. Saya sudah lihat 7 hari ini Bali menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan," kata Sandiaga Uno.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

MCSC 2021 Dorong Arsitek Muda Berinovasi Ramah Lingkungan

Saint-Gobain menggelar Multi Comfort Student Contest (MCSC) 20201 Acara ini merupakan wujud komitmen untuk terus mendukung peran pemuda dalam mendorong konstruksi berkelanjutan (sustainable construction) dan mewujudkan dunia sebagai tempat yang nyaman untuk ditinggali (making the world a better home).

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Pameran IKM “Bali Bangkit 2021” Geliatkan Ekonomi Kreatif

Pameran ini bertujuan untuk menggeliatkan kembali ekonomi kreatif di Bali, khususnya para pengrajin, seperti kain, tenun endek, aksesoris, dan lukisan.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021

Strong Sisters Dorong Perempuan Indonesia Tingkatkan Kualitas Kehidupan

Strong Sisters berharap adanya wadah ini, bisa membuat para perempuan untuk bisa menunjukkan rasa saling mendukung, bukan malah saling bersaing.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021

Sandiaga Tinjau Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Pertama Bagi Pelaku Parekraf

Grab Vaccine Center ini didirikan oleh Grab dan Good Doctor untuk mendukung program vaksinasi nasional.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021

Festival Isi Piringku Dorong Kebiasaan Makan Sehat di Tengah Pandemi

Festival ini mengajak ribuan guru, orang tua, dan anak-anak Indonesia untuk mendorong kebiasaan makan sehat pada anak usia 4-6 tahun di tengah masa pandemi.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021

Jakarta Camera Jadi "Surga" Pecinta Fotografi

Animo masyarakat terutama milenial yang semakin tinggi tingkat keterikatannya pada media sosial juga membawa pengaruh yang positif terhadap bisnis kamera.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021

Coba Usaha Baru, Afgan Investasi di Bisnis Tahu Kriuk Galak

Musisi Indonesia ini mengaku tertarik terjun ke bisnis menarik ini setelah mendapat kiriman tahu kriuk dari seorang teman.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021

Aquascape, Hiburan di Tengah Pandemi Covid-19

Hobi yang kini tengah populer di saat pandemi adalah aquascape atau seni menghias akuarium dengan tanaman maupun hewan.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021

Ivan Gunawan Gelar Fashion Show Virtual

Ivan Gunawan mempunyai kiat khusus untuk tetap menggelorakan bidang fashion di Tanah Air.

GAYA HIDUP | 26 Februari 2021

Menparekraf Ajak Pramuwisata Pahami Tren Pariwisata Pascapandemi

Sandiaga mengajak para pramuwisata untuk optimistis dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

GAYA HIDUP | 26 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS