Menparekraf: Diskon Pesawat Berpotensi Diperluas hingga ke Labuan Bajo

Menparekraf: Diskon Pesawat Berpotensi Diperluas hingga ke Labuan Bajo
Seekor komodo terlihat di Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, NTT, Minggu 14 Oktober 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Uthan A Rachim )
Novy Lumanauw / FMB Senin, 17 Februari 2020 | 19:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan, pemerintah akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk perjalanan ke sejumlah destinasi pariwisata di Tanah Air. Destinasi yang mendapat stimulus adalah Bali, Kupang, Sulawesi Utara, Bintan, dan Batam.

“Masih ada rencana untuk menambah lagi destinasi-destinasi, seperti ke Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, dan sebagainya,” kata Wishnutama di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/2/2020).

Imbas Korona, Jokowi Akan Beri Insentif Diskon 30% bagi Wisatawan

Ia mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan membahas penerapan diskon ini dengan maskapai penerbangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Saya bersama Menteri Perhubungan sudah mengumpulkan 33 airlines untuk membahas potensi apa saja yang bisa dilakukan. Jadi, kami berusaha untuk mengambil kebijakan komprehensif sehingga kebijakan ini dapat dilakukan segera dan kami akan koordinasi dengan kementerian lainnya,” kata Wishnutama.

Menurut dia, insentif akan diberikan kepada dunia penerbangan dan perhotelan, sebab sektor ini terkait erat dengan industri pariwisata.

“Jadi diskonnya antara 25-30 persen. Syukurlah kalau bisa lebih dari itu. Kita masih memperhitungkan. Semoga ditetapkan pada minggu ini,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempertimbangkan untuk memberikan stimulus sebesar 30 - 50 persen dalam waktu tiga bulan untuk wisatawan manca negara (wisman), wisatawan nusantara (wisnus), dan biro perjalanan (travel agencies).

Kebijakan itu ditempuh untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata setelah dilumpuhkan oleh merebaknya virus korona, yang berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.



Sumber: BeritaSatu.com