40 Tahun Walkman, Sony Rilis Edisi Khusus

40 Tahun Walkman, Sony Rilis Edisi Khusus
Walkman Sony edisi khusus ulang tahun ke-40. ( Foto: Sony )
Heru Andriyanto / HA Minggu, 8 September 2019 | 06:47 WIB

Beritasatu.com - Produsen elektronik asal Jepang, Sony, akan merilis versi terbaru dari pemutar musik portable, Walkman, tepat 40 tahun setelah perangkat revolusioner itu diciptakan.

Hal itu disampaikan Sony di sela pameran produk elektronik tahunan di Berlin, Jerman, IFA 2019, Jumat (6/9/2019) lalu.

Walkman Sony TPS-L2 pertama kali diluncurkan pada 1979 dan ketika itu menjadi pemutar kaset portable dan pribadi yang pertama di dunia serta mampu mengubah cara kita mendengarkan musik. Setelah itu Sony merilis berbagai model Walkman, dan bersiap meluncurkan edisi khusus pada perayaan 40 tahun.

Edisi khusus ini diberi nama Sony NW-A100TPS Walkman dengan logo 40th Anniversary dicetak di belakang. Rancangan case atau wadahnya dibuat mirip dengan versi orisinal TPS-L2 Walkman. Selain itu layarnya bisa menampilkan gambar unik kaset pita untuk makin mengajak pengguna bernostalgia dengan edisi lawas Walkman.

Sony juga mengatakan akan merilis versi yang lebih murah tanpa diasosiasikan dengan hari jadi ke-40 tersebut, dengan nama Sony NW-A105 Walkman.

Walkman terbaru ini nanti menggunakan sistem operasi Android, dengan sejumlah fitur canggih untuk kualitas audio yang tak tertandingi oleh rivalnya. Misalnya adalah amplifier digital S-Master HX untuk menyajikan audio resolusi tinggi dan meminimalkan distorsi, lalu prosesor DSEE HX untuk meningkatkan kualitas audio yang terkompresi, dan bahkan prosesor vinyl sehingga cara kerja digital tidak menghilangkan karakter audio yang dihasilkan vinyl.

Masa pakai baterainya bisa mencapai 26 jam, lebih lama dari sebagian besar smartphone yang ada. Selain itu ada koneksi USB-C dan tambahan microUSD untuk kapasitas ekstra dari yang terpasang 16 GB, layar sentuh 3,6 inci, dan tombol pengatur di bagian samping perangkat.

Harga dan tanggal peluncuran belum diumumkan. Diperkirakan harganya sekitar Rp 5 juta di pasar Eropa. Meskipun sebagian besar smartphone sekarang bisa difungsikan sebagai pemutar musik, tetapi pemutar musik portable seperti Walkman dan iPod Touch masih memiliki penggemar tersendiri.



Sumber: CNN Business