Joker Kuasai Box Office

Joker Kuasai Box Office
Joaquin Phoenix dalam film Joker (2019). ( Foto: imdb.com )
Dina Fitri Anisa / FMB Senin, 7 Oktober 2019 | 09:58 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Baru saja memulai debut, film Joker sudah menguasai tangga box office. Dalam pekan pertama, film ini berhasil memperoleh US$ 93,5 juta (Rp 1,3 triliun) di 4.374 layar kawasan domestik Amerika Utara.

Dengan penghasilan tersebut, pemenang Venice Film Festival ini semakin memperkuat posisinya dengan beberapa rekor yang telah dikantongi. Pertama adalah, pembukaan domestik Oktober terbesar sepanjang masa, melampaui pembukaan Venom (2018) dengan US$ 80,25 juta.

Selain itu, kinerja Joker juga berhasil menorehkan namanya dalam rekor pembukaan domestik terbesar ke empat yang pernah ada untuk film berperingkat-R. Kemudian rekor ketiga, film ini juga dinobatkan sebagai film dengan jangkauan pasar terluas di kawasan domestik.

Secara internasional, Joker memulai debutnya di 73 pasar dan menghasilkan sekitar US$ 140,5 juta (Rp 1,9 triliun). Salah satu penyumbang terbesar untuk film produksi Warner Bros ini adalah Korea Selatan dengan US$ 16,3 juta (Rp 230,3 miliar), diikuti oleh Inggris (US$ 14,8 juta) dan Meksiko (US$ 13,1 juta).

Sedangkan di pasar Indonesia, Joker juga mendapat perhatian yang lebih. Penonton Indonesia menyumbangkan US$ 5,9 juta (Rp 83,3 miliar). Dari pendapatan inilah, Joker juga berhasil menjadi film Warner Bros dengan pembukaan terbesar di luar negeri tahun ini.

Para kritikus mempreduksi, pendapatan film garapan Todd Phillips ini akan terus mengalir dengan deras selama beberapa minggu ke depan. Pasalnya, film ini tidak hanya dibanjiri kontroversi, tetapi juga komentar positif. Nilai "A-" diberikan dari CinemaScore, dan nilai 7,3 / 10 dikeluarkan oleh RottenTomatoes.

Joker memberikan karakter sentralnya yang terkenal, kisah asal yang masuk akal yang bisa dijadikan tontonan brilian dan film ini merupakan evolusi gelap untuk film yang terinspirasi komik,” kesimpulan dalam kritik di situs RottenTomatoes.

Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix, menceritakan tentang Arthur Fleck, seorang komedian yang berubah menjadi psikopat karena latar belakangnya yang mendapat perlakuan tidak adil dari sekitarnya. Selain Phoenix, film ini juga dibintangi oleh Marc Maron, Bill Camps, Zazie Beetz, Marc Maron, dan Robert De Niro.

Lain sisi, film animasi dari Universal, Abominable, berada di urutan kedua. Film produksi DreamWorks Animation dan Pearl Studio merosot 42 persen di akhir pekan ke dua dengan pendapatan sekitar US$ 12 juta (Rp 169,6 miliar).

Secara internasional, film ini baru dibuka di Tiongkok akhir pekan ini dengan pendapatan yang cukup besar, yaitu US$ 11,2 juta (Rp 158,3 miliar). Tentunya, dengan angka tersebut pendapatan film garapan duo sutradara Tim Johnson dan Todd Wilderman ini berhasil mengumpulkan US$ 76,3 juta (Rp 1 triliun) secara global.

Di posisi ketiga diduduki Downtown Abbey, yang memasuki minggu ketiga. Film ini merosot 44 persen dan memberikan sekitar US$ 8 juta (Rp 113 miliar). Melesunya pendapatan yang diraih, menyebabkan film ini baru bisa mengumpulkan US$ 73,6 juta (Rp 1 triliun) di pasar domestik.

Sedangkan secara internasional, film ini hanya menambahkan US$ 6,6 juta (Rp 93,2 miliar) akhir pekan ini. Jika ditotal, pendapatan di pasar internasional telah mencapai US$ 61,8 juta (Rp 873,4 miliar).

Selanjutnya film bertajuk, Hustlers masih melanjutkan langkahnya yang kuat. Film ini telah berhasil melampaui angka US$ 91 juta (Rp 1,2 triliun) di dalam negeri akhir pekan ini, setelah turun 45 persen.

Dalam pasar internasional sendiri, film drama ini juga menambahkan US$ 1,9 juta (Rp 26,8 miliar), dengan penghitungan global yang kini mencapai US$ 110 juta (Rp 1,5 triliun).

Beralih ke posisi lima terakhir, masih dipegang erat oleh It: Chapter Two. Film yang digarap oleh Andreas Muschietti ini menghasilkan sekitar US$ 5,35 juta (Rp 75,6 miliar) saat memasuki minggu kelima.

Kinerja baik dari teror badut iblis, Pennywise ini mampu mencetak rekor sebagai film dengan rating R ke tiga terbesar sepanjang masa, yang pernah mencapai US$ 200 juta di dalam negeri.

Sedangkan di pasar internasional, film ini menambahkan US$ 5,6 juta (Rp 79,1 miliar) dari 78 pasar. Pendapatan film ini masih akan terus bertambah, mengingat film ini akan tayang di Jepang pada 1 November 2019.

Berikut adalah 10 film box office:

1. Joker - US$ 93.5 juta.

2. Abominable - US$ 12 juta.

3. Downtown Abbey - US$ 8 juta.

4. Hustlers - US$ 6,3 juta.

5. It: Chapter Two - US$ 5,3 juta.

6. Ad Astra - US$ 4,5 juta.

7. Judy - US$ 4,4 juta.

8. Rambo: Last Blood - US$ 3,5 juta.

9. War (2019) - US$ 1,5 juta.

10. Good Boys - US$ 900.000.



Sumber: Suara Pembaruan