Ketua DPRD DKI : Penyertaan Modal untuk Formula E Pasti Disetujui

Ketua DPRD DKI : Penyertaan Modal untuk Formula E Pasti Disetujui

Rabu, 21 Agustus 2019 | 18:17 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengatakan usulan penyertaan modal daerah (PMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) senilai Rp 305 miliar pasti disetujui DPRD DKI Jakarta.

PT Jakpro memberikan usulan PMD dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2020. Adapun PMD tersebut akan digunakan untuk penyelenggaraan Formula E yang akan digelar pada Juni 2020.

“PMD Jakpro untuk Formula E pasti disetujui,” kata Prasetio Edi Marsudi di DPRD DKI, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Alasannya itu disetujui, dikarenakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI berani menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang balap mobil listrik merupakan terobosan baru bagi Kota Jakarta. Selain itu, Formula E sendiri merupakan ajang balap mobil yang cukup bergengsi dan mendunia.

“Formula E menjadi terobosan baru lah. Jadi kita harus dukung untuk pelaksanaannya di Jakarta. Apalagi kita lagi gencar-gencarnya mengampanyekan mobil listrik setelah keluar perpres soal mobil listrik,” terang Prasetio Edi Marsudi.

Diakuinya, dalam penyelenggaraan Formula E pertama kali, tidak akan mendatangkan keuntungan yang besar. Namun, penyelenggaraan kedua hingga kelima kali, dipastikan Pemprov DKI Jakarta akan mendapatkan keuntungan yang besar.

“Kalau pertama kali, ya enggak dapat untung lah. Tetapi kan, Indonesia, Jakarta menjadi mendunia. Akan banyak wisatawan asing yang datang ke Jakarta untuk menonton Formula E. Ini keuntungan yang baik bagi Jakarta,” tukas Prasetio Edi Marsudi.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menargetkan akan menggelar Formula E sebanyak lima kali di Jakarta. Mengingat biaya investasi yang sangat besar untuk menyelenggarakan even internasional ini, maka tidak cukup dilaksanakan hanya satu kali.

"Di Arab Saudi mereka bisa gelar 10 kali. Di kita mungkin enggak 10 tapi lima kali targetnya," kata Anies Baswedan.

Pemprov DKI sendiri mengajukan anggaran untuk penyelenggaraan Formula E melalui pos anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga dalam Rancangan APBD Perubahan DKI 2019 sebesar Rp 360 miliar. Anggaran ini dialokasikan sebagai dana komitmen untuk penyelenggara Formula E.

Kemudian DKI juga baru-baru ini mengusulkan anggaran sekitar Rp 934 miliar untuk persiapan dan asuransi, serta Rp 600 juta untuk penyelenggaraan pra event.

Sedangkan, PT Jakpro mengusulkan PMD untuk Formula E sebesar Rp 305 milliar. Dengan rincian untuk pre-feasibility study (FS) dan research and development (R&D) sebesar Rp 5 miliar. Lalu untuk biaya civil works dan perbaikan jalan Rp 112 milliar serta untuk dinding dan pagar membutuhkan dana Rp 48 miliar.

Kemudian, biaya pembuatan trek dan jalur balap Rp 67,2 miliar. Selanjutnya untuk biaya layanan umum, seperti keamanan, kebersihan, pengelolaan sampah, toilet, manajemen lalu lintas, dan layanan parkir Rp 10 miliar.

Serta, dialokasikan untuk tim honor tim pelaksana lokal dibutuhkan anggaran Rp 6 miliar. Nantinya, honor itu diperuntukkan selama 12 bulan dengan 50 orang. Biaya safety dan race material Rp 32 miliar. Sedangkan biaya tidak terduga dianggarkan Rp 25 miliar.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

31 Agustus, Pencari Suaka Harus Tinggalkan Penampungan

Para pengungsi pencari suaka harus meninggalkan lokasi penampungan di Kalideres, Jakarta Barat pada 31 Agustus 2019 mendatang.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Taman Kolaborasi, Paru-Paru Jakarta di Tengah Polusi Udara

Warga Rusun Jati Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat bersama-sama membangun taman seluas 75 meter persegi dan menamainya Taman Kolaborasi Rusun Jati Rawasari

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Ini Kronologi Pelemparan Molotov di DPP Golkar

Botol kedua yang dilempar sempat akan dinyalakan oleh pelaku, tetapi api tidak menyala.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Dishub Bantah Stiker Penyandang Disabilitas Bebas Ganjil Genap Diperjualbelikan

“Stiker ada barcodenya. Jadi tidak bisa diperjualbelikan,” kata Syafrin Liputo.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Kantor DPP Golkar Dilempar 2 Molotov

Peristiwa pelemparan dua botol molotov itu terjadi sekitar pukul 03.05 WIB.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Polda Metro Luncurkan SKCK Online Keliling

Polda Metro Jaya, meluncurkan pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) keliling berbasis online.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Pohon Tumbang Timpa Mobil di Universitas Pancasila, 1 Orang Tewas

Korban meninggal dunia atas nama Siti Hodijah (46) dan korban luka bernama Hera Laksana (52).

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Pemkot Jakut Imbau Masyarakat Tidak Gunakan Air Tanah

Meskipun Jakarta masih dalam musim panas dan kekeringan, kebutuhan air bersih bagi warga masih dapat tercukupi dengan keberadaan jaringan pipa air bersih.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

Kerap Palak Pengguna Jalan, 2 Pemuda Diciduk

Polisi dibantu warga menciduk dua pemuda yang biasa melakukan pemalakan kepada pengguna jalan di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019

DPRD Sarankan Pemkot Bogor Fokus Urus Kota daripada Wacana Provinsi Bogor Raya

Jika memang Provinsi Bogor Raya harus dibentuk, maka hal itu juga tidak akan mudah karena harus sesuai dengan moratorium yang dibuat oleh pemerintah.

MEGAPOLITAN | 21 Agustus 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS