Logo BeritaSatu

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Minggu, 2 Oktober 2022 | 19:09 WIB
Oleh : Emanuel Kure / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk turut serta membantu pemulihan ekonomi nasional pasca-Covid-19. G20 EMPOWER juga menyoroti isu-isu terkait partisipasi perempuan dalam angkatan kerja termasuk dalam posisi kepemimpinan, serta aksi membangun ketahanan digital dan keterampilan masa depan untuk perempuan agar tidak tertinggal.

Co-Chair G-20 Empower Rinawati Prihatiningsih mengatakan, pihaknya memiliki fokus utama penyusunan draf leaders declaration sebagai dokumen yang akan diadopsi pada Konferensi Tingkat Tinggi G-20 15-16 November 2022. “Ini juga sebagai tindak lanjut dari Ministerial Conference on Women’s Empowerment (MCWE) di Bali, pada 24-26 Agustus 2022, yang berhasil memperkuat komitmen negara-negara G20 terhadap pengarusutamaan kesetaraan gender," kata Wakil Ketua DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) ini melalui siaran pers, Minggu (2/10/2022).

Menurut dia, pokok-pokok substansi yang dirumuskan setidaknya berisi satu paragraf ringkas, tanpa mengurangi makna yang dihasilkan dari pertemuan-pertemuan sidang pleno pada masing-masing working group.

Hal itu sesuai arahan Co-Sherpa G-20 Indonesia, Edi Prio Pambudi yang juga sebagai Deputi Bidang Kerja Sama Internasional Kemenko Perekonomian, dan Dian Triansyah Djani selain sebagai Co-Sherpa G20 Indonesia, juga Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Penguatan Program-Program Prioritas.

G-20 Empower akan meneruskan format aliansi, berbeda dari kelompok kerja G-20 lainnya dengan menyatukan sektor swasta dan pemerintah untuk mencari solusi yang dapat ditindaklanjuti, serta untuk melacak dan mengukur kemajuan dalam memajukan pemberdayaan perempuan.

Lewat G-20 Empower, pemerintah disarankan untuk melakukan kerja sama dengan pihak swasta untuk mendukung program perempuan di UMKM. Lalu, membangun ketahanan digital dan keterampilan masa depan untuk perempuan.

Selain itu, perusahaan swasta juga didorong berpartisipasi dalam membangun keterampilan masa depan digital bagi perempuan dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi digital, membuat program pelatihan yang disesuaikan untuk perempuan, dan melakukan evaluasi pelaksanaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dijanjikan 600.000 Ton Beras, Bulog: Hanya Ada 166.000 Ton

Dirut Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengungkapkan, dari data yang disampaikan Kementan sebanyak 600.000 ton, Bulog hanya bisa menyerap sebanyak 166.000 ton.

EKONOMI | 8 Desember 2022

Awas Tertipu Perangkat Bodong, Begini Cara Cek IMEI HP

Masyarakat diminta untuk memastikan nomor IMEI HP yang tercantum dalam kemasan dengan jumlah SIM yang digunakan agar tidak tertipu ponsel atau HP bodong.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BPJS Kesehatan Dukung Kemenkes Naikkan Tarif Layanan RS

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendukung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kenaikan tarif layanan kesehatan rumah sakit (RS).

EKONOMI | 7 Desember 2022

APSI: Jasa Unlock IMEI Rugikan Industri dan Negara

Asosiasi Pengusaha Ponsel Seluruh Indonesia (APSI) menilai jasa unlock IMEI untuk ponsel ilegal di marketplace telah merugikan industri dan negara.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Beda dengan Kripto, Digital Rupiah Akan Jadi Alat Pembayaran Sah

Berbeda dengan kripto, digital rupiah akan diterapkan menjadi alat pembayaran yang sah.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia terbukti sebagai negara yang bertahan dari krisis dengan tetap menjamin ketahanan ekonomi dan politik.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Prospek TOD 2023 Cerah, Adhi Commuter Bidik Kinerja Positif

Gema Goeyardi pendiri sekaligus CEO Astronacci International menjadi anggota Forbes Finance Council. 

EKONOMI | 7 Desember 2022

BKPM Sudah Terbitkan 2,9 Juta Nomor Induk Berusaha

BKPM menyampaikan bahwa total Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah diterbitkan mencapai 2,9 juta NIB per 5 Desember 2022.

EKONOMI | 7 Desember 2022

BI: Cadangan Devisa November Naik Jadi US$ 134 Miliar

BI melaporkan posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada November 2022 naik jadi US$ 134 miliar dari Oktober 2022 senilai US$ 130,2 miliar.

EKONOMI | 7 Desember 2022

Ini Bedanya Mata Uang Rupiah Digital dengan Uang Tunai

Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat akan mengimplementasikan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau rupiah digital.

EKONOMI | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hansi Flick Tetap Tangani Timnas Jerman

Hansi Flick Tetap Tangani Timnas Jerman

SEMESTA BOLA 2022 | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE