Logo BeritaSatu

Selain Tol, Jokowi Bangun Infrastruktur Telekomunikasi dan Energi

Kamis, 29 September 2022 | 22:28 WIB
Oleh : Amrozi Amenan, Ester Nuky, Totok Subagyo, Tri Murti / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 8 tahun kepemimpinannya tergolong gencar membangun infrastruktur di Tanah Air, sebagian besar di luar Pulau Jawa. Selain jalan tol, Jokowi juga membangun infrastruktur di sektor transportasi seperti bandara dan pelabuhan, serta infrastruktur telekomunikasi, energi, hingga pertanian seperti bendungan.

“Apa yang bisa kita lihat dari prestasi pemerintah sekarang adalah pembangunan infrastruktur sangat masif dan merata di beberapa wilayah Indonesia. Jokowi berkomitmen membangun infrastruktur sejak awal kepemimpinannya, dan itu menjadi agenda kebangsaan sejak awal periode kepemimpinannya,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Andira Reoputra di Surabaya, Rabu (28/9/2022).

Pemerintah juga sudah memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun harus dapat menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, kawasan wisata, serta dapat mendongkrak lapangan kerja baru. Hal ini sudah tertuang dalam pidato pelantikan Presiden Jokowi periode kedua tahun 2019.

Tahun 2022 dan ke depan, pemerintah juga konsisten mendorong pembangunan infrastruktur. “Infrastruktur penting terhadap agenda bangsa ke depan, untuk kemajuan Indonesia. Pemerintah hari ini membawa konsistensi kemajuan di bidang infrastruktur yang sudah sesuai target dalam delapan tahun pemerintahan Presiden Jokowi, yang mampu mempertahankan dan mengembangakan agenda pembangunan infrastruktur,” tandas Andira.

Di sektor telekomunikasi, Pemerintahan Jokowi juga terus berupaya memperluas jangkauan internet hingga ke seluruh wilayah di Indonesia. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Widodo Muktiyo mengungkapkan baru-baru ini, sebagian besar atau 85% dari total desa di Nusantara sudah terjangkau infrastruktur internet. “Di Indonesia ada 83.218 desa atau kelurahan. Masih ada 12.548 desa/kelurahan yang belum ada infrastruktur 4G,” paparnya.

Dengan melihat hasil dari realisasi dan target infrastruktur yang ada, lanjut dia, pada tahun kedelapan era pemerintahan Jokowi, manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Pembangunan ini berdampak menciptakan lapangan kerja, menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, dan memperbaiki jaringan logistik.

Sementara itu, terkait jalan tol, telah dibangun sepanjang 1.700 km selama kepemimpinan Presiden Jokowi. Termasuk, 508 km yang belum diselesaikan dan yang mangkrak di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tol yang dibangun Jokowi 2,1 kali lebih panjang dibandingkan tol yang dibangun periode sebelumnya, terhitung sejak era Presiden Soeharto. Dibanding era SBY, tol yang dibangun Jokowi 8,7 kali lebih panjang.

Pada periode yang sama, Jokowi juga merampungkan pembangunan 30 waduk, 18 pelabuhan, 21 bandara, dan sejumlah marina. Akselerasi pembangunan infrastruktur ditopang oleh keberanian Presiden meningkatkan dana alokasi untuk infrastruktur selama delapan APBN terakhir. Pembangunan infrastruktur era Jokowi tergolong sangat masif dan sebagian besar di luar Jawa.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Global Suram, Gubernur BI Minta Jaga Capaian Positif Ekonomi

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan berbagai capaian positif ekonomi Indonesia di masa pemulihan dari dampak pandemi Covid-19 harus tetap dijaga.

EKONOMI | 30 November 2022

BI Perkirakan Ekonomi 2023 Tumbuh 4,5-5,3%

Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 tetap kuat di kisaran 4,5-5,3% dan meningkat menjadi 4,7-5,5% pada 2024.

EKONOMI | 30 November 2022

Hadapi Ancaman Resesi, XL Axiata Fokus di Tiga Pilar Pertumbuhan

XL Axiata akan fokus pada tiga pilar pertumbuhan, yaitu convergence proposition, network expansion, serta customer experience.

EKONOMI | 30 November 2022

Sektor Keuangan Melonjak, IHSG Naik 0,47%

IHSG ditutup menguat 32,79 poin (0,47%) ke level 7.044,86. IHSG hari ini bergerak bervariasi dengan rentang 6.994 – 7.062

EKONOMI | 30 November 2022

Oktober, Piutang Pembiayaan Multifinance Rp 402,64 Triliun

Kinerja pembiayaan multifinance terus melanjutkan tren positif seiring pemulihan nasional khususnya di sektor otomotif.

EKONOMI | 30 November 2022

Freeport dan YATAMAM Resmikan Fasilitas Pengolahan Limbah di Gresik

Fasilitas olah limbah smelter ini kolaborasi PT Freeport Indonesia (PTFI), Yayasan Takmir Masjid Jami Manyar (YATAMAM) dan PT Raya Manyar Persaya (RMP).

EKONOMI | 29 November 2022

Jokowi Pastikan Indonesia Banding Sengketa Nikel di WTO

Jokowi memastikan Indonesia mengajukan banding sengketa dengan Uni Eropa (EU) di WTO terkait kebijakan pelarangan ekspor bahan mentah nikel.

EKONOMI | 30 November 2022

Gandeng Sinopharm, KAEF Perkuat Sistem Kesehatan Nasional

PT Kimia Farma Tbk (KAEF) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Sinopharm dalam rangka penguatan kerja sama.

EKONOMI | 30 November 2022

Jokowi Desak Uang Pemda Rp 278 T "Diparkir" di Bank Segera Dibelanjakan

Jokowi mendesak para kepala daerah untuk segera membelanjakan uang pemerintah daerah senilai Rp 278 triliun yang hingga kini masih parkir di bank.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Strategi Industri Telekomunikasi Hadapi Resesi Global

Dalam menghadapi ancaman resesi global, industri telekomunikasi di seluruh dunia telah melakukan berbagai strategi.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bharada E Pejamkan Mata saat Tembak Brigadir J

Bharada E Pejamkan Mata saat Tembak Brigadir J

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE