Logo BeritaSatu

Krisis Inggris, Sri Mulyani: APBN Kuat Jadi Shock Absorber

Kamis, 29 September 2022 | 18:06 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan, APBN harus kuat agar bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam guncangan atau shock absorber dan tidak menjadi shock producer.

Ia pun membandingkan krisis ekonomi yang saat ini tengah melanda Inggris lantaran APBN-nya menjadi shock producer.

"Kalau APBN-nya tidak kuat, tidak mungkin bisa melakukan fungsi sebagai shock absorber, bahkan APBN-nya bisa jadi shock producer. Yang terjadi di Inggris, nilai tukar yang jatuh sampai 20% untuk poundsterling, ini karena APBN-nya menjadi shock issuer atau shock producer," ujar Sri Mulyani dalam acara UOB Economic Outlook 2023, di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Sri Mulyani menyampaikan, dalam menghadapi berbagai tantangan baru, APBN memang harus dikelola dengan sangat hati-hati, fleksibel, tetapi tetap akuntabel. Apalagi ketidakpastian juga masih sangat tinggi.

"Menjaga APBN agar bisa tetap sehat supaya bisa terus menjadi shock absorber saat ini terus dilakukan pemerintah," tegas Menkeu.

Sri Mulyani menyampaikan, APBN telah melakukan reformasi pendapatan, antara lain melalui Undang-undang Reformasi Peraturan perpajakan (HPP) yang memperkuat penerimaan negara, sehingga tidak hanya mengandalkan naiknya harga komoditas.

Reformasi juga dilakukan dari sisi belanja. Menkeu menyampaikan, belanja negara untuk infrastruktur tetap menjadi bagian yang penting. Namun belanja yang dilakukan saat ini lebih selektif yang bisa mendukung produktivitas dan mobilitas, sehingga efisiensi serta daya saing perekonomian semakin meningkat.

"Presiden terus mendorong transformasi ekonomi dengan hilirisasi, itu mendapatkan banyak sekali insentif perpajakan. Kita juga memberikan anggaran yang luar biasa besar untuk SDM, pendidikan, kesehatan, dan jaring pengaman sosial. Karena pertumbuhan ekonomi tidak hanya ditopang oleh bangunan, oleh sektor adanya produksi, tetapi juga manusianya,” ujar Menkeu.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga berpesan kepada Sri Mulyani agar menjaga keuangan negara dengan hati-hati.

"Kalau punya uang, di APBN kita, dieman-eman, dijaga, hati-hati mengeluarkannya. Harus produktif, harus memunculkan return yang jelas. Karena kita tahu, hampir semua negara tumbuh melemah,” kata Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemda Perlu Kolaborasi Wujudkan Data Mumpuni untuk Tingkatkan Daya Saing

Data mempunyai peranan besar terhadap daya saing daerah, karena tanpa adanya data, sulit untuk mengukur keberhasilan sebuah daerah.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Airlangga: Kebutuhan Baja di 2045 Capai 100 Juta Ton

Airlangga menyampaikan, pengembangan industri baja menuju 100 juta ton merupakan keniscayaan agar Indonesia mampu mandiri.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Pembatasan Impor Dorong Pertumbuhan Industri Baja Nasional

Chairman Asosiasi Industri Baja Indonesia (IISIA) Silmy Karim menyebutkan, industri baja nasional saat ini masih dalam tahap pertumbuhan awal.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Ekonomi Global Melemah, Startup Terancam Merana di 2023

Menurut Tauhid, melambatnya pertumbuhan bisnis startup di 2023 tidak terlepas dari penurunan daya beli masyarakat sebagai imbas pelemahan ekonomi global.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Dilanda PHK Massal, Ini yang Harusnya Startup Lakukan

Direktur Eksekutif Indef menyampaikan, langkah efisiensi startup untuk bertahan sebetulnya tidak harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Badai PHK Startup, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

Semuel menyampaikan, langkah PHK yang diambil perusahaan startup sebetulnya juga terjadi di industri lain, seperti tekstil dan alas kaki.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Gelombang PHK Startup Diprediksi Masih Berlanjut Tahun Depan

Tauhid melihat akan ada beberapa startup yang terpaksa menghentikan bisnisnya di 2023, khususnya financial technology (fintech).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Platform E-Commerce Diminta Prioritaskan Produk Lokal

Menkominfo meminta penyedia e-commerce memprioritaskan platformnya untuk menjual produk lokal dari kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Hadapi Gelombang PHK, Pengusaha dan Pekerja Harus Duduk Bersama

Pemerintah segera mengajak para pengusaha dan serikat pekerja untuk duduk bersama mencari solusi terbaik dalam menghadapi gelombang PHK.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Menkominfo Minta Startup Lakukan Efisiensi Bukan PHK

Menkominfo menyampaikan, langkah startup melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) justru membuat masalah baru.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Brasil, Argentina, Inggris Lolos, tetapi Jerman dan Belgia Angkat Koper

Brasil, Argentina, Inggris Lolos, tetapi Jerman dan Belgia Angkat Koper

SEMESTA BOLA 2022 | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE