Logo BeritaSatu

PAAI Minta Agen Asuransi Adaptif dengan Kondisi Ekonomi

Kamis, 29 September 2022 | 16:09 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com- Berdiri sejak tahun 2016, Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) mengajak seluruh agen asuransi cepat beradaptasi dengan kondisi ekonomi yang terjadi secara global.

"Agen asuransi harus memahami kelebihan dan kemampuan untuk dapat menciptakan kekuatan bersama dan mengaplikasikannya melalui strategi baru," kata Ketua Umum PAAI Lucia Wenny dalam keterangan tertulisnya Kamis (29/9/2022).

Dia mengatakan kemampuan adaptif penting sehingga tetap survive di tengah gejolak global akibat geopolitik, krisis energi yang berdampak pada inflasi dan kenaikan suku bunga. "Saling bergandeng tangan dan saling dukung adalah modal untuk tetap menjadi kuat dan bertahan," kata dia.

PAAI dibentuk dengan tujuan membantu para agen asuransi se-Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan agen asuransi terkait dengan regulasi keagenan, kebijakan perpajakan, penguatan kompetensi dan profesionalisme agen asuransi, dan hubungan dengan asosiasi-asosiasi lainnya.

Founder PAAI Wong Sandy Surya mengatakan, sebenanrnya wadah ini dibentuk sejak tahun 2009 ketika menghadapi kebijakan, bahwa komisi agen asuransi dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) progresif. Untuk menghadap ke kantor pajak diperlukan wadah. Setelah perjuangan ini berhasil dan perhitungan PPh atas komisi yang diterima para agen asuransi tidak lagi dihitung progresif, pengurus PAAI beranggapan kehadiran wadah PAAI harus terus dihidupkan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme agen asuransi.

“Memang tidak semua harapan seperti bebas PPN bisa diwujudkan. Namun PAAI terus berjuang, memediasikan dan berkomunikasi dengan Dirjen Pajak," kata dia.

Hasilnya di awal tahun 2022 ini bertepatan HUT ke-6 PAAI, berhasil mencapai kesepakatan. PPN jasa agen asuransi telah diatur dalam PMK 67/2022 yaitu sebesar 1%. "Ini adalah bentuk perjuangan kami, agen asuransi sudah berkontribusi kepada negara," kata dia.

Untuk itu kata dia, wadah PAAI sangat penting. "Kami terus mengajak para agen asuransi untuk bergabung, sehingga melalui wadah PAAI, kita bisa memberikan masukan-masukan kepada pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan,” papar Sandy.

Untuk diketahui, berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, penerimaan PPN atas Jasa Agen Asuransi sejak diterapkannya PMK 67/2022 pada bulan April 2022 hingga Agustus 2022 mencapai Rp 36 miliar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wall Street Ditutup Melemah, Pasar Nantikan Data Tenaga Kerja

Di Wall Street, Dow Jones turun 194,76 poin, atau 0,56%, ditutup pada 34.395,01. S&P 500 ditutup turun 0,09% menjadi 4.076,57.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Pemda Perlu Kolaborasi Wujudkan Data Mumpuni untuk Tingkatkan Daya Saing

Data mempunyai peranan besar terhadap daya saing daerah, karena tanpa adanya data, sulit untuk mengukur keberhasilan sebuah daerah.

EKONOMI | 2 Desember 2022

Airlangga: Kebutuhan Baja di 2045 Capai 100 Juta Ton

Airlangga menyampaikan, pengembangan industri baja menuju 100 juta ton merupakan keniscayaan agar Indonesia mampu mandiri.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Pembatasan Impor Dorong Pertumbuhan Industri Baja Nasional

Chairman Asosiasi Industri Baja Indonesia (IISIA) Silmy Karim menyebutkan, industri baja nasional saat ini masih dalam tahap pertumbuhan awal.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Ekonomi Global Melemah, Startup Terancam Merana di 2023

Menurut Tauhid, melambatnya pertumbuhan bisnis startup di 2023 tidak terlepas dari penurunan daya beli masyarakat sebagai imbas pelemahan ekonomi global.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Dilanda PHK Massal, Ini yang Harusnya Startup Lakukan

Direktur Eksekutif Indef menyampaikan, langkah efisiensi startup untuk bertahan sebetulnya tidak harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Badai PHK Startup, Kemenkominfo: Model Bisnis Berubah

Semuel menyampaikan, langkah PHK yang diambil perusahaan startup sebetulnya juga terjadi di industri lain, seperti tekstil dan alas kaki.

EKONOMI | 1 Desember 2022

Gelombang PHK Startup Diprediksi Masih Berlanjut Tahun Depan

Tauhid melihat akan ada beberapa startup yang terpaksa menghentikan bisnisnya di 2023, khususnya financial technology (fintech).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Platform E-Commerce Diminta Prioritaskan Produk Lokal

Menkominfo meminta penyedia e-commerce memprioritaskan platformnya untuk menjual produk lokal dari kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

EKONOMI | 1 Desember 2022

Hadapi Gelombang PHK, Pengusaha dan Pekerja Harus Duduk Bersama

Pemerintah segera mengajak para pengusaha dan serikat pekerja untuk duduk bersama mencari solusi terbaik dalam menghadapi gelombang PHK.

EKONOMI | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Suap Unila, Zulhas Bantah Titip Keponakan Masuk Unila

Kasus Suap Unila, Zulhas Bantah Titip Keponakan Masuk Unila

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE