Logo BeritaSatu

Jubir BUMN Tegaskan PMN untuk Penugasan Bukan Tutup Kerugian

Kamis, 29 September 2022 | 13:27 WIB
Oleh : Muawwan Daelami / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan-perusahaan BUMN resmi mendapatkan persetujuan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 41,31 triliun pada Tahun Anggaran (TA) 2023. Juru bicara Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan PMN tersebut untuk penugasan, bukan menutup kerugian.

"PMN itu dikucurkan seolah-olah BUMN rugi. Padahal, PMN itu diberikan kalau berurusan dengan penugasan atau aksi korporasi berupa pengembangan usaha," ucap Arya di acara Ngobrol Pagi (Ngopi) seputar BUMN, di Kementerian BUMN, Kamis (29/9/2022).

Arya menambahkan, BUMN mendapatkan penugasan karena perusahaan pelat merah berperan untuk membuka market baru atau ruang-ruang di mana para pemain swasta belum masuk. Artinya, ketika market belum terbangun, maka BUMN harus masuk. Pada konteks itulah, pemilik modal kemudian memberikan penugasan kepada BUMN.

Selain itu, seperti umumnya perusahaan, BUMN juga jika ingin mengembangkan usaha tentu akan membutuhkan dana. Jika BUMN itu terbuka, maka peningkatan dana dieksekusi melalui right issue atau IPO. Sedangkan jika tertutup dilaksanakan lewat penambahan saham. Dengan demikian, Arya menuturkan tugas BUMN itu di samping aksi korporasi, juga penugasan.

"Jadi, kalau dibilang PMN untuk BUMN rugi itu nggak ada. Ini semua penugasan. Kalau kami nggak ditugaskan, kami juga nggak perlu PMN," tegas Arya.

Lagi pula, kata dia, jika BUMN tidak masuk, siapa yang akan masuk? Kalau BUMN tidak masuk maka sebuah daerah juga tidak akan berkembang. "Karena itu, pemilik modal memberikan kepada BUMN untuk melakukan penugasan-penugasan tersebut yang tidak mungkin dikerjakan swasta," kata dia.

Selama 3 tahun terakhir, Menteri BUMN Erick Thohir telah gencar melakukan transformasi dan hasilnya tercermin dari kontribusi BUMN kepada negara sebesar Rp 1.200 triliun dalam bentuk pajak, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), dan dividen.

Adapun PMN yang akan diterima perusahaan BUMN pada tahun ini dari TA 2023 total mencapai Rp 41,31 triliun yang terdiri dari PT Hutama Karya (Persero) (HK) sebesar Rp 28,9 triliun, PT PLN (Persero) sebesar Rp 10 triliun, Defend ID sebesar Rp 1,7 triliun, dan Airnav sebesar Rp 0,66 triliun.

Arya menjabarkan PMN kepada HK akan digunakan untuk membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan merupakan penugasan. Sementara PMN PT PLN akan dimanfaatkan untuk penugasan jaringan listrik desa, PMN Defend ID untuk memperkuat fasilitas radar dan amunisi dalam upaya meningkatkan pertahanan dan keamanan. Sedangkan Airnav untuk memperbarui alat.

Lebih jauh, di samping PMN, BUMN juga memiliki cadangan investasi sebesar Rp 5,7 triliun yang belum dialokasikan karena masih harus mendapatkan persetujuan dari DPR dan Kementerian Keuangan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
ABK Indonesia Selamat dari Pembajakan Kapal di Perairan Pantai Gading

ABK Indonesia Selamat dari Pembajakan Kapal di Perairan Pantai Gading

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE