Logo BeritaSatu
BUMN Startup Day

Dukung Ekonomi Digital, BUMN Perkuat Sinergi dengan Startup

Senin, 26 September 2022 | 11:17 WIB
Oleh : Jayanty Nada Shofa / JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian BUMN resmi membuka BUMN Startup Day di ICE BSD, Tangerang, pada Senin (26/9/2022).

Acara yang berlangsung hingga Rabu (28/9) ini digelar dalam rangka memperkuat kolaborasi antara BUMN dan startup yang terkurasi dalam tahap scale-up dan growth.

"BUMN Startup Day mendorong para BUMN agar mulai dekat dengan para startup. Kita minta kepada para BUMN tidak langsung berinvestasi, tetapi harus ada pendampingan dari para venture capital yang ada di BUMN. Kita tidak mau para tentu direksi BUMN yang tidak punya pengalaman di industri digital ini langsung berinvestasi tanpa ada pendampingan," ungkap Menteri BUMN Erick Thohir.

Menurut Erick, BUMN Startup Day 2022 menghadirkan 150 exhibitor, 250 startup yang sudah disesuaikan dengan 12 klaster yang ada di BUMN. Kemudian, ada 22 BUMN yang berusaha melihat potensi business matching, serta lima venture capital yang siap mendampingi. BUMN Startup Day 2022 juga diikuti oleh sekitar 5.000 pengunjung.

"Inti dari BUMN Startup Day ada lima. Ada business matching, investor pitching, rapid mentoring startup, conference, serta exhibition. Mohon dukungan Bapak Jokowi dan pemerintah agar ini bisa menjadi gelombang besar untuk kemajuan digital Indonesia sebagai salah satu pertumbuhan ekonomi masa depan," jelas Erick.

Diketahui, sejumlah BUMN telah membentuk venture capital atau modal ventura. Menurut Erick, venture capital BUMN telah berinvestasi pada 336 startup di Indonesia, dan banyak di antaranya akan atau sudah menjadi unicorn.

"Sejak awal, BUMN sudah memiliki venture capital. Ada Mandiri Capital, BRI Ventures, ada Telkom, ada Telkomsel. Terakhir, BNI sudah saya minta untuk membuat venture capital. Venture capital BUMN ini sudah berinvestasi di 336 startup. Kalau dilihat hari ini, sudah banyak yang sudah mulai menjadi soonicorn atau unicorn," ungkap Erick Thohir.

Pemerintah juga telah meluncurkan Merah Putih Fund berupa program pendanaan untuk startup yang sudah memasuki growth stage. Tetapi, startup yang bersangkutan harus beroperasi di Indonesia, didirikan oleh orang Indonesia, membayar pajak di Indonesia. Serta diprioritaskan untuk go public di Indonesia.

Ada juga Indonesia Digital Tribe, program untuk mencetak talenta digital yang telah diikuti oleh sekitar 19.000 peserta.

Erick mengatakan ekonomi digital Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Nilai ekonomi digital Indonesia diproyeksikan akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, mencapai Rp 4.500 triliun pada tahun 2030. Di saat yang sama, Indonesia juga memiliki populasi generasi muda yang besar. Sebanyak 54% populasi Indonesia berusia di bawah 35 tahun.

"Artinya, Indonesia punya market yang besar dan potensi SDM yang saat bersamaan juga menjadi kesinambungan antara ekonomi digital dan sumber daya manusianya. Ini saya rasa tidak bisa terelakkan lagi kenapa kita harus dorong secara menyeluruh," ujar Erick.

Di kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengingatkan bahwa hingga 80-90 startup gagal saat merintis usaha.

"Karena sekali lagi, tidak melihat kebutuhan pasar yang ada. Berangkatnya masih dari kebutuhan pasar yang ada. Yang kedua, karena kehabisan dana. Ini nanti fungsinya venture capital, fungsinya BUMN agar ekosistem besar yang ingin kita bangun ini dapat saling sambung, sehingga semuanya terdampingi dengan baik. Bisa tidak gagal untuk masuk ke pasar-pasar dan peluang-peluang yang ada," jelas Jokowi.

Di BUMN Startup Day, sejumlah startup dan BUMN juga melakukan penandatanganan memorandum of understanding dalam rangka memperkuat ekosistem ekonomi digital Indonesia. Adapun kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari workshop pre-event yang telah berlangsung sejak 18 Agustus-14 September 2022. Startup dan BUMN tersebut di antaranya Icon+, Ayoconnect, Bank Mandiri, Koala, Cermati, Telkomsel, PadiUMKM dan masih banyak lagi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indef: Pendanaan Seret, Startup Dipaksa Lakukan Efisiensi

Menurut Huda, cash flow perusahaan rintisan atau startup menjadi terancam akibat minimnya investasi, sehingga banyak yang melakukan efisiensi melalui PHK.

EKONOMI | 30 November 2022

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

Menurut Pandu Sjahrir, sudah banyak perusahaan besar, termasuk startup bidang teknologi yang bangkrut karena tata kelola perusahaan yang tidak baik.

EKONOMI | 30 November 2022

Bisnis Vertikal Sektor Digital Jadi Prioritas Telkomsel

Telkomsel sebagai digital enabler terus memperkuat portofolio bisnis vertikal digital di sejumlah sektor prioritas.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Penyebab Utama Banyak Startup Gagal di Indonesia

Pada banyak kasus di Indonesia, perusahaan rintisan atau startup gagal karena tidak berhasil menemukan product-market fit (PMF).

EKONOMI | 30 November 2022

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Transaksi BRImo meningkat 2 kali lipat pada Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Ganjar Umumkan UMP Jawa Tengah 2023 Naik 8,01 Persen

Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023.

EKONOMI | 29 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Lapak Ganjar memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM sehingga menjadi lebih berkembang dan dikenal.

EKONOMI | 30 November 2022

KB Bukopin Dapat Restu Right Issue 120 Miliar Saham

PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) meraih persetujuan terkait penambahan modal melalui right issue dengan menerbitkan 120 miliar lembar saham.

EKONOMI | 30 November 2022

Rudiantara: Gelombang PHK Startup Tidak Selamanya Negatif

Rudiantara melihat, langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) diambil karena perusahaan rintisan atau startup digital harus melakukan remodelling model bisnis.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

Polda Metro Jaya Bongkar Peredaran Sabu Bahan Likuid dari Eropa

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE