Logo BeritaSatu

Pegadaian Dorong UMKM Naik Kelas Lewat Transaksi Digital

Senin, 26 September 2022 | 07:06 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pegadaian ( Persero) Kanwil VIII Jakarta 1 fokus mendorong UMKM naik kelas lewat transaksi digital. Caranya Pegadaian melakukan pendampingan dan pelatihan.

"Pasar UMKM terus berkembang, ke depan fokus bagaimana UMKM menjadi naik kelas bersama Pegadaian," kata Pemimpin Wilayah VIII Jakarta 1 PT Pegadaian, Alim Sutiono media gathering bertema “Strategi Pengembangan UMKM Naik Kelas serta Digitalisasi Informasi bersama Kanwil VIII Jakarta 1” seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya Senin (26/9/2022).

Dipaparkan Alim Sutiono, pandemi Covid-19 banyak mengubah tata cara bisnis UMKM dengan mengarah pada transaksi digital. Potensi ini harus terus dikembangkan. "Pegadaian ingin menjadi solusi keuangan masyarakat dan membantu UMKM. Kami tak hanya menjual produk, tetapi juga mengajak berinvestasi sehingga masyarakat dapat memiliki aset seperti emas," kata dia.

Alim Sutiono mengatakan Pegadaian bersama induk holding BRI berharap semua kegiatan UMKM nasabah Pegadaian tumbuh besar dengan bersinergi melalui program yang bernama senyum ultra mikro. "Mengembangkan UMKM itu tidak mudah. Namun selama dikelola dengan baik dan benar akan berhasil," tegasnya.

Adapun penyaluran KUR syariah Pegadaian Kanwil VIIl Jakarta 1 mencapai hampir Rp 12 miliar per September, yakni area Senen Rp 2,8 miliar, Bogor Rp 4,5 miliar, Kramat Jati Rp 2,3 miliar, Jatiwaringin Rp 1,4 miliar, Bekasi Rp 1,2 miliar.

"Pegadaian membantu usaha rakyat dalam bentuk penyedianan KUR syariah. Kami bina hingga UMKM ini bisa mendapatkan KUR," jelas Alim Sutiono.

Dalam kesempatan yang sama Deputy Bisnis Area Bekasi Pegadaian Pardomuan, mengatakan cankupan wilayah kerjanya adalah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Karawang, dengan cangkupan areal 80 outlet Pegadaian. Saat ini komposisi produk gadai Pegadaian Bekasi mencapai 85% dan produk non-gadai 15%. "Sekarang di wilayah Bekasi khususnya wilayah industi, aktivitas roda perekonomian sudah ramai dan berjalan," paparnya

Deputy Bisnis Area Jatiwaringin Pegadaian Johannes Nanang Hartanto, memaparkan area Jatiwaringin sebagian besar banyak segmen UMKM. "Pegadaian terus bersinergi dengan pemerintah setempat untuk memberdayakan UMKM agar naik kelas," kata dia.

Deputy Bisnis Area Kramatjati Pegadaian Alnafiah Alius mengatakan dalam pengembangannya Pegadaian Kramatjati mengandalkan pasar dengan bekerja sama bersama pemda, di antaranya menggerakan Jakprenuer digital bisnis. "Kami fokus melakukan pendampingan kepada UMKM agar mereka naik kelas. Kami berikan pelatihan agar mereka paham bagaimana mengelola keuangan," kata dia.

Deputy Bisnis Area Bogor Pegadaian Agus Riyadi, memaparkan sesuai karakteristik wilayah, UMKM menjadi sasaran produk Pegadaian. Areal Bogor telah menyalurkan KUR kepada 631 UMKM. "Yang kami lakukan di Bogor melakukan pendampingan berdasarkan klaster UMKM. Hal ini agar mereka bisa saling kenal antara pemasok dan pemasar sehingga dapat bersinergi," kata Agus Riyadi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Indef: Pendanaan Seret, Startup Dipaksa Lakukan Efisiensi

Menurut Huda, cash flow perusahaan rintisan atau startup menjadi terancam akibat minimnya investasi, sehingga banyak yang melakukan efisiensi melalui PHK.

EKONOMI | 30 November 2022

Pandu Sjahrir: Sudah Tidak Ada Lagi Istilah "Bakar Uang" di Startup

Menurut Pandu Sjahrir, sudah banyak perusahaan besar, termasuk startup bidang teknologi yang bangkrut karena tata kelola perusahaan yang tidak baik.

EKONOMI | 30 November 2022

Bisnis Vertikal Sektor Digital Jadi Prioritas Telkomsel

Telkomsel sebagai digital enabler terus memperkuat portofolio bisnis vertikal digital di sejumlah sektor prioritas.

EKONOMI | 30 November 2022

Ini Penyebab Utama Banyak Startup Gagal di Indonesia

Pada banyak kasus di Indonesia, perusahaan rintisan atau startup gagal karena tidak berhasil menemukan product-market fit (PMF).

EKONOMI | 30 November 2022

Menjadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2,000 Triliun

Transaksi BRImo meningkat 2 kali lipat pada Oktober 2022.

EKONOMI | 30 November 2022

Ganjar Umumkan UMP Jawa Tengah 2023 Naik 8,01 Persen

Ganjar Pranowo mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Tengah tahun 2023.

EKONOMI | 29 November 2022

Menilik Rumah Bantuan Ganjar, Hanya Bayar Rp 355 Ribu per Bulan

“Tuku Lemah Oleh Omah” adalah program bantuan yang membantu banyak masyarakat hasil inisiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

EKONOMI | 29 November 2022

Ikut Lapak Ganjar, Produk Wedang Magelang Sampai ke Jepang

Lapak Ganjar memberikan banyak manfaat bagi pelaku UMKM sehingga menjadi lebih berkembang dan dikenal.

EKONOMI | 30 November 2022

KB Bukopin Dapat Restu Right Issue 120 Miliar Saham

PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) meraih persetujuan terkait penambahan modal melalui right issue dengan menerbitkan 120 miliar lembar saham.

EKONOMI | 30 November 2022

Rudiantara: Gelombang PHK Startup Tidak Selamanya Negatif

Rudiantara melihat, langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) diambil karena perusahaan rintisan atau startup digital harus melakukan remodelling model bisnis.

EKONOMI | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lolos ke Babak 16 Besar, Australia Ulangi Sukses Piala Dunia 2006

Lolos ke Babak 16 Besar, Australia Ulangi Sukses Piala Dunia 2006

SEMESTA BOLA 2022 | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE