Logo BeritaSatu

Harga BBM Naik, Perumahan di Segmen Menengah Laris

Sabtu, 24 September 2022 | 07:50 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pasar properti di kawasan Transyogi (Cibubur - Cileungsi) cenderung mengalami peningkatan, setelah kenaikan harga BBM (bahan bakar minyak). Perumahan di segmen menengah dengan rentang harga Rp 400 juta untuk kalangan milenial dan Rp 700 juta untuk keluarga eksekutif mendapat respons positif. Salah satu alasannya, pengembang belum menaikkan harga rumah.

Menurut CEO Harvest City Andry Sudjono, baik kalangan milenial dan keluarga eksekutif muda memanfaatkan momentum tersebut. Pasalnya, kalangan pengembang berencana akan melakukan penyesuaian harga dalam beberapa bulan kedepan karena harga-harga material bangunan dan jasa mulai merangkak naik sebagai dampak kenaikan harga BBM.

"Mayoritas para pengembang, terutama Harvest City belum menaikkan harga rumah. Selain itu, suku bunga KPR juga masih rendah sekitar 4% hingga 6% per tahun yang membuat konsumen merasa akan untung jika membeli rumah saat ini,” kata Andry, di Cileungsi, Jumat (23/9/2022).

Andry mengatakan, antusiasme konsumen manfaatkan momentum itu terlihat dari meningkatnya penjualan rumah segmen Rp 400 juta dan Rp 700 juta di Harvest City.

Harga BBM Naik, Perumahan di Segmen Menengah Laris
PT Dwigunatama Rintis Prima, pengembang Harvest City meliris Ridge Crystal sebagai klaster premium pertama di perumahan tersebut.

Terlebih, di bulan Agustus 2022 mencatat penjualan tertinggi bulanan, yaitu sebanyak 55 unit rumah. Lalu berlanjut pada September 2022, hingga per tanggal 20 September 2022, membukukan penjualan 41 unit.

"Di Agustus kemarin, penjualan rumah didominasi oleh klaster baru dan termewah di Harvest City, Ridge Crystal dengan harga mulai Rp 700 juta-an dan Sakura Indica Rp 400 juta-an. Lebih menggembirakan, per September ini pemasaran Ridge Crystal tahap pertama sebanyak 100 unit rumah sudah sold out. Saat ini, kami sedang persiapan pemasaran tahap kedua," ungkap Andry.

Andry melanjutkan, selain rumah di segmen harga Rp 700 juta, rumah di rentang harga Rp 400 juta dan Rp 500 juta yang menyasar kalangan milenial juga laris manis penjualannya. Adapun dua klaster yang didominasi kalangan milenial adalah Sweet Hortensia dan Sakura Indica.

"Pemasaran klaster Sweet Hortensia tahap pertama yang dikembangkan di atas lahan 5 hektare sudah sold out sebanyak 425 unit. Melihat permintaan rumah harga Rp 400 jutamasih besar, maka di Oktober 2022 nanti kami akan merilis Sweet Hortensia Extension,” jelasnya.

Sementara untuk Sakura Indica merupakan produk smart home, rumah satu lantai yang dikembangkan di atas lahan seluas 5 hektare yang rencana akan dibangun sekitar 439 unit dan kini sudah terjual 85%.

Perumahan Harvest City, kata Andry, selalu menyediakan variasi produk yang dapat dijangkau oleh kalangan milenial di rentang harga sekitar Rp 400 juta hingga Rp 500 juta.

"Selain itu, kita juga tetap menawarkan rumah dengan harga Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar di klaster Ridge Crystal," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

Menghidupkan Kembali Lokananta, Titik Nol Musik Indonesia

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE