Logo BeritaSatu

Dekan FEB UI Jadi Pembicara Nobel Prize Dialogue 2022

Rabu, 21 September 2022 | 17:24 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / WBP

Jakarta, Beritasatu.com– Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Teguh Dartanto menjadi salah satu pembicara pada Nobel Prize Dialogue 2022 bertema “The Future We Want Together” di Singapura, belum lama ini. Sebagai panelis pada sesi “Education & Future of Youth,” Dekan FEB UI mengusung isu transformasi dan inklusivitas untuk mendorong peningkatan taraf hidup dan mewujudkan masa depan dunia yang lebih baik.

“Pandemi telah mendorong transformasi di bidang pendidikan melalui sistem pembelajaran daring untuk menjangkau peserta didik. Di sisi lain, pada era digital ini, pandemi juga menyebabkan terjadinya learning losses, terutama bagi anak-anak dari keluarga miskin karena tidak memiliki akses internet, bahan pelajaran yang baik, dan sistem pengajaran,” kata Dekan FEB UI Teguh melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (21/9/2022).

Ajang Nobel Prize Dialogue 2022 menghadirkan pembicara dari kalangan peraih Hadiah Nobel, di antaranya pemenang Nobel Bidang Fisika Tahun 1997 Steven Chu, Esther Duflo (Bidang Ilmu Ekonomi Tahun 2019), Serge Haroche (Bidang Fisika Tahun 2012), May-Britt Moser (Bidang Kedokteran 2014), Paul Romer (Bidang Ilmu Ekonomi Tahun 2018), Kailash Satyarthi (Bidang Perdamaian Tahun 2014), dan George Smoot (Bidang Fisika Tahun 2006.

Teguh menyatakan, pendidikan harus mengajarkan keterampilan dasar untuk menyelesaikan masalah, berinteraksi dengan orang lain, menjadi pribadi yang resilien, memahami sebuah kebenaran, dan memberikan dampak sosial.

Pada sesi puncak “Evening Panel Discussion,” Teguh tampil bersama peraih Hadiah Nobel dan seorang guru besar dari University of Cambridge membahas sejumlah isu menyangkut “Our Digital Future,” “Wellbeing in the Face of Climate Change,” “Economic Wellbeing, Education & The Future of Youth,” dan Health After the Pandemic & Pursuit of Happiness.

Dikatakan, para ilmuwan dan akademisi yang hadir pada ajang itu ditantang untuk menciptakan masa depan yang lebih baik dan meningkatkan taraf hidup masyarakat global.

“Kami membahas beberapa isu, yaitu bagaimana perbedaan pendidikan di kawasan Asia-Pasifik. Bagaimana dunia pendidikan dapat belajar dari pengalaman selama pandemi Covid-19. Juga, apakah pendidikan perlu bergerak melampaui fakta pembelajaran,” jelas Dekan FEB UI Teguh.

Dikatakan, tema yang dibahas sejalan dengan transformasi yang kini dilakukan di lingkungan FEB UI, baik dari sisi kelembagaan, keilmuan, maupun standardisasi moral intelektual. “Kami berharap, transformasi ini akan memampukan FEB UI untuk mengawal tantangan transformasi perekonomian nasional ke depan,” kata Dekan FEB UI.

Di sisi lain, keterlibatan Teguh pada ajang bergengsi itu membuktikan bahwa kontribusi besar FEB UI sebagai entitas akademik Ilmu Ekonomi dan Bisnis tertua di Indonesia, diakui dunia internasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022

Ini 10 Perusahaan Teknologi dengan Jumlah PHK Terbesar

Menurut data layoffs.fyi, terdapat 137.492 karyawan dari 859 perusahaan teknologi di seluruh dunia yang di-PHK pada 2022.

EKONOMI | 26 November 2022

Wall Street Menguat dalam Sepekan di Tengah Minimnya Sentimen

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik pada hari Jumat (25/11/2022). Indeks-indeks acuan Wall Street mencatat kinerja positif selama minggu ini.

EKONOMI | 26 November 2022

BEI Targetkan 57 Perusahaan Melantai di Bursa pada 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaram umum saham perdana (IPO) pada 2023 sebanyak 57 perusahaan

EKONOMI | 26 November 2022

Perluas Pasar Bank Digital, MNC Bank Gandeng Taspen

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank dipercaya PT Taspen (Persero) (TASPEN) menjadi mitra bayar digital pertama.

EKONOMI | 26 November 2022

Bahlil Fokus Hilirisasi untuk Capai Investasi Rp 1.400 T

Pemerintah fokus pada pada hilirisasi untuk menggenjot investasi 2023 yang ditargetkan sebesar Rp 1.400 triliun.

EKONOMI | 26 November 2022

Pabrik Semen Indarung I Didorong Jadi World Heritage Unesco

Pabrik Semen Indarung I dan PLTA Rasak Bungo milik PT Semen Padang didorong untuk ditetapkan sebagai World Heritage oleh Unesco.

EKONOMI | 25 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

Guru Diminta Ciptakan Lingkungan Belajar Menyenangkan

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE