Logo BeritaSatu

Pasar Aset Kripto Anjlok, Ini Sentimen yang Harus Diwaspadai

Senin, 19 September 2022 | 10:58 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta Beritasatu.com– Pergerakan pasar aset kripto pada Senin (19/9/2022) pagi masih anjlok, melanjutkan tren negatif sejak akhir pekan lalu. Sejumlah aset kripto, seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) tak kuasa menahan retest untuk terus breakdown.

Trader Tokocrypto Afid Sugiono menjelaskan, ada tiga sentimen besar yang bisa mengerakkan pasar aset kripto pada pekan ini. Ketiganya diyakini punya sisi menaikkan harga, maupun menurunkan. "Investor harus mencermati dampak ketiga sentimen tersebut,,” kata Afid, Senin (19/9/2022).

Penyebab pasar kripto terus lesu karena investor tengah menjauhi market kripto setelah mencemaskan pengetatan kebijakan moneter bank sentral AS, The Fed. Pejabat The Fed dianggap akan mempertahankan sikap hawkish-nya pada pertemuan mendatang, yakni rapat The Federal Open Market Committee (FOMC) di tanggal 21 September 2022.

Untuk saat ini, investor telah melakukan aksi priced-in akan kenaikan suku bunga sebesar 75 bps dengan ekspektasi suku bunga bertengger di 4,5% pada Maret 2023. Hal ini dapat dimaklumi mengingat investor tentu mengkhawatirkan, jika inflasi yang sudah ada sekarang tak kunjung turun meskipun harga komoditas dunia sudah melemah.

Selain itu, pelemahan juga disebabkan kabar dari ekosistem kripto. Ada diskusi pengamat kripto di Twitter, mengatakan bahwa terdapat 2 wallet yang memindahkan 5,5 juta token KNC ke platform FTX. Setelah diteliti lebih dalam, 2 wallet tersebut menerima token KNC dari Smart Money bernama Farmer X. Lantas, untuk saat ini, Farmer X memiliki lebih dari US$ 9 juta. Insiden ini pun membuat market panik, jika akan terjadi aksi taking profit besar-besaran kedepannya.

Sentimen kedua yang harus diantisipasi investor adalah LUNC tax burn yang dimulai 20 September mendatang. Setelah aktif, setoran dan penarikan LUNC dan USTC melalui jaringan Terra Classic akan terpengaruh. Saat ini LUNC masih menjadi salah satu kripto yang paling banyak ditransaksikan di exchange.

Sentimen ketiga datang dari Cardano yang akan melakukan vasil hard fork pada tanggal 22 September mendatang. Vasil hard fork bisa mempengaruhi harga Cardano (ADA) yang saat ini menjadi salah satu aset kripto big cap. Tidak hanya itu, altcoin lainnya yang berada di jaringan Cardano juga bisa terpengaruh. Ini bisa mendatangkan untung bagi investor, jika cermat meneliti pergerakannya.

Dari analisis teknik ETH, dilihat dari pergerakan volume rata-rata perdagangan selama 20 hari terakhir atau 20-day EMA, tidak menunjukkan keyakinan yang signifikan ada kemungkinan ETH akan terus turun. Kini, ETH sedang menguji retest di leveli US$ 1.278-US$ 1. 298.

“Tapi, terdapat kemungkinan ETH untuk mengalami rebound sampai ke level US$1.356-US$1.420. Namun, untuk tren jangka panjang, ETH sendiri belum menunjukan ada perlawanan yang signifikan,” kata Afid.

Sementara gerak Bitcoin, juga akan bernasib sama bergerak menuju level support US$ 18.768 yang menjadi pertahanan solidnya. Major support Bitcoin masih berada pada level US$ 17.622.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Sayangkan Banyak Startup yang Lakukan PHK

Pihak investor ikut menyayangkan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan rintisan atau startup.

EKONOMI | 5 Desember 2022

OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life

OJK resmi mengumumkan pencabutan izin usaha PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau Wanaartha Life/PT WAL.

EKONOMI | 5 Desember 2022

ESG Tingkatkan Performa Grup ANJ

PT ANJ sudah mempraktekkan responsible development dan pemberdayaan sosial di semua lini bisnisnya yang tersebar di Sumatra, Kalimantan dan Papua.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo Harapkan BI Tidak Lagi Naikkan Suku Bunga Acuan

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap Bank Indonesia (BI) tidak lagi menaikan suku bunga acuan.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ini Cara Daftar Serta Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN

Kementerian BUMN membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung menjadi bagian dari BUMN melalui program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Ketum Apindo: Pemerintah Tidur Saja Ekonomi 2023 Tumbuh 5%

Hariyadi mengatakan, Apindo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2023 antara 5,15% hingga 5,65%.

EKONOMI | 5 Desember 2022

BI Prediksi The Fed Kerek Suku Bunga di Level 6 Persen

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menilai tren suku bunga tinggi The Fed masih akan terjadi pada tahun depan dengan rentang waktu yang cukup lama.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apindo: Permenaker 18/2022 Bisa Tingkatkan Risiko PHK

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani menilai Permenaker 18/2022 bisa memperbesar risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penyusutan lapangan kerja.

EKONOMI | 5 Desember 2022

Apexindo Kantongi Kontrak Baru dari PGE Rp 240 Miliar

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) meraih kontrak baru Rp 240 miliar untuk proyek pengeboran panas bumi dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

EKONOMI | 5 Desember 2022

Kenaikan Suku Bunga The Fed Dorong Penguatan Dolar AS

Fenomena sangat kuatnya dolar AS memberikan tekanan pelemahan atau depresiasi mata uang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

EKONOMI | 5 Desember 2022


TAG POPULER

# Erupsi Semeru


# Rizky Febian


# Bahlil Lahadalia


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Susunan Pemain Jepang vs Kroasia, Ritsu Doan Tampil Sejak Awal

Susunan Pemain Jepang vs Kroasia, Ritsu Doan Tampil Sejak Awal

SEMESTA BOLA 2022 | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE