Logo BeritaSatu

Beli Apartemen atau Rumah Dulu? Simak Plus dan Minusnya

Selasa, 6 September 2022 | 15:48 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Masyarakat mungkin pernah menghadapi pilihan sulit antara membeli apartemen atau rumah untuk tempat tinggal. Kedua jenis hunian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak heran, banyak orang bimbang saat harus menentukan pilihan.

Berikut tips ringkas yang dikutip Selasa (6/9/2022) bisa menjadi pertimbangan sebelum membuat keputusan.

1. Lokasi
Apabila lokasi dan kemudahan aksesibilitas menjadi faktor terpenting bagi konsumen, maka apartemen bisa menjadi pilihan. Kebanyakan apartemen berada di lokasi strategis dekat dengan area perkantoran, pusat hiburan, ataupun pusat pendidikan. Sementara rumah tapak cenderung berada di pinggir kota. Jadi wajar apabila apartemen kerap menjadi pilihan favorit profesional dan eksekutif muda karena dapat mendukung aktivitasnya

2. Harga
Di kawasan tengah kota, harga apartemen rata-rata lebih murah dibandingkan rumah tapak. Contohnya harga rumah di kawasan Jakarta Selatan rata-rata sudah mencapai Rp 29 juta per meter persegi. Sementara harga apartemen di lokasi yang sama relatif lebih terjangkau dengan rata-rata berkisar Rp 26 juta per meter persegi.

3. Investasi
Jika alasan Anda membeli properti untuk investasi, maka apartemen maupun rumah sama-sama menjanjikan potensi keuntungan. Pasalnya, seiring berjalannya waktu harga kedua jenis properti tersebut cenderung naik. Pertanyaannya adalah mana yang lebih menguntungkan dari keduanya? Ternyata banyak faktor yang menentukan. Selain seberapa strategis lokasi properti yang Anda miliki, potensi keuntungan dipengaruhi kelengkapan fasilitas, kemudahan aksesibilitas, kenaikan harga properti kawasan, maupun potensi pendapatan sewanya.

4. Fasilitas
Apartemen umumnya memiliki fasilitas lebih lengkap dibandingkan rumah. Kebanyakan apartemen dilengkapi fasilitas fitness center, kolam renang, taman bermain anak, lapangan tenis, jogging track, ATM, ruko dan lain sebagainya. Beberapa apartemen bahkan dilengkapi dengan fasilitas premium seperti mini cinema, billiar center, hingga business center, dan ruang serba guna. Sejumlah kawasan perumahan premium kerap kali juga menyediakan fasilitas sejenis, namun biasanya harga jual per unitnya sudah sangat mahal.

Direktur Proyek South Quarter Chandra M. Makmoen menjelaskan bagi konsumen yang berniat membeli apartemen, SQ Rés bisa menjadi pilihan. "Hunian vertikal di atas lahan seluas 1,3 hektare ini menjadi bagian pengembangan kawasan mixed-useterpadu South Quarter seluas 7,1 hektare yang dikembangkan PT Intiland Development Tbk," kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Selain apartemen, pengembangan kawasan South Quarter meliputi gedung perkantoran yang dilengkapi dengan fasilitas ritel pendukung SQ Dome. "SQ Rés dikembangkan menjadi bagian dari konsep Transit Oriented Development (TOD) Lebak Bulus," kata dia.

Menurut Chandra M. Makmoen lokasi apartemen SQ Rés terbilang strategis. Selain dekat dengan Stasiun MRT Fatmawati dan Stasiun MRT Lebak Bulus, juga berdekatan dengan Tol JORR 2 yang memudahkan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jerman vs Spanyol, Penyisihan Rasa Final

Jerman vs Spanyol, Penyisihan Rasa Final

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE