Logo BeritaSatu

Beli Apartemen atau Rumah Dulu? Simak Plus dan Minusnya

Selasa, 6 September 2022 | 15:48 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Masyarakat mungkin pernah menghadapi pilihan sulit antara membeli apartemen atau rumah untuk tempat tinggal. Kedua jenis hunian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tak heran, banyak orang bimbang saat harus menentukan pilihan.

Berikut tips ringkas yang dikutip Selasa (6/9/2022) bisa menjadi pertimbangan sebelum membuat keputusan.

1. Lokasi
Apabila lokasi dan kemudahan aksesibilitas menjadi faktor terpenting bagi konsumen, maka apartemen bisa menjadi pilihan. Kebanyakan apartemen berada di lokasi strategis dekat dengan area perkantoran, pusat hiburan, ataupun pusat pendidikan. Sementara rumah tapak cenderung berada di pinggir kota. Jadi wajar apabila apartemen kerap menjadi pilihan favorit profesional dan eksekutif muda karena dapat mendukung aktivitasnya

2. Harga
Di kawasan tengah kota, harga apartemen rata-rata lebih murah dibandingkan rumah tapak. Contohnya harga rumah di kawasan Jakarta Selatan rata-rata sudah mencapai Rp 29 juta per meter persegi. Sementara harga apartemen di lokasi yang sama relatif lebih terjangkau dengan rata-rata berkisar Rp 26 juta per meter persegi.

3. Investasi
Jika alasan Anda membeli properti untuk investasi, maka apartemen maupun rumah sama-sama menjanjikan potensi keuntungan. Pasalnya, seiring berjalannya waktu harga kedua jenis properti tersebut cenderung naik. Pertanyaannya adalah mana yang lebih menguntungkan dari keduanya? Ternyata banyak faktor yang menentukan. Selain seberapa strategis lokasi properti yang Anda miliki, potensi keuntungan dipengaruhi kelengkapan fasilitas, kemudahan aksesibilitas, kenaikan harga properti kawasan, maupun potensi pendapatan sewanya.

4. Fasilitas
Apartemen umumnya memiliki fasilitas lebih lengkap dibandingkan rumah. Kebanyakan apartemen dilengkapi fasilitas fitness center, kolam renang, taman bermain anak, lapangan tenis, jogging track, ATM, ruko dan lain sebagainya. Beberapa apartemen bahkan dilengkapi dengan fasilitas premium seperti mini cinema, billiar center, hingga business center, dan ruang serba guna. Sejumlah kawasan perumahan premium kerap kali juga menyediakan fasilitas sejenis, namun biasanya harga jual per unitnya sudah sangat mahal.

Direktur Proyek South Quarter Chandra M. Makmoen menjelaskan bagi konsumen yang berniat membeli apartemen, SQ Rés bisa menjadi pilihan. "Hunian vertikal di atas lahan seluas 1,3 hektare ini menjadi bagian pengembangan kawasan mixed-useterpadu South Quarter seluas 7,1 hektare yang dikembangkan PT Intiland Development Tbk," kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Selain apartemen, pengembangan kawasan South Quarter meliputi gedung perkantoran yang dilengkapi dengan fasilitas ritel pendukung SQ Dome. "SQ Rés dikembangkan menjadi bagian dari konsep Transit Oriented Development (TOD) Lebak Bulus," kata dia.

Menurut Chandra M. Makmoen lokasi apartemen SQ Rés terbilang strategis. Selain dekat dengan Stasiun MRT Fatmawati dan Stasiun MRT Lebak Bulus, juga berdekatan dengan Tol JORR 2 yang memudahkan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Funky Kebaya Lenny Agustin Terinspirasi Sosok Gusti Nurul

Funky Kebaya Lenny Agustin Terinspirasi Sosok Gusti Nurul

LIFESTYLE | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE