Logo BeritaSatu

10 Tahun Terakhir, BUMN Sumbang Rp 3.395 Triliun ke Negara

Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:12 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berperan dalam kegiatan ekonomi negara di berbagai sektor. Dalam 10 tahun terakhir, BUMN telah menyumbang sekitar Rp 3.395 triliun kepada negara.

"Nilai itu terdiri dari setoran pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) termasuk berasal dari dividen dan bagi hasil,” kata Asisten Deputi Bidang Perundang-undangan Kementerian BUMN Wahyu Setiawan, dalam webinar bagi mahasiswa fakultas hukum dari perguruan tinggi negeri (PTN) perwakilan seluruh Indonesia, Selasa (16/8/2022). Webinar dalam rangka BUMN Legal Summit 2022 pada akhir September 2022 di Bali yang digelar Kementerian BUMN bekerja sama dengan Forum Hukum BUMN.

Wahyu menambahkan, dalam 3 tahun terakhir, kontribusi BUMN terhadap negara mencapai Rp 1.200 triliun. Adapun total aset seluruh BUMN terus berkembang menjadi Rp 8.400 triliun pada akhir 2020.

Wahyu mengatakan, BUMN antara lain digunakan sebagai alat implementasi kebijakan pemerintah melalui penugasan. “Sepanjang NKRI ada, maka BUMN akan tetap ada sebagai salah satu pelaku ekonomi untuk menangani sektor-sektor yang penting bagi negara, kewajiban pelayanan publik, dan secara ekonomis/politis cukup signfikan,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Keuangan dan Umum Indonesia Financial Group (IFG) Rizal Ariansyah mengatakan divisi legal memiliki peran penting pada perusahaan. Legal bukan bicara mengenai profesi, melainkan kemampuan di berbagai fungsi pekerjaan. “Sejumlah tantangan yang dihadapi lulusan fakultas hukum yang ingin berprofesi menjadi legal officer, antara lain digitalisasi di bidang hukum. Hal ini berkaitan erat dengan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0,” ujarnya.

Ia mencontohkan digitalisasi dokumen terutama yang berkaitan dengan otentikasi, legalisasi dokumen serta pengelolaan arsip. “Penanganan perkara/perjanjian dilakukan secara online, tanpa pertemuan para pihak secara fisik, digital signature yaitu tidak menggunakan tanda tangan asli/basah serta paperless,” tukas Rizal.

Di samping itu, lanjut dia, sistem informasi dan komunikasi hukum yang terkoneksi dengan internet kini menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Adapun Ketua Umum Forum Hukum BUMN, Puji Haryadi mengatakan di BUMN terdapat beberapa forum dengan aktivitas koordinasi dan konsolidasi pengelolaan tugas sesuai komunitas fungsinya. "Termasuk, Forum Hukum BUMN yang merupakan perkumpulan untuk menyinergikan antarfungsi hukum di lingkungan BUMN mendukung peran BUMN dalam pembangunan nasional,” ujar Puji.

Puji mengemukakan, melalui webinar ini, kalangan mahasiswa dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait sejarah BUMN, regulasi dan peluang-peluang dalam berkarier di BUMN.

BUMN Legal Summit 2022 ini rencananya diikuti oleh insan hukum BUMN dan anak perusahaan BUMN sebagai momentum membangun fondasi fungsi hukum BUMN yang semakin kuat dalam mendukung pertumbuhan dan transformasi BUMN.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Krisis Inggris, Sri Mulyani: APBN Kuat Jadi Shock Absorber

Sri Mulyani Indrawati menegaskan, APBN harus kuat agar bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam guncangan atau shock absorber.

EKONOMI | 29 September 2022

Brand Finance Beri Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

Sebanyak 100 perusahaan meraih penghargaan "Top 100 Most Valuable Brands 2022" yang diberikan oleh Brand Finance.

EKONOMI | 29 September 2022

Shell Luncurkan Skenario Peta Jalan Indonesia Capai Target Zero Emisi pada 2060

Membangun sistem energi net-zero di Indonesia pada tahun 2060 merupakan tantangan, tetapi, Shell percaya hal ini secara teknis memungkinkan.

EKONOMI | 29 September 2022

Situasi Ekonomi 2023 Gelap, Sri Mulyani: Segera Kumpulkan Amunisi

Sri Mulyani mengungkapkan, suasana dunia pada 2023 akan sangat menantang, dengan tingkat risiko bergeser dari pandemi ke gejolak ekonomi global.

EKONOMI | 29 September 2022

Kemenhub dan Operator Masih Diskusi soal Biaya Aplikasi

Kemenhub bersama operator transportasi online masih melakukan diskusi terkait biaya aplikasi sebesar Rp 2.000 yang dikenakan operator kepada konsumen.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Beberkan Empat Tantangan Besar Pascapandemi

Sri Mulyani Indrawati membeberkan empat tantangan besar yang dihadapi Indonesia dan negara lainnya setelah pandemi Covid-19.

EKONOMI | 29 September 2022

Ditopang Kredit, Laba Bank Sumut Naik 12% Capai Rp 345 M

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) hingga semester I 2022 mencatatkan laba bersih sebesar Rp 345 miliar, atau tumbuh 12,4%.

EKONOMI | 29 September 2022

PAAI Minta Agen Asuransi Adaptif dengan Kondisi Ekonomi

Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) mengajak seluruh agen asuransi cepat beradaptasi dengan kondisi ekonomi yang terjadi secara global.

EKONOMI | 29 September 2022

Gandeng PMI, Pelaku Usaha Perbankan Berbagi Sesama

Donor darah merupakan wujud peduli pelaku usaha perbankan kepada sesama sebagai bentuk kontribusi nyata.

EKONOMI | 29 September 2022

Wow! Pembangunan Jalan Tol Era Jokowi Capai 1.700 Km

Pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol di era Jokowi dilakukan secara masif dibandingkan era sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 29 September 2022

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings