Logo BeritaSatu

Traveloka Kembangkan Talenta Digital Lewat Kampus Merdeka

Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:35 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Platform lifestyle superapp di Asia Tenggara, Traveloka menghadirkan dua program bagi talenta digital di perguruan tinggi, yaitu Traveloka Internship Program dan Program Bangkit Kampus.

Kedua program ini merupakan hasil kolaborasi Traveloka dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) di bawah payung program Kampus Merdeka.

Program magang bersertifikat atau Traveloka Internship Program, merupakan program pengalaman belajar berbasis karier. Sementara, Bangkit Kampus merupakan kolaborasi Kemendikbudristek dengan Traveloka dan mitra lainnya, sebagai wadah pelaksanaan studi dan proyek independen dalam mendapatkan kompetensi di bidang machine learning, mobile development, dan cloud computing.

Chief People Operations Traveloka Ellen Tuwaidan mengatakan, talenta digital yang cakap mampu memberikan dorongan terhadap pertumbuhan ekonomi digital dengan lebih maksimal.

"Melalui program ini, kami memberikan kesempatan peserta magang untuk berlatih dan menyelesaikan proyek yang relevan dengan konteks bisnis terkini. Kami meyakini dapat membantu meningkatkan potensi digital para peserta magang melalui pemikiran dan ide-ide inovatif," ujar Ellen dalam keterangan tertulis, Selasa (16/8/2022).

Traveloka Kembangkan Talenta Digital Lewat Kampus Merdeka
Suasana Traveloka Campus di BSD City, Tangerang Selatan, Banten.

Traveloka Internship Program berlangsung selama 5 bulan dengan memenuhi sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang berada di tahun terakhir perkuliahan. Pada batch ketiga yang berlangsung pada 16 Agustus hingga 31 Desember 2022, Traveloka membuka kesempatan untuk program magang di beberapa bidang.

Adapun bidang yang dibuka antara lain, android engineer, backend engineer, brand activation, business operation, cloud infra, content and social media marketing, data analyst, data engineer, DevOps engineer, employer branding platform, HR business process improvement, dan iOS engineer.

Sejauh ini, terdapat 12.607 mahasiswa yang telah mendaftarkan diri dan 52 di antaranya bergabung dalam program magang. Peserta mendapat kesempatan terlibat proyek nyata dengan bimbingan dan mentoring dari tim technology, product, people operations, dan marketing. Mereka juga memiliki peluang untuk bergabung sebagai karyawan setelah program berakhir.

"Pada pelaksanaan batch pertama di tahun 2021, sebanyak 8.000 mahasiswa telah mendaftarkan diri dalam program ini, dengan 47 di antaranya bergabung, dan sebanyak 22 mahasiswa berkesempatan bergabung sebagai karyawan tetap," kata Ellen.

Bersama dengan mitra-mitra lainnya, lanjut Ellen, Traveloka juga melakukan pelatihan terhadap 3.000 developer muda dari seluruh penjuru Indonesia melalui Program Bangkit Kampus.

Melalui program ini, pengembang muda dari kalangan mahasiswa mendapatkan akses untuk mempelajari dan menerapkan keterampilan penting untuk bekerja di perusahaan teknologi, belajar dari pakar dan praktisi industri terkini, persiapan dan voucher untuk ujian sertifikasi AAD/ACE/Tensorflow, dan juga kesempatan untuk mendapatkan hingga 20 Kredit Studi
Universitas.

Program Bangkit pada tahun ini akan kembali membuka kesempatan kepada 3.000 pengembang muda Indonesia untuk berpartisipasi, sehingga dapat menjadi bagian dari generasi terbaik Indonesia di masa depan.

"Bersama di bawah payung Kampus Merdeka, Traveloka terus berkomitmen untuk mendukung sektor pendidikan dalam mempersiapkan talenta digital yang dapat berperan aktif memajukan industri ekonomi digital Indonesia," tutup Ellen.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek, Prof Nizam mengatakan kehadiran Kampus Merdeka bertujuan menjembatani serta mengakselerasi pemenuhan kebutuhan industri dan kompetensi mahasiswa.

"Kami mengapresiasi Traveloka yang aktif berpartisipasi untuk mendukung program pemerintah dan kami berharap program Traveloka Internship Program serta keterlibatan Traveloka dalam Program Bangkit dapat menjangkau lebih banyak mahasiswa dan mengembangkan talenta digital yang selaras dengan kebutuhan dunia industri nasional," ujar Prof Nizam.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022

Ini 10 Perusahaan Teknologi dengan Jumlah PHK Terbesar

Menurut data layoffs.fyi, terdapat 137.492 karyawan dari 859 perusahaan teknologi di seluruh dunia yang di-PHK pada 2022.

EKONOMI | 26 November 2022

Wall Street Menguat dalam Sepekan di Tengah Minimnya Sentimen

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik pada hari Jumat (25/11/2022). Indeks-indeks acuan Wall Street mencatat kinerja positif selama minggu ini.

EKONOMI | 26 November 2022

BEI Targetkan 57 Perusahaan Melantai di Bursa pada 2023

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaram umum saham perdana (IPO) pada 2023 sebanyak 57 perusahaan

EKONOMI | 26 November 2022

Perluas Pasar Bank Digital, MNC Bank Gandeng Taspen

PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank dipercaya PT Taspen (Persero) (TASPEN) menjadi mitra bayar digital pertama.

EKONOMI | 26 November 2022

Bahlil Fokus Hilirisasi untuk Capai Investasi Rp 1.400 T

Pemerintah fokus pada pada hilirisasi untuk menggenjot investasi 2023 yang ditargetkan sebesar Rp 1.400 triliun.

EKONOMI | 26 November 2022

Pabrik Semen Indarung I Didorong Jadi World Heritage Unesco

Pabrik Semen Indarung I dan PLTA Rasak Bungo milik PT Semen Padang didorong untuk ditetapkan sebagai World Heritage oleh Unesco.

EKONOMI | 25 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan ke Daerah Terisolasi di Cianjur

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE