Logo BeritaSatu

Pembangunan Rusun Pariwisata KEK Tanjung Lesung Rampung

Selasa, 9 Agustus 2022 | 08:55 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Banten, Beritasatu.com - Ditjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 dan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten merampungkan pembangunan rumah susun (rusun) untuk pekerja Banten West Java Tourism Development Corporation (TDC) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

“KEK Tanjung Lesung salah satu daerah strategis wisata nasional. Pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemprov Banten, Pemkab Pandeglang dan investor untuk memajukan kawasan ini, salah satunya melalui jalan tol Panimbang dan penyediaan rusun untuk hunian nyaman pekerja,” ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S. Atmawidjaja saat serah terima rusun di Pandeglang dikutip dalam keterangan tertulisnya Selasa (9/8/2022).

Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung yang berdiri di atas lahan 2.950 meter persegi memiliki satu tower setinggi 3 lantai sebanyak 62 unit reguler dan dua unit khusus difabel. Pembangunan rusun ini menelan investasi Rp 21,1 miliar dengan masa pelaksanaan pembangunan Juli 2021-Mei 2022.

Endra menambahkan, rusun ini akan dikelola Pemkab Pandeglang bersama pengelola kawasan tersebut yakni Banten West Java. Endra berharap agar pengelola segera menanam pohon untuk membuat rindang kawasan pinggir pantai dan memberikan jalur rambu-rambu serta kawasan evakuasi bencana. “Setelah proses serah terima, rusun ini bisa langsung dihuni oleh para pekerja," kata dia.

Dia mengatakan saat ini, wisata di Banten seperti Pantai Carita, Anyer sudah mulai ramai dan akan terus membaik seiring fasilitas penunjang bagi produktivitas pekerja.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan BUMD Pemkab Pandeglang bersama Banten West Java sedang menyusun mekanisme persyaratan bagi pekerja pariwisata yang akan menjadi penyewa rusun. Irna berharap rusun ini bisa menampung semua pekerja di wilayah KEK Tanjung Lesung sehingga akan lebih produktif dan bisa menghemat waktu, tenaga serta biaya pekerja.

“Kami langsung action dengan menyusun teknis mekanisme persyaratan bagi pekerja calon penyewa rusun. BUMD Pemkab Pandeglang bersama Banten West Java akan merumuskan biaya yang harus terjangkau bagi pekerja yang menyewa rusun ini,” kata Irna.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 Kementerian PUPR Firsta Ismet mengatakan pihaknya terus mendukung pengembangan KEK Tanjung Lesung melalui pembangunan rusun untuk pekerja pariwisata di wilayah tersebut. Rusun ini merupakan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan sekaligus untuk mempermudah koordinasi pengelola kawasan dengan pekerja.

“Rusun ini memperpendek jarak tempuh pekerja dari 12 km menjadi 4 km dan menekan biaya transportasi hingga 50%, rusun ini bisa menampung 252 orang,” kata Firsta.

Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Haryo Wacono berharap dengan adanya fasilitas Rusun Banten Jawa West Java TDC KEK Tanjung Lesung, para pekerja pariwisata akan semakin terpacu untuk meningkatkan kinerja.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Krisis Inggris, Sri Mulyani: APBN Kuat Jadi Shock Absorber

Sri Mulyani Indrawati menegaskan, APBN harus kuat agar bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam guncangan atau shock absorber.

EKONOMI | 29 September 2022

Brand Finance Beri Penghargaan Top 100 Most Valuable Brands 2022

Sebanyak 100 perusahaan meraih penghargaan "Top 100 Most Valuable Brands 2022" yang diberikan oleh Brand Finance.

EKONOMI | 29 September 2022

Shell Luncurkan Skenario Peta Jalan Indonesia Capai Target Zero Emisi pada 2060

Membangun sistem energi net-zero di Indonesia pada tahun 2060 merupakan tantangan, tetapi, Shell percaya hal ini secara teknis memungkinkan.

EKONOMI | 29 September 2022

Situasi Ekonomi 2023 Gelap, Sri Mulyani: Segera Kumpulkan Amunisi

Sri Mulyani mengungkapkan, suasana dunia pada 2023 akan sangat menantang, dengan tingkat risiko bergeser dari pandemi ke gejolak ekonomi global.

EKONOMI | 29 September 2022

Kemenhub dan Operator Masih Diskusi soal Biaya Aplikasi

Kemenhub bersama operator transportasi online masih melakukan diskusi terkait biaya aplikasi sebesar Rp 2.000 yang dikenakan operator kepada konsumen.

EKONOMI | 29 September 2022

Sri Mulyani Beberkan Empat Tantangan Besar Pascapandemi

Sri Mulyani Indrawati membeberkan empat tantangan besar yang dihadapi Indonesia dan negara lainnya setelah pandemi Covid-19.

EKONOMI | 29 September 2022

Ditopang Kredit, Laba Bank Sumut Naik 12% Capai Rp 345 M

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) hingga semester I 2022 mencatatkan laba bersih sebesar Rp 345 miliar, atau tumbuh 12,4%.

EKONOMI | 29 September 2022

PAAI Minta Agen Asuransi Adaptif dengan Kondisi Ekonomi

Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) mengajak seluruh agen asuransi cepat beradaptasi dengan kondisi ekonomi yang terjadi secara global.

EKONOMI | 29 September 2022

Gandeng PMI, Pelaku Usaha Perbankan Berbagi Sesama

Donor darah merupakan wujud peduli pelaku usaha perbankan kepada sesama sebagai bentuk kontribusi nyata.

EKONOMI | 29 September 2022

Wow! Pembangunan Jalan Tol Era Jokowi Capai 1.700 Km

Pembangunan infrastruktur termasuk jalan tol di era Jokowi dilakukan secara masif dibandingkan era sebelumnya.

EKONOMI | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 29 September 2022

Kasus Kumulatif dan Suspek Covid-19 sampai 29 September 2022

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings