Logo BeritaSatu

Bahlil Mulai Waspadai Dampak Konflik Tiongkok vs Taiwan

Senin, 8 Agustus 2022 | 20:19 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan, pemerintah akan mewaspadai ketegangan geopolitik Tiongkok dan Taiwan. Sebab dua negara ini cukup berperan dalam investasi asing yang masuk ke Indonesia.

"Kenapa harus kita waspadai? Beberapa negara yang investasinya besar di Indonesia itu termasuk Tiongkok dan Taiwan. Tetapi seberapa besar (dampak ketegangan) ini kami lagi pelajari, mudah-mudahan tidak terlalu berdampak dalam dari persoalan politik mereka ke investasi,” ucap Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Mengutip data Kementerian Investasi/BKPM realisasi investasi Tiongkok pada kuartal II 2022 mencapai US$ 2,3 miliar. Realisasi investasi Tiongkok selama semester I 2022 mencapai US$ 3,6 miliar.

Bahlil menuturkan, dengan gejolak kondisi perekonomian global yang terjadi saat ini, misalnya perang antar Rusia dan Ukraina tidak selalu berdampak negatif untuk semua negara. Menurut Bahlil ada sejumlah negara yang mendapat manfaat positif secara ekonomi dari kondisi perang yang terjadi.

"Dari perang Ukraina dan Rusia ada beberapa negara yang memanfaatkan ekonomi dari kondisi itu. Mungkin kalau ini terjadi pada Taiwan dan Tiongkok, kita masuk pada ruang itu, karena komunikasi kita juga baik. Boleh kita khawatir, tetapi jangan kita takut dengan bayang-bayang duluan,” ucap Bahlil Lahadalia.

Di sisi lain, Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan tantangan yang akan dihadapi di kuartal III dan IV 2022 adalah persoalan ketidakpastian global yang masih mempengaruhi perekonomian dunia sejauh ini.

Hal ini bisa berdampak ke perekonomian Indonesia dari sisi geopolitik, belum berakhirnya perang Rusia-Ukraina, membuat gejolak ekonomi belum akan reda. Situasi menjadi lebih rumit saat tensi geopolitik Taiwan dan Tiongkok semakin membesar pada semester II 2022.

“Kalau dilihat ketidakpastian global terutama geopolitik seperti Perang Rusia-Ukraina sekarang jug ada ketegangan antara Taiwan dan Tiongkok. Ini akan memberikan ketidakpastian yang lebih tinggi geopolitik yang memanas tadinya di eropa sekarang bergeser ke Asia,” tandas Eko.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pertamina Berikan Bantuan TJSL untuk 25 Desa Energi Berdikari

PT Pertamina (Persero) memiliki program desa energi berdikari. Hal ini sejalan dengan tema Pertamina Eco Run Fest 2022.

EKONOMI | 27 November 2022

Begini Rencana Kerja dan Target BEI di Tahun Depan

Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan perusahaan yang melakukan penawaran umum saham perdana atau IPO pada 2023 sebanyak 57 perusahaan.

EKONOMI | 27 November 2022

BKF Sebut Kinerja APBN Menopang Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Febri, posisi APBN didorong sebagai peredam guncangan atau shock absorber, sekaligus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

EKONOMI | 27 November 2022

Direstui OJK, BEI Rilis Papan Ekonomi Baru 5 Desember

BEI akan meluncurkan papan ekonomi baru (new economy) pada 5 Desember 2022 karena sudah mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

EKONOMI | 27 November 2022

Ekonom IAEI Sebut Indonesia Mampu Atasi Ancaman Resesi

Ekonom dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Munifah Syanwani menilai Indonesia akan mampu melewati tahun resesi ekonomi.

EKONOMI | 26 November 2022

Terapkan ESG, BRI Raih Peringkat Tertinggi di ASRRAT 2022

BRI berhasil meraih penghargaan platinum rank di ASRRAT 2022. BRI tahun lalu juga meraih peringkat tertinggi di ajang yag sama.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Negara Besar Resesi, Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,72%

Presiden Jokowi menyebut ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,72 persen pada kuartal ketiga di tengah resesi yang dialami sejumlah negara besar di dunia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi Ungkap Syarat Indonesia Jadi 5 Besar Negara Terkuat di 2045

Presiden Jokowi menyampaikan syarat mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang masuk dalam lima besar ekonomi terkuat di dunia pada 2045.

EKONOMI | 26 November 2022

Jokowi: Tidak Mungkin Bersaing dengan Negara Lain kalau Jalannya Becek

Presiden Jokowi mengungkap alasannya terus membangun infrastruktur di luar Pulau Jawa. Infrastruktur akan membuka titik-titik ekonomi baru Indonesia. 

EKONOMI | 26 November 2022

Hilirisasi, Bahlil Ingin Indonesia Jadi Acuan Harga Timah Dunia

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menargetkan Indonesia setop ekspor timah pada 2023.

EKONOMI | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna <em>Earphone</em>

Dokter Rekomendasikan Aturan 60/60 untuk Pengguna Earphone

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE