Logo BeritaSatu

Gili Tramena Mulai Ramai, PLN Jamin Listrik Menyala Terus

Minggu, 7 Agustus 2022 | 20:50 WIB
Oleh : FMB

Mataram, Beritasatu.com - PT PLN (Persero) Nusa Tenggara Barat terus berupaya menjaga pasokan energi ramah lingkungan di destinasi Gili Trawangan, Meno dan Air, Kabupaten Lombok Utara yang sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Manager Unit Layanan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro/Surya (PLTMH/S) Tanjung, Endang Faisol, mengatakan pasokan energi ramah lingkungan ke tiga gili tersebut, salah satunya disuplai oleh PLTS yang ada di Gili Tramena, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Gili Tramena merupakan singkatan Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Ketiga gili tersebut adalah salah satu kawasan wisata yang menjadi destinasi prioritas utama di NTB.

"PLTS itu sebagai salah satu penopang listrik bagi masyarakat di Gili Tramena. Pemeliharaan harus rutin dilakukan untuk mengetahui secara dini komponen-komponen yang seharusnya dilakukan perbaikan atau penggantian," kata Endang di Mataram, Minggu (7/8/2022).

Ia menyebutkan, lokasi PLTS di Gili Tramena tersebar di kawasan tiga Gili dengan total kapasitas 820 kilo Watt Peak (kWP), yakni di Gili Trawangan berkapasitas 600 kWP, Gili Air berkapasitas 160 kWP, dan Gili Meno sebesar 60 kWP.

Ketiga PLTS yang dibangun pada 2012 tersebut memasok listrik untuk Gili Tramena menggunakan teknologi green energy grid connected PV system (PLTS grid connected) yang menggunakan PV modul.

PLTS itu, lanjut Endang, tentunya menjadi salah satu bentuk komitmen PLN untuk meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) di NTB.

"Bauran EBT saat ini adalah 7,1%, dan masih didominasi oleh PLTS. Dengan potensi sumber daya alam yang cukup banyak, di antaranya air, panas bumi, bayu dan arus laut, pastinya PLN dengan dukungan seluruh pihak di NTB, akan mampu mencapai target bauran EBT sebesar 23% pada 2025," ujarnya.

Untuk menjaga keandalannya, kata dia, pihaknya terus melakukan pemeliharaan PLTS secara rutin. Apalagi kondisi Gili Tramena saat ini sudah banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Endang menjelaskan pemeliharaan kali ini dilakukan terhadap komponen-komponen utama dan alat bantu pada PLTS, seperti pengukuran tegangan dan arus pada combiner box, pembersihan permukaan dan pemeriksaan kondisi photovoltaic module (PV) modul, serta pemeliharaan korektif pada PV modul dan inverter.

"Diharapkan dengan pemeliharaan tersebut, performance dari PLTS dapat tetap stabil dan terjaga daya mampu pasoknya," ucapnya.

Selain PLTS, kata Endang, suplai listrik ke Gili Tramena juga dipasok dari kabel laut yang membentang dari Pulau Lombok sepanjang dua kali 18,8 kilometer sirkuit.

Kabel laut yang berfungsi untuk mengalirkan listrik antar pulau itu dibangun pertama kali pada 2012, sedangkan untuk tahap kedua dibangun pada 2018.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Kripto November Hancur-hancuran, Intip Proyeksi Desember

Sepanjang November 2022, pasar aset kripto mengalami volatilitas tinggi yang cenderung alami penurunan tajam.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang, Segini Tarif Menginap di Royal Ambarrukmo

Jadi Lokasi Pernikahan Kaesang, Segini Tarif Menginap di Royal Ambarrukmo

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE