Logo BeritaSatu

Ini E-Commerce yang Paling Diandalkan UMKM Indonesia

Rabu, 3 Agustus 2022 | 21:19 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (e-commerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id.

"Berdasarkan hasil survei, Telkomsel menemukan bahwa platform e-commerce yang paling dipercaya pengusaha UMKM di Indonesia untuk aktivitas penjualan online mereka, adalah Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%)," kata Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang dalam keterangan tertulisnya Rabu (3/8/2022).

Hasil riset menemukan bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%), dan Blibli (4%). Sedangkan untuk platform e-commerce dengan pelayanan paling memuaskan bagi UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%).

"Di antara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%)," kata dia.

Dia mengatakan melalui survei digital tersebut, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmen sebagai digital ecosystem enabler yang membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi pelaku industri dan masyarakat, dalam memperkuat kultur pengambilan keputusan berbasis data.

Dia menjalaskan riset pasar berbasis pengguna Survey, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

“tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan pelaku e-ommerce dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya," kata Alfian Manullang.

Beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur penjualan lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) nyaman (70%), serta sistem pembayaran lengkap (73%).

Riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Lokal Indonesia 2022 oleh tSurvey.id berlangsung dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022, dengan melibatkan 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah sebanyak 60%, dari pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30%, dan dari luar pulau Jawa sebanyak 10%. Sedangkan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60% responden merupakan laki-laki dan 40% adalah perempuan.

tSurvey.id merupakan platform survei digital dari Telkomsel yang menawarkan solusi data solutions bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas. Kapabilitas platform tSurvey.id diperkaya dengan data insight telco dari lebih dari 170 juta pelanggan sehingga memiliki beberapa keunggulan, mulai jangkauan basis responden luas, fitur respondent targeting dengan profiling akurat, keluaran hasil lebih cepat, serta fitur manajemen survei yang user friendly.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

Menurut Nurjaman, Apindo DKI keberatan terhadap kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta yang mencapai 5,6%.

EKONOMI | 28 November 2022

Buwas: Impor Beras untuk Antisipasi Kekurangan Produksi Dalam Negeri

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menegaskan, di tengah kondisi stok beras di gudang Bulog yang kian menipis, impor beras perlu dipertimbangkan.

EKONOMI | 28 November 2022

Pelaku Parekraf Bergotong Royong Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi  upaya gotong royong pelaku Parekraf untuk membantu korban gempa Cianjur

EKONOMI | 28 November 2022

Indonesia Ternyata Masih Impor Beras, untuk Apa Saja?

Perum Bulog pada akhir tahun ini berencana melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP).

EKONOMI | 28 November 2022

Bapanas: Impor Beras Pilihan Terakhir

Kepala Bapanas/NFA Arief Prasetyo Adi menegaskan, dalam memenuhi kebutuhan beras dalam negeri, penyerapan beras dari petani harus menjadi prioritas utama.

EKONOMI | 28 November 2022

Apindo Berencana Gugat Permenaker 18/2022 Soal UMP ke MK

"Kami akan membawa ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk memastikan apakah Permenaker 18/2022 soal UMP ini bertentangan atau tidak," kata Anton.

EKONOMI | 28 November 2022

Bank Mandiri Konservasi Lahan Mangrove Seluas 500 Hektare

Wujudkan ekonomi hijau, Bank Mandiri konservasi lahan seluas 500 hektare (Ha) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

EKONOMI | 28 November 2022

Aspek Sebut Kenaikan UMP Perkuat Laju Perekonomian Domestik

Mirah mengungkapkan, kenaikan UMP akan meningkatkan produktivitas pekerja, sekaligus memperkuat ekonomi domestik dari kondisi krisis.

EKONOMI | 28 November 2022

Pertamina SMEXPO 2022, Ajang Pamer Produk Asli Indonesia

Pertamina kembali menggelar Pertamina SMEXPO 2022 secara hybrid yang digelar pada 28 November hingga 4 Desember 2022.

EKONOMI | 28 November 2022

Krakatau Steel Resmi Kuasai 50% Saham Krakatau Posco

Silmy Karim mengatakan, proses tersebut sudah dimulai sejak 2016 silam ketika dilakukan penandatangan Minutes of Agreement Krakatau Steel dan Krakatau Posco.

EKONOMI | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

UMP DKI 2023 Naik Jadi Rp 4,9 Juta, Ini Respons Pengusaha

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE