Logo BeritaSatu

Aviliani: Belanja Pemerintah Belum Berjalan Fleksibel

Senin, 11 Juli 2022 | 19:47 WIB
Oleh : Arnoldus Kristianus / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyatakan, pemerintah harus menjalankan kebijakan belanja dalam APBN secara fleksibel. Penggunaan anggaran yang terjadi saat ini, dinilai belum berjalan fleksibel.

Ekonom Indef Aviliani mengatakan, hal itu terlihat dari komposisi belanja pemerintah yang mengalami kontraksi pada kuartal I 2022.

"Problemnya ketika masyarakat positif konsumsinya justru konsumsi pemerintah malah negatif. Nah ini menunjukkan kita masih punya pekerjaan rumah di mana APBN itu tidak fleksibel,” ucap Aviliani dalam acara Rilis Survei Nasional Indikator Politik Indonesia, Senin (11/7/2022).

Berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada kuartal I 2021 belanja pemerintah sebesar Rp 523 triliun. Namun pada kuartal I 2022 turun menjadi Rp 490,6 triliun. Padahal, sisi penerimaan negara mengalami kenaikan dari Rp 379,4 triliun pada kuartal I 2021 menjadi Rp 501 triliun.

Aviliani mengatakan, hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah, sebab ketidakpastian masih terjadi dalam perekonomian nasional dan global. Menurutnya harus ada faktor diskresi untuk memindahkan anggaran untuk menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dalam jangka pendek.

"Misalnya tadinya anggaran digunakan untuk vaksin gitu ketika sudah membaik harus dipindahkan. Memindahkan anggaran itu butuh waktu akibatnya belanja pemerintah jadi negatif dalam waktu kuartal pertama,” kata Aviliani.

Aviliani mengungkapkan ketika pandemi sudah mulai reda optimisme masyarakat cukup tinggi. Survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa indeks kepercayaan masyarakat sudah di atas 100 itu menunjukkan bahwa mereka optimistis bisa ekonomi itu kembali normal.

"Persepsi itu sangat bagus karena persepsi itu yang membuat orang mau belanja ya mengeluarkan uangnya untuk konsumsi. Ternyata konsumsi masyarakatnya meningkat cukup signifikan. Jadi itu salah satu hal positif yang perlu kita lanjutkan,” ucapnya.

Baca selanjutnya
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah memakai ...


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Normal

Gunung Semeru pada Minggu (4/12/2022) mengalami erupsi disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter dan menyebabkan sejumlah gempa.

EKONOMI | 4 Desember 2022

GOTO Dilanda Aksi Jual Pascalock Up Dibuka, Saatnya Beli?

Harga saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masuk dalam 10 deretan saham yang mengalami tekanan cukup besar pekan ini.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Investor Masuk ke IKN Kuartal II 2023, Siapa Saja?

Menpupera Basuki Hadimuljono berharap investor mulai masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada kuartal kedua 2023.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Kemitraan BUMN-UMKM Hasilkan Potensi Kerja Sama Rp 224,8 M

Menkop dan UKM Teten Masduki menyatakan, forum kemitraan UKM dengan BUMN mampu mencatatkan potensi kerja sama senilai Rp 224,8 miliar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Badai PHK, PKB Usul Karyawan Startup Buat Serikat Pekerja

Mikhael Benyamin Sinaga, mengusulkan karyawan startup membentuk serikat pekerja, imbas badai pemutusan hubungan kerja (PHK).

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jubir Muda PKB: Efisiensi Startup Bisa Tanpa Harus PHK Karyawan

Juru Bicara Muda Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Michael Sinaga menilai HK massal karyawan startup bisa memiliki dampak sosial yang besar.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Jangan Lupa, Pencairan BSU Berakhir 20 Desember 2022

Kemenaker mengimbau masyarakat segera mengambil dana Bantuan Subsidi Upah karena batas akhir pengambilan BSU adalah 20 Desember 2022.

EKONOMI | 4 Desember 2022

Sosok Inspiratif Bidang Kesehatan Tampil di HUT Ke-65 Astra

Mengusung tema "Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama", HUT ke-65 Astra ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berbagi semangat positif dan optimisme. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

Omzet Naik hingga Rp 30 Juta berkat Alat Pengiris Kerupuk

Omzet usaha mikro di Desa Jaddih meningkat sekitar 66% setelah menggunakan alat pengiris kerupuk karya peneliti dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

EKONOMI | 3 Desember 2022

Kripto Dibahas di RUU P2SK, Pelaku Industri Soroti Biaya Transaksi

RUU P2SK berpengaruh terhadap pelaku industri kripto, karena memasukkan aset kripto sebagai bahasan yang akan diatur dalam RUU tersebut.

EKONOMI | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mey Chan Sebut Maia Estianty Tak Ambil Pusing Hinaan Pinkan Mambo

Mey Chan Sebut Maia Estianty Tak Ambil Pusing Hinaan Pinkan Mambo

LIFESTYLE | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE