Logo BeritaSatu

PMI Manufaktur RI Melambat, Pemerintah Jaga Pemulihan Ekonomi

Minggu, 3 Juli 2022 | 14:03 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com – Sektor manufaktur Indonesia pada Juni 2022 melanjutkan kinerja yang positif, meskipun sedikit melambat. Hal ini tercermin dari purchasing managers’ index atau PMI Manufaktur di bulan Juni yang masih berada pada zona ekspansif di level 50,2. Sebelumnya pada Mei 2022, PMI Manufaktur berada di level 50,8. Angka indeks di atas 50 ini diartikan mengalami ekspansi, sedangkan di bawah 50 berarti kontraksi.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyampaikan, ekspansi ini menunjukkan aktivitas produksi yang masih terus meningkat. Namun gejolak geopolitik serta perlambatan ekonomi dunia, khususnya di Tiongkok, mengganggu rantai pasok global dan menghambat laju ekspansi manufaktur Indonesia, yang juga dialami oleh sebagian besar negara di kawasan Asia, termasuk Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Advertisement

“Pemerintah akan terus memonitor dinamika dan prospek ekonomi global ke depan, serta memitigasi berbagai dampak yang mungkin timbul. Berbagai instrumen yang ada, termasuk APBN, akan dioptimalkan untuk meminimalisasi dampaknya pada perekonomian domestik. Dengan demikian, momentum pemulihan ekonomi nasional terjaga”, ujar Febrio Kacaribu dalam keterangannya, Minggu (3/7/2022).

Di sisi lain, meskipun sedikit meningkat, inflasi Juni 2022 masih terjaga di level 4,35% year on year. Febrio mengungkapkan, dibandingkan dengan banyak negara di dunia, inflasi Indonesia masih tergolong moderat. Laju inflasi di AS dan Uni Eropa terus mencatatkan rekor baru dalam 40 tahun terakhir, masing-masing mencapai 8,6% dan 8,8%. Demikian juga di sejumlah negara berkembang, seperti Argentina dan Turki, dengan laju inflasi masing-masing mencapai 60,7% dan 73,5%.

"Pemerintah, melalui instrumen APBN, berhasil meredam tingginya tekanan inflasi global, sehingga daya beli masyarakat serta momentum pemulihan ekonomi nasional masih tetap dapat dijaga,” lanjut Febrio.

Meskipun demikian, pemerintah akan terus memantau dan memitigasi berbagai faktor yang akan berpengaruh pada inflasi nasional, baik yang berasal dari eksternal maupun domestik. Inflasi Juni mengalami peningkatan yang terutama disebabkan oleh kenaikan harga pangan bergejolak (volatile food) yang signifikan mencapai 10,07% (yoy). Komoditas pangan yang meningkat meliputi cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah akibat curah hujan tinggi di wilayah sentra sehingga menimbulkan gagal panen dan terganggunya distribusi.

Sementara itu, inflasi inti Juni 2022 mengalami sedikit peningkatan menjadi 2,63% (Mei: 2,58%). Meningkatnya inflasi inti mencerminkan semakin menguatnya permintaan domestik. Inflasi harga diatur pemerintah (administered prices) juga mengalami peningkatan 5,33% (Mei 4,83%) setelah bergerak stabil di dua bulan sebelumnya yang terutama karena kenaikan tarif angkutan udara dan cukai hasil tembakau.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings