Logo BeritaSatu

Kolaborasi, Menhub Optimistis Sektor Penerbangan Akan Pulih

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:22 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimistis sektor penerbangan mampu menghadapi tantangan pemulihan di masa normal baru pascapandemi Covid-19. Hal itu dapat dicapai melalui kolaborasi yang baik antara berbagai pihak mulai pemerintah, pelaku usaha sektor penerbangan, investor, dan unsur terkait lainnya.

“Saya berharap semua pihak baik pemerintah, pelaku usaha, investor, dan unsur terkait lainnya dapat berperan aktif dan berkomunikasi secara terbuka membicarakan permasalahan yang dihadapi dan berkontribusi dalam penyelesaian masalahnya,” ujar Menhub Budi dalam webinar bertema “Recovery Plan Penerbangan di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Kamis (30/6/2022).

Advertisement

Menhub mengungkapkan, di tengah mulai bergeraknya kembali perekonomian pasca-melandainya kasus Covid-19 di Indonesia, seluruh operator sarana dan prasarana transportasi harus menyiapkan strategi sebagai langkah antisipasi menghadapi masa adaptasi baru pasca pandemi.

Sejumlah tantangan yang dihadapi industri penerbangan selain pandemi Covid-19 yakni meningkatnya harga bahan bakar dunia yang berimbas pada naiknya biaya operasional, dan adanya beberapa pesawat yang tidak aktif karena neraca keuangan maskapai yang tidak kondusif akibat dari kurangnya pengguna jasa transportasi di masa pandemi.

“Untuk itu, penting juga untuk diperhatikan adalah dukungan finansial bagi industri transportasi udara, yang saat ini mulai bangkit setelah hampir dua tahun terdampak pandemi," ujarnya.

Menhub berharap, Kadin dapat menjadi mitra pemerintah untuk membawa suatu ide yang baik bagi upaya pemulihan industri penerbangan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, seiring dengan pulihnya kesehatan dan ekonomi, industri penerbangan perlahan mulai bangkit. Sejumlah kebijakan yang ditetapkan juga turut mendorong percepatan pemulihan sektor penerbangan, di antaranya kebijakan pelonggaran syarat perjalanan dalam negeri dan internasional, serta sejumlah pelaksanaan event internasional yang diselenggarakan di Indonesia seperti Presidensi G-20.

“Hasilnya, industri penerbangan bangkit dan memimpin pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) di sektor transportasi. Tercatat adanya pertumbuhan sebesar 53,2% year on year pada kuartal pertama tahun 2022,” tuturnya.

Selain itu, Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat, jumlah penumpang angkutan udara domesti pada kuartal I 2022 mencapai 10,7 juta penumpang atau naik 55,5% secara year on year. Sementara, pada periode yang sama jumlah penumpang angkutan udara internasional tumbuh hingga 200% lebih.

Meski demikian, menurut Arsjad angka ini masih belum seperti kondisi sebelum pandemi. Untuk itu, diperlukan rencana pemulihan atau recovery plan yang baik, guna menjaga performa industri penerbangan agar bisa kembali meningkat seperti sebelum pandemi.

“Kadin akan terus berkomitmen dan berperan aktif mengembangkan industri penerbangan dan menjadi mitra strategis pemerintah dalam dunia usaha serta industri,” ujar Arsjad.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kurs Rupiah Terapresiasi 15 Poin ke Rp 14.860

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Selasa (9/8/2022), terpantau menguat ke Rp 14.860.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anabatic dan Sunline Percepat Transformasi Perbankan Digital

Kolaborasi Anabatic Digital dan Sunline akan menggabungkan kekuatan dan keahlian dalam hal teknologi keuangan, dan mendorong adopsi perbankan digital.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pasar Kripto Reli, Investor Kompak Jaga Harga Meski Dibayangi Inflasi AS

Harga bitcoin, ethereum, dan aset kripto utama lainnya melanjutkan reli pada Selasa (9/8/2022) pagi ini.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pertamina Hulu Rokan Serahkan POD CEOR I Minas ke SKK Migas

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) secara resmi mengajukan draf rencana pengembangan dari proyek CEOR I di Lap. Minas di WK Rokan, Riau.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Bursa Asia Bervariasi, Investor Tunggu Data Inflasi AS

Bursa Asia-Pasifik dibuka bervariasi. Pasar terus mencerna laporan pekerjaan AS minggu lalu yang hasilnya lebih baik dari ekspektasi pasar.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

Dalam 3 hari pelaksanaan, terhitung lebih dari 25.000 masyarakat hadir dan melakukan aktivasi BRIMo.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

IHSG Dibuka Menguat Lewati Level Psikologis 7.100

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,47% ke 7.120,2 pada awal perdagangan hari ini, Selasa (9/8/2022).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Ini 5 Altcoin yang Diproyeksi Untung dan Buntung Pekan Ini

Di awal bulan ini terdapat beberapa aset kripto yang bisa dijadikan rekomendasi. Salah satunya adalah alternative coin (altcoin).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pembangunan Rusun Pariwisata KEK Tanjung Lesung Rampung

Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung yang berdiri di atas lahan 2.950 meter persegi memiliki satu tower setinggi 3 lantai sebanyak 62 unit reguler.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Kematian Brigadir J, Presiden Jokowi: Usut Tuntas, Jangan Ragu-ragu

Kasus Kematian Brigadir J, Presiden Jokowi: Usut Tuntas, Jangan Ragu-ragu

BOLA | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings