Logo BeritaSatu

OJK Dorong BPR/BPRS Lebih Inovatif agar Makin Diterima Pasar

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:57 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Bank Pembiayaan Rakyat (BPR) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) untuk secepatnya melakukan inovasi agar tetap eksis. Pendekatan kolaborasi termasuk dukungan regulasi dipercaya dapat menjawab kebutuhan pasar.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK terpilih 2022-2027 Dian Ediana Rae menyampaikan, BPR/BPRS memang perlu secepatnya melakukan inovasi agar dapat berkompetisi dalam melayani kepentingan ekonomi kecil dan UMKM. Di samping persaingan dengan bank konvensional, BPR/BPRS juga mesti menghadapi shadow banking melalui fintech dengan regulasi yang lebih longgar dan kompetitif.

Advertisement

"Tantangannya adalah bagaimana niche product and market yang dipegang BPR/BPRS yang dapat melakukan penetrasi pasar sehingga dapat bertumbuh dengan baik. Harapannya BPR/BPRS dapat menjadi lembaga yang agile, adaptive, contributive, dan resilient dalam kontribusi dalam pengembangan UMKM di daerah masing-masing," kata Dian dalam keterangan resmi, Kamis (30/6).

Pada awal 2021, Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Panduan Kerjasama BPR dan Fintech Lending. Panduan itu menjadi acuan bersama dalam membangun kolaborasi di antara keduanya.

Selain panduan tersebut, OJK juga mengeluarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 25/03/2021 tentang Penyelenggaraan Produk BPR/BPRS. Regulasi baru bertujuan menjadi landasan dan jaminan kepastian hukum bagi BPR/BPRS mencapai level of playing field di dalam industri jasa keuangan ke depan.

Bagi sebagian pihak, POJK 25 tersebut dinilai akomodatif sehingga dapat meningkatkan persaingan usaha dan service level dari setiap BPR/BPRS. BPR maupun BPRS tidak lagi dinilai dari klasifikasi BPRKU (BPR Berdasarkan Kegiatan Usaha) tapi diberi kesempatan yang sama tergantung pada kecukupan modal, cara penilaiannya, dan penerapan manajemen risiko.

Ketua Umum Kompartemen BPRS Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Cahyo Kartiko, saat ini BPR/BPRS memiliki tantangan utama untuk terus tumbuh di tengah persaingan ketat. Tantangan yang dimaksud misalnya konsentrasi pendanaan dan bagi hasil tinggi, pemilihan portofolio pembiayaan berisiko tinggi, model bisnis kurang jelas, dan masih menggunakan teknologi sederhana.

"Transformasi digital merupakan kondisi yang tidak dapat dihindari oleh industri termasuk industri BPR Syariah. Dengan adanya sinergi dan kolaborasi serta dukungan penuh dari otoritas, maka kebutuhan pasar akan transaksi digital oleh BPR Syariah akan lebih cepat terpenuhi," jelas Cahyo.

Meski dihadapkan berbagai tantangan selama pandemi, BPR/BPRS masih mampu mencatatkan pertumbuhan positif. Per September 2021, total aset BPR/BPRS tumbuh 8,90% (yoy), penyaluran kredit tumbuh 4,33% (yoy), dan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 11,27% (yoy).


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kurs Rupiah Terapresiasi 15 Poin ke Rp 14.860

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Selasa (9/8/2022), terpantau menguat ke Rp 14.860.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anabatic dan Sunline Percepat Transformasi Perbankan Digital

Kolaborasi Anabatic Digital dan Sunline akan menggabungkan kekuatan dan keahlian dalam hal teknologi keuangan, dan mendorong adopsi perbankan digital.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pasar Kripto Reli, Investor Kompak Jaga Harga Meski Dibayangi Inflasi AS

Harga bitcoin, ethereum, dan aset kripto utama lainnya melanjutkan reli pada Selasa (9/8/2022) pagi ini.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pertamina Hulu Rokan Serahkan POD CEOR I Minas ke SKK Migas

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) secara resmi mengajukan draf rencana pengembangan dari proyek CEOR I di Lap. Minas di WK Rokan, Riau.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Bursa Asia Bervariasi, Investor Tunggu Data Inflasi AS

Bursa Asia-Pasifik dibuka bervariasi. Pasar terus mencerna laporan pekerjaan AS minggu lalu yang hasilnya lebih baik dari ekspektasi pasar.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

Dalam 3 hari pelaksanaan, terhitung lebih dari 25.000 masyarakat hadir dan melakukan aktivasi BRIMo.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

IHSG Dibuka Menguat Lewati Level Psikologis 7.100

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,47% ke 7.120,2 pada awal perdagangan hari ini, Selasa (9/8/2022).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Ini 5 Altcoin yang Diproyeksi Untung dan Buntung Pekan Ini

Di awal bulan ini terdapat beberapa aset kripto yang bisa dijadikan rekomendasi. Salah satunya adalah alternative coin (altcoin).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pembangunan Rusun Pariwisata KEK Tanjung Lesung Rampung

Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung yang berdiri di atas lahan 2.950 meter persegi memiliki satu tower setinggi 3 lantai sebanyak 62 unit reguler.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Taiwan Gelar Latihan Militer Simulasikan Kondisi dari Invasi Tiongkok

Taiwan Gelar Latihan Militer Simulasikan Kondisi dari Invasi Tiongkok

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings