Logo BeritaSatu

Jakarta Timur Dinilai Potensial untuk Investasi Properti

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:22 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Infrastruktur yang lengkap di kawasan Jakarta Timur, berpotensi besar bagi pengembang perumahan untuk mengembangkan proyeknya. Meski perkembangan tata kotanya tidak secepat wilayah lain di Jakarta, wilayah administrasi ini justru memiliki potensi investasi properti yang sangat tinggi.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Ruang Kota Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta (DCKTRP) Merry Morfosa mengatakan, selain siap bertransformasi menjadi kawasan hunian potensial baru di Jakarta Timur, kawasan ini juga sedang dirancang sebagai kota administrasi yang prospektif untuk perkembangan properti.

Advertisement

"Saat ini kami masih menunggu penerapan Rancangan Peraturan Gubernur tentang penataan kota, terutama kawasan hunian. Ada sejumlah kebijakan baru yang perlu diketahui para developer terkait Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Aturan main yang digulirkan pastinya menjadikan Jakarta Timur sebagai kawasan perkotaan yang lebih baik dari sebelumnya,” ujar Merry dalam acara diskusi di Synthesis Huis, Jakarta Timur, Kamis (30/6/2022).

Merry menjelaskan, wilayah Jakarta Timur itu memang didominasi oleh fungsi hunian. Pihaknya juga telah mengatur berbagai rancangan tata kota terkait kawasan hunian, baik untuk rumah tapak, rumah flat maupun rumah susun, termasuk juga pengembangan real estate.

"Pemecahan kavlingnya minimal 60 meter persegi, tidak boleh lebih kecil dari luas itu. Izin untuk membangun rumah tinggal juga sudah kami diterapkan sampai empat lantai,” jelasnya.

Khusus di wilayah Cijantung Kecamatan Pasar Rebo, kata Merry, pihaknya telah merancang sebagai fungsi hunian. "Untuk potensial perkembangan properti, kami juga telah menyusun zona dan sub zona sesuai Rancangan Peraturan Gubernur, rencana pola ruang RDTR, rencana struktur ruang, serta peraturan zonasi,” imbuhnya.

Bukan hanya itu, menurut Merry, DCKTRP Provinsi DKI Jakarta juga telah membuat ketentuan dan penggunaan lahan (untuk kegiatan hunian), termasuk ketentuan intensitas pemanfaatan ruang (pada zona perumahan), ketentuan tata bangunan dan prasarana minimal, ketentuan kegiatan hunian, persyaratan dasar perizinan berusaha dan kewajiban pembangunan.

Sementara, Pakar Tata Kota Yayat Supriatna mengatakan, pengembangan wilayah Jakarta Timur, itu telah didorong sentra ekonomi baru, apalagi dengan terbangunnya jaringan transportasi massal. Salah satu yang menjadi daya tarik utama Jakarta Timur adalah terbentuknya simpul layanan transportasi besar yaitu LRT Cawang yang terintegrasi dengan kereta api cepat, dan terintegrasi dengan LRT Jabodetabek.

“Kawasan hunian akan mudah tumbuh dan berkembang cepat dengan didukung oleh jaringan infrastruktur, transportasi publik dan menjamurnya pusat-pusat kegiatan ekonomi. Pusat permukiman yang diminati konsumen adalah kawasan hunian yang mudah diakses. Begitu pula kehadiran beragam fasilitas umum sebagai pendukung yang kuat bagi sebuah kawasan,” paparnya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kurs Rupiah Terapresiasi 15 Poin ke Rp 14.860

Kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pagi hari ini, Selasa (9/8/2022), terpantau menguat ke Rp 14.860.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anabatic dan Sunline Percepat Transformasi Perbankan Digital

Kolaborasi Anabatic Digital dan Sunline akan menggabungkan kekuatan dan keahlian dalam hal teknologi keuangan, dan mendorong adopsi perbankan digital.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pasar Kripto Reli, Investor Kompak Jaga Harga Meski Dibayangi Inflasi AS

Harga bitcoin, ethereum, dan aset kripto utama lainnya melanjutkan reli pada Selasa (9/8/2022) pagi ini.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pertamina Hulu Rokan Serahkan POD CEOR I Minas ke SKK Migas

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) secara resmi mengajukan draf rencana pengembangan dari proyek CEOR I di Lap. Minas di WK Rokan, Riau.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Bursa Asia Bervariasi, Investor Tunggu Data Inflasi AS

Bursa Asia-Pasifik dibuka bervariasi. Pasar terus mencerna laporan pekerjaan AS minggu lalu yang hasilnya lebih baik dari ekspektasi pasar.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

Dalam 3 hari pelaksanaan, terhitung lebih dari 25.000 masyarakat hadir dan melakukan aktivasi BRIMo.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

IHSG Dibuka Menguat Lewati Level Psikologis 7.100

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,47% ke 7.120,2 pada awal perdagangan hari ini, Selasa (9/8/2022).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Ini 5 Altcoin yang Diproyeksi Untung dan Buntung Pekan Ini

Di awal bulan ini terdapat beberapa aset kripto yang bisa dijadikan rekomendasi. Salah satunya adalah alternative coin (altcoin).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pembangunan Rusun Pariwisata KEK Tanjung Lesung Rampung

Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung yang berdiri di atas lahan 2.950 meter persegi memiliki satu tower setinggi 3 lantai sebanyak 62 unit reguler.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Resmikan Pelabuhan Terbesar di Pulau Kalimantan

Jokowi Resmikan Pelabuhan Terbesar di Pulau Kalimantan

NEWS | 5 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings