Logo BeritaSatu

Terpencil Tak Harus Tertinggal, Pahitnya Senggani jadi Manisnya Kampung Kopi

Kamis, 30 Juni 2022 | 10:34 WIB
Oleh : Rachman Pratama / FMB

Banjarnegara, Beritasatu.com – Terpencil tak harus tertinggal adalah prinsip yang dipegang teguh oleh warga Desa Pegundungan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 1.304 mdpl (meter di atas permukaan laut), Desa ini dihuni 475 KK (kepala keluarga) yang tersebar di tiga dusun yaitu Pegundungan, Simpar dan Srandil. Untuk menuju Pegundungan harus melewati jalan berkelok dengan tanjakan yang terjal dan turunan yang curam. Bahkan di beberapa titik, jalan masih rusak dan berupa makadam. Karena cukup terpencil, Desa Pegundungan dahulu juga dianggap sebagai desa terbelakang di Banjarnegara.

“Desa kami dulu sering di-bully, dikatain sebagai desa kumuh, kalau ada anak kecil yang tidak mandi kemudian disebut sebagai anak Pegundungan. Seolah tidak percaya kalau ada anak Pegundungan yang sekolahnya tinggi atau yang berparas cantik dan tampan,” ungkap Kepala Desa, Murti (44) saat ditemui di rumahnya di dusun Pegundungan sambil tertawa (28/06/2022).

Advertisement

Cerita mengenai keterpurukan desa yang terletak di dataran tinggi Dieng ini perlahan mulai berubah. Kebangkitan Desa diawali tahun 2012 saat Pegundungan mendapatkan bantuan 300 bibit tanaman kopi jenis arabica dari PT Indonesia Power Unit Pembangkitan (UP) Mrica. Namun saat itu, perjuangan juga tidak mudah dilakukan.

“Dulu waktu diberi bantuan ratusan bibit kopi, 99% warga di sini menolak tidak mau tanam, karena kalau tanam kopi, nanti mau makan apa. Warga sudah terbiasa menanam sayur, yang hasilnya bisa dijual cepat dan bisa untuk makan sehari-hari. Tapi setelah saya tanam, 2 tahun panen, ternyata hasilnya bagus, 1 kilogram biji kopi kering dulu laku Rp 80.000,” tambah Murti.

Kisah sukses Murti menanam kopi akhirnya diikuti oleh warga. Mulai tahun 2014 sebagian besar warga Desa Pegundungan akhirnya ikut menanam kopi. Kini rata-rata per tahun produktivitas kopi dari Pegundungan mencapai 3.5 ton dan di-supply ke berbagai kafe yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan, kopi gunung dari Pegundungan yang diberi nama kopi Senggani ini, telah lolos uji di Amerika Serikat.

“Kami namai Senggani, yang artinya kluruk atau menggugah dan kopi ini telah lolos uji di Amerika. Harganya sekarang bisa mencapai Rp 90.000 – Rp 130.000/kg. Rencananya bulan September nanti seorang pembeli dari Amerika akan datang ke Pegundungan untuk melihat langsung proses panen dan pengolahannya,” terang Murti sambil bersemangat.

Terpencil Tak Harus Tertinggal, Pahitnya Senggani jadi Manisnya Kampung Kopi
Kopi Senggani yang dibuat warga Desa Pegundungan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sore Ini, Polri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J

Sore Ini, Polri Umumkan Tersangka Baru Kasus Brigadir J

NEWS | 29 detik yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings