Logo BeritaSatu

Kadin Jatim Cetak Konsultan Vokasi di 38 Kabupaten/Kota

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:06 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) bekerja sama dengan IHK Trier Jerman akan mencetak konsultan vokasi di setiap kabupaten dan kota di seluruh Jawa Timur, guna mendukung program pemagangan atau pendidikan vokasi sistem ganda.

"Kami akan siapkan konsultan vokasi di setiap Kadin Kabupaten dan Kota. Ini juga untuk menyongsong berlakunya Perpres Nomor 68/2022 yang memberikan mandat kepada Kadin sebagai salah satu lembaga yang memiliki peran cukup besar dalam pelaksanaan pendidikan vokasi di Indonesia," kata Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto, Minggu (26/6/2022).

Advertisement

Sebelumnya, Kadin Jatim dan IHK Trier Jerman telah menggelar workshop bersama seluruh Kadin Kabupaten dan Kota di Graha Kadin Jatim pada Kamis 23 Juni 2022. Workshop ini ditujukan untuk menentukan kriteria dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh seorang konsultan vokasi.

Sejauh ini, kata Adik, di Indonesia masih belum ada profesi konsultan vokasi yang bisa membantu pelaksanaan program pendidikan vokasi tersebut. Sementara di Jerman, konsultan vokasi memegang peran penting dalam pelaksanaan pendidikan vokasi.

"Workshop yang kami laksanakan ini terkait dengan konsep konsultan vokasi, diantaranya bagaimana kompetensinya dan apa saja yang harus dilakukan dan tugas yang harus diemban. Kadin bersama IHK Trier Jerman juga akan membuat buku panduan tentang konsultan vokasi dan juga tentang rumah vokasi," ujarnya.

Adik mengatakan, Kadin Jatim menargetkan setidikinya ada sekitar tiga konsultan vokasi di setiap Kadin Kabupaten dan Kota yang bertugas untuk membantu suksesnya program pendidikan vokasi di daerah masing-masing. Adapun tugas yang harus dilaksanakan konsultan vokasi, di antaranya adalah melakukan sosialisasi program pendidikan vokasi di setiap industri dan sekolah.

Seorang konsultan vokasi juga dituntut untuk mampu menyingkronkan kurikulum serta mengharmonisasikan dunia pendidikan dengan dunia usaha agar lulusan yang dikeluarkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri.

"Target kami minggu depan akan mulai membuat buku panduan sehingga pertengahan bulan depan sudah bisa mulai melakukan rekrutmen konsultan vokasi," katanya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rumah Tapak dan Apartemen Laris, Pendapatan LPCK Naik 16,9%

PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) membukukan peningkatan pendapatan sebesar 16,9% menjadi Rp 765 miliar sepanjang semester I 2022.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bursa Asia Bervariasi, Investor Tunggu Data Inflasi AS

Bursa Asia Bervariasi, Investor Tunggu Data Inflasi AS

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings