Logo BeritaSatu

Pelaku Industri Blockchain Sambut Baik Arahan Pemerintah soal Metaverse

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:13 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com – Pelaku industri bidang blockchain menyambut baik respons pemerintah yang positif terkait potensi metaverse.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan respons yang positif terkait potensi metaverse. Menurutnya, potensi metaverse di Indonesia cukup besar untuk bisa meningkatkan peluang aktivitas usaha sehingga bisa membuka lapangan kerja baru meskipun harus digarap dengan hati-hati.

Advertisement

Perkembangan teknologi di dunia terjadi sangat masif salah satunya mengenai perkembangan metaverse. Teknologi metaverse semakin populer di akhir 2021, terlebih setelah perusahaan raksasa di bidang teknologi yaitu Facebook berganti nama menjadi Meta. Tidak hanya perusahaan, negara juga memanfaatkan teknologi metaverse untuk keperluan pemerintahan seperti yang dilakukan oleh negara Barbados.

Salah satu pelaku di industri blockchain dan kripto di Indonesia, Oscar Darmawan yang juga CEO Indodax menyambut baik hal tersebut. Sebagai salah satu pelaku industri, Oscar merasa bahwa perkembangan metaverse menjadi isu penting yang tentu akan memberikan peluang kemajuan teknologi untuk Indonesia nantinya.

“Kami siap memanfaatkan peluang ini. Ada banyak hal yang siap kami lakukan untuk menyambut baik. Salah satunya, mengedukasi mengenai blockchain sebagai teknologi yang men-support hal tersebut dan tentunya edukasi mengenai metaverse,” jelas Oscar Darmawan.

Sebagai pendiri platform crypto exchange asli Indonesia, Oscar juga yakin, developer blockchain lainnya juga siap untuk kembangkan metaverse sesuai arahan pemerintah. Dia juga berharap agar pemerintah menentukan road map dan stimulus lainnya.

“Kami siap untuk berkolaborasi dengan pihak manapun untuk membangun, mengembangkan dan mengokohkan ekosistem ini. Indodax mendukung dengan memberikan edukasi kepada masyarakat awam seperti apa yang sudah Indodax lakukan selama ini. Kami juga berharap pemerintah bisa sama sama berkolaborasi dan mendukung terlaksananya hal ini dengan memberikan regulasi yang jelas, serta dukungan infrastruktur yang memadai,” tutup Oscar.

Oscar pun menambahkan bahwa blockchain, seperti metaverse dan NFT memang hal yang sudah lumrah di masyarakat. Namun akan sangat disayangkan apabila masyarakat hanya mengenal kripto ataupun NFT saja dikarenakan hype-nya yang memang terjadi baru baru ini.

Padahal dunia kripto ini sangat luas. Masyarakat bisa mengenal teknologi blockchain yang mendukung aktivitas perdagangan kripto, NFT, Metaverse, DeFi yang tentu akan memberikan banyak sekali dampak positif jika dieksplor dan dikembangkan lebih jauh lagi. Sebagaimana yang diketahui, metaverse adalah sebuah teknologi baru yang bisa mengantarkan orang ke dalam dunia virtual. Ini tentu memudahkan banyak orang dan industri, terutama industri kreatif.

“Karena memang, metaverse ini akan memiliki use case yang bisa berguna untuk berbagai macam industri meskipun saat ini, use case metaverse yang terkenal baru sebatas di bidang gaming,” tutup Oscar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rumah Tapak dan Apartemen Laris, Pendapatan LPCK Naik 16,9%

PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) membukukan peningkatan pendapatan sebesar 16,9% menjadi Rp 765 miliar sepanjang semester I 2022.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

Hikmahbudhi Dukung Polda Terkait Penetapan Tersangka Roy Suryo

NEWS | 6 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings