Logo BeritaSatu

Penyaluran Fintech Lending Tembus Rp 40 Triliun Per Mei 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 18:22 WIB
Oleh : Prisma Ardianto / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Industri fintech p2p lending mencatatkan outstanding pinjaman mencapai Rp 40,2 triliun per Mei 2022, atau meningkat 85% secara year on year (yoy). Fintech lending terus berupaya memperluas akses pinjaman ke ke wilayah Indonesia Timur.

Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tris Yulianta menyampaikan bahwa kini fintech lending dalam kurun lima tahun terakhir telah tumbuh signifikan seiring sambutan baik dari masyarakat. Hingga Mei 2022, total akumulasi penyaluran pinjaman telah mencapai Rp 380 triliun, diberikan kepada lebih dari 83 juta rekening penerima pinjaman atau borrower.

Advertisement

"Jumlah outstanding pinjaman saat ini posisi Mei 2022 sebesar Rp 40,2 triliun, ini terus meningkat 85% year on year. Di sini tampak dengan jelas bahwa kehadiran fintech p2p lending sangat diharapkan dan ditunggu oleh masyarakat sepenuhnya," kata Tris di acara Fintech Lending Days, akhir pekan lalu.

Khusus untuk penyaluran kepada UMKM (usaha mikro kecil dan menengah), fintech lending telah menyalurkan pinjaman sebanyak Rp 42,3 triliun sepanjang tahun 2022 sampai saat ini. Tris bilang, telah terjadi pergerakan penyaluran ke sektor produktif dari sebelumnya yang lebih banyak dalam bentuk pinjaman konsumtif atau cash loan.

Dia menerangkan, UMKM di Indonesia mampu menyerap 120 juta tenaga kerja atau 97% total tenaga kerja di Indonesia. UMKM bisa memperluas lapangan pekerjaan jika mereka terus didukung untuk bertumbuh. Apalagi jika mamandang kontribusi UMKM yang menyumbang 60,51% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan pangsa ekspor sebesar 15,65% dari total ekspor non migas.

"Besarnya peran UMKM memerlukan perhatian bersama dari seluruh stakeholders, hal ini dikarenakan tumbuh kembangnya perekonomian Indonesia sangat bergantung pada tumbuh kembangnya UMKM kita. UMKM juga telah menjadi bukti tulang punggung ekonomi Indonesia dalam menghadapi berbagai masa krisis ekonomi," ungkapnya.

Menurut kajian bersama OJK dengan Boston Consulting Group tahun 2020, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif kepada UMKM. Namun demikian, UMKM turut menjadi penyelamat perekonomian dari krisis ekonomi atas dampak Covid-19 tersebut.

Terlepas dari kontribusi UMKM, kata Tris, akselerasi adopsi digital dari UMKM mesti terus digenjot. Data Kemenkominfo menyatakan, adopsi digital memang meningkat dari sebelum pandemi sebanyak 7 juta UMKM menjadi saat ini sebanyak 17 juta UMKM. Akselerasi seharusnya bisa diteruskan seiring dengan membaiknya situasi pandemi.

"Sebagai alternatif sumber pendanaan bagi UMKM, OJK berkomitmen memberi dukungan penuh dalam pengembangan inovasi di industri jasa keuangan, khususnya terkait industri fintech lending dan ekosistemnya. Apalagi fintech lending hadir untuk mengembangkan UMKM," beber Tris.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

Cuaca Jakarta: Sebagian Wilayah Bakal Diguyur Hujan

NEWS | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings