Logo BeritaSatu

SIG Gandeng Jamdatun Tingkatkan Efektivitas Penanganan Hukum

Minggu, 26 Juni 2022 | 16:45 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Group (SIG) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) Kejaksaan Agung (Kejagung) tentang penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara (TUN). Penandatanganan dilakukan Direktur Utama SIG, Donny Arsal dengan Jamdatun Feri Wibisono di Jakarta, belum lama ini.

Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Donny Arsal menjelaskan, kerja sama meliputi pemberian bantuan hukum oleh Kejagung sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam perkara perdata maupun TUN, pemberian pertimbangan hukum oleh JPN dengan memberikan pendapat hukum (legal opinion), pendampingan hukum (legal assistance) dan audit hukum (legal audit).

Advertisement

"Selain itu pemberian layanan hukum oleh JPN dalam rangka menyelamatkan dan memulihkan keuangan/kekayaan negara serta menegakkan kewibawaan pemerintah melalui negosiasi, mediasi dan fasilitasi," kata Donny dalam keterangan tertulisnya Minggu (26/6/2022).

Kerja sama kata dia, juga dalam bentuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) termasuk melalui pelatihan bersama di dalam dan di luar negeri, sosialisasi, magang dan penyediaan narasumber serta kerja sama lain dalam rangka mitigasi risiko hukum, termasuk pencegahan tindak pidana korupsi.

Dia mengatakan kolaborasi ini bertujuan meningkatkan efektivitas penanganan dan penyelesaian masalah hukum dalam bidang perdata dan TUN baik di dalam maupun di luar pengadilan yang dihadapi SIG. "Sejalan kondisi perusahaan yang terus berkembang, permasalahan yang akan dihadapi semakin kompleks dan beragam, sehingga SIG berinisiatif menjalin kerja sama dengan Kejagung," kata Donny.

Donny Arsal menyampaikan bahwa Jamdatun dapat memberikan gambaran kepada SIG terhadap batasan-batasan dalam undang-undang, Peraturan Pemerintah dan peraturan lainnya, dalam kaitannya dengan situasi pada saat perseroan mengambil keputusan dan pasca-diambil keputusan menjadi berbeda dan menyebabkan kerugian.

“Adakalanya direksi perlu mengambil tindakan yang relatif spekulatif demi menyelamatkan kelangsungan hidup perusahaan. Namun sebelum mengambil suatu keputusan bisnis (business decision), direksi wajib memperhatikan unsur-unsur business judgment rule yang terdapat dalam peraturan perundangan sebagai dasar pertimbangan (business judgement) dalam pengambilan keputusan bisnis (business decision)," kata Donny Arsal.

Sementara itu Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Feri Wibisono mengatakan, Kejagung bangga dapat menjalin kerja sama terkait pemanfaatan layanan Kantor Pengacara Negara (KPN). Layanan dari kantor pengacara negara bisa membantu menyelesaikan masalah legal, planning dan pengambilan keputusan atau saat menghadapi masalah hukum yang terjadi.

Menurutnya, ada beberapa strength yang layak dipertimbangkan oleh para stakeholders. Pertama, Jamdatun memiliki layanan yang berbeda dari law firm. “Seringkali beberapa stakeholders BUMN, sudah didampingi oleh lawyer terkait kontrak law, pada saat kami lakukan pendampingan, kami menemukan banyak kekurangan kemudian kami memberikan masukan yang strategis untuk kepentingan proteksi stakeholder BUMN itu,” ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

Dalam 3 hari pelaksanaan, terhitung lebih dari 25.000 masyarakat hadir dan melakukan aktivasi BRIMo.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

IHSG Dibuka Menguat Lewati Level Psikologis 7.100

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,47% ke 7.120,2 pada awal perdagangan hari ini, Selasa (9/8/2022).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Ini 5 Altcoin yang Diproyeksi Untung dan Buntung Pekan Ini

Di awal bulan ini terdapat beberapa aset kripto yang bisa dijadikan rekomendasi. Salah satunya adalah alternative coin (altcoin).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pembangunan Rusun Pariwisata KEK Tanjung Lesung Rampung

Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung yang berdiri di atas lahan 2.950 meter persegi memiliki satu tower setinggi 3 lantai sebanyak 62 unit reguler.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

Pesta Rakyat Simpedes Karawang, 25.000 Orang Aktivasi BRIMo

EKONOMI | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings