Logo BeritaSatu

Beban APBN Berat, Pembatasan Pertalite Sudah Tepat?

Minggu, 26 Juni 2022 | 06:56 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Rencana pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite menguat. Sontak masyarakat gusar atas wacana tersebut mengingat Pertalite merupakan jenis BBM yang paling banyak dikonsumsi konsumen. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, saat ini porsi konsumsi Pertalite hampir 80% di antara jenis BBM lainnya seperti Pertamax atau Pertamax Turbo

Di tengah beratnya beban subsidi energi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kebijakan mana yang lebih tepat, pembatasan pembelian Pertalite atau menaikkan harga?

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rakernas PDIP beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa harga solar subsidi Rp 5.150 dan Pertalite yang dibanderol Rp 7.650 per liter bukan merupakan harga sebenarnya. Pemerintah memberi kompensasi ratusan triliun kepada PT Pertamina (Persero) untuk menahan BBM jenis BBM tertentu (JBT) dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) ini agar terjangkau masyarakat.

Harga BBM di Indonesia menjadi sebagai salah satu yang termurah di dunia. Harga BBM Indonesia dibandingkan di ASEAN, hanya tercatat lebih tinggi dibandingkan Malaysia karena pemerintah negara itu memberlakukan subsidi BBM cukup besar.

Sebagai gambaran, Harga BBM di Singapura mencapai Rp 31.000-an per liter, Thailand Rp 20.000-an per liter, Filipina Rp 20.828 per liter, Vietnam Rp18.647 per liter, dan Kamboja Rp 20.521 per liter. Adapun Malaysia menetapkan Rp 6.965 per liter. Sementara dibanding negara lan dunia Amerika kurang lebih Rp 18.000 per liter serta Jerman mencapai Rp 31.000 per liter.

"Kita masih Rp 7.650. Tapi ini yang harus kita ingat subsidi kita besar sekali. Bisa dipakai untuk membangun Ibu Kota satu," ungkap Jokowi.

Sementara harga solar subsidi dipertahankan sebesar Rp 5.150 per liter, jauh lebih rendah misalnya di negara tetangga seperti Filipina sudah di kisaran Rp 20.800 per liter.

Beban APBN Berat, Pembatasan Pertalite Sudah Tepat?
Grafis perbandingan harga BBM di Indonesia dan negara lain.

Harga keekonomian BBM yang mengakomodasi semua variabel pembentuk harga bisa berlainan pada masing-masing negara. Hal ini disebabkan perbedaan pada biaya pengolahan, biaya bahan baku, biaya distribusi, biaya penyimpanan, margin usaha, dan pajak.

Sebagai gambaran, harga BBM Indonesia menggunakan rujukan Permen ESDM No.20/2021 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Harga BBM dihitung menggunakan formula biaya perolehan (bahan baku & pengolahan) + biaya distribusi + biaya penyimpanan + margin usaha + PPN + PBBKB.

Dengan skema di atas dan kondisi harga minyak dunia, sejatinya harga Pertalite bisa mencapai Rp 12.150-an. Bandingkan dengan harga yang diterima konsumen saat ini yakni Rp 7.650 per liter. Artinya pemerintah menggelontorkan subsidi sekitar Rp 4.000-Rp 5.000 per liter. Sementara harga Solar seharusnya di kisaran Rp 7.800 per liter dari harga beli masyarakat saat ini sebesar Rp 5.150 per liter.

Beban APBN Berat, Pembatasan Pertalite Sudah Tepat?
Grafis harga keekonomian BBM.


hal 1 dari 4 halaman

Halaman: 1234selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

IHSG Dibuka Menguat Lewati Level Psikologi 7.100

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,47% ke 7.120,2 pada awal perdagangan hari ini, Selasa (9/8/2022).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Ini 5 Altcoin yang Diproyeksi Untung dan Buntung Pekan Ini

Di awal bulan ini terdapat beberapa aset kripto yang bisa dijadikan rekomendasi. Salah satunya adalah alternative coin (altcoin).

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Pembangunan Rusun Pariwisata KEK Tanjung Lesung Rampung

Rusun Banten West Java TDC KEK Tanjung Lesung yang berdiri di atas lahan 2.950 meter persegi memiliki satu tower setinggi 3 lantai sebanyak 62 unit reguler.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Anak Usaha Axio Raih Kontrak Baru Rp 100 Miliar dari TNI AD

PT Internet Pratama Indonesia (IPI), entitas anak usaha PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) mendapat kontrak cyber security dari Pusat Sandi dan Siber TNI AD.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Resmikan Pelabuhan Terbesar di Pulau Kalimantan

Jokowi Resmikan Pelabuhan Terbesar di Pulau Kalimantan

NEWS | 4 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings