Logo BeritaSatu

Paulus Waterpauw Akan Buat Pergub Produk Lokal Asli Papua

Minggu, 19 Juni 2022 | 20:20 WIB
Oleh : Edy Musahidin / CAR

Manokwari, Beritasatu.com – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw berjanji akan membuat peraturan gubernur (pergub) terkait produk lokal asli Papua. Paulus mengatakan diperlukan tindakan nyata agar produk lokal dapat dibeli oleh masyarakat.

“Sekarang ini menjadi harapan besar Pak Presiden untuk kita pemerintah daerah itu harus melihat dengan sungguh tentang pertumbuhan dari UMKM. Saya akan buat peraturan gubernur terkait produk lokal orang asli Papua,” kata Paulus saat event W-20, beberapa waktu lalu.

Advertisement

Side event Y-20 yang digelar di Papua Barat memberi energi positif gerakan pertumbuhan ekonomi kreatif bagi kalangan pemuda. Hal itu tentu sejalan dengan program prioritas Paulus Waterpauw menindaklanjuti pesan Presiden Joko Widodo dengan memberikan perhatian kepada pelaku usaha.

“Kewajiban bagi kami untuk berkolaborasi bersama. Yang penting mengupayakan mutu dari produk lokal itu sendiri. Sebagai penjabat gubernur memaknai kebijakan negara dan dorongan moral kepada pelaku usaha. Biarkan mereka tumbuh,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar usai pembukaan Y-20 di Manokwari, Sabtu (18/6/2022). Billy mengatakan gerakan ekonomi kreatif di Papua dan Papua Barat baru berjalan beberapa tahun terakhir. Ini bukan menjadi ketidakmampuan, melainkan kurangnya akses pemasaran.

“Bukan anak Papua tidak bisa, tetapi tidak tahu akses akses untuk menjual, bagaimana jejaring dengan teman-teman dari luar. Event malam ini bagaimana anak-anak Papua dengan percaya diri bisa berinteraksi dengan berbagai daerah dan internasional,” kata Billy Mambrasar.

Billy mengatakan kehadiran Y-20 turut membuka jalan pengembangan produk yang nantinya dipasarkan di luar Papua, sembari mempromosikan potensi Papua secara nasional maupun Internasional.

Billy berharap langkah tersebut harus disambut baik pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi. Selain itu, berkaitan adanya penganggaran otonomi khusus maupun APBD, terdapat prioritas penganggaran pada sektor-sektor ekonomi kreatif.

“Jadi, saya berharap sekali pemda kedua provinsi Papua Barat dan Papua kabupaten/kota agar memperhatikan kemampuan anak Papua. Mereka punya kemampuan, mereka punya talenta dan produksi yang telah terbaik, apabila pemda tidak memberikan akses permodalan, pasar, pelatihan dan pendampingan makan ini tidak akan terwujud. Mimpi mereka berada di level nasional hingga internasional,” kata Billy.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Harga Minyak Mentah Naik Hampir 2%, tetapi Masih "Murah"

Harga minyak mentah dunia naik cukup signifikan pada hari Senin (8/8/2022) karena data ekonomi positif dari Tiongkok dan Amerika Serikat

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kekhawatiran Resesi Mereda, Wall Street Ditutup Melemah

Wall Street melemah pada hari Senin (8/8/2022) karena kekhawatiran permintaan industri semikonduktor membebani sektor teknologi.

EKONOMI | 9 Agustus 2022

Kreasi Prima Nusantara Bangun Perumahan MBR di Bandung Barat

PT Kreasi Prima Nusantara (Kreasi Prima Land) kembali melanjutkan pengembangan hunian layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rivan Sebut Akhlak Award Pacu Semangat Insan Jasa Raharja

"Penghargaan ini menjadi saksi semangat insan Jasa Raharja menggelorakan core values Akhlak untuk menjaga perusahaan tetap tumbuh berkelanjutan" kata Rivan.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Modernland Realty Topping Off Cleon Park Apartment di JGC

PT Modernland Realty Tbk menargetkan Cleon Park Apartment mulai diserahterimakan secara bertahap kepada konsumen pada Desember 2023 mendatang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

PTPP Mulai Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon-Semarang

PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, memulai pembangunan proyek pipa transimisi gas bumi Cirebon-Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang-Batang.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Pengamat Sebut Harga Pertalite Bisa Turun, Ini Alasannya

Bantah subsidi bahan bakar minyak (BBM) di Malaysia lebih besar dari Indonesia, Bambang Haryo menilai harga Pertalite masih bisa turun.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Petani Sarang Burung Walet Minta Tambahan Kuota Ekspor

Perkumpulan Petani Sarang Walet Nusantara (PPSWN) mempertanyakan belum disetujuinya pengajuan penambahan kuota ekspor sarang burung walet.

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Kemenhub Terbitkan Aturan Terbaru Biaya Tarif Ojek Daring

Kemenhub menerbitkan aturan terbaru guna mengatur tarif ojek daring pada hari ini, Senin (8/8/2022).

EKONOMI | 8 Agustus 2022

Rumah Tapak dan Apartemen Laris, Pendapatan LPCK Naik 16,9%

PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) membukukan peningkatan pendapatan sebesar 16,9% menjadi Rp 765 miliar sepanjang semester I 2022.

EKONOMI | 8 Agustus 2022


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ke Bareskrim, LPSK Koordinasi soal Justice Collaborator Bharada E

Ke Bareskrim, LPSK Koordinasi soal Justice Collaborator Bharada E

NEWS | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings