Logo BeritaSatu

Menhub: Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

Kamis, 26 Mei 2022 | 21:58 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Palur saat ini sudah hampir rampung. Secara persentase, elektrifikasi jalur KA sepanjang 6,2 kilometer tersebut sudah mencapai 84,33% dan ditargetkan akan mulai beroperasi pada Juli 2022.

Menhub mengatakan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Solo Jebres-Palur yang dimulai sejak tahun 2020 ini merupakan bagian dari pengembangan layanan angkutan massal KRL di kawasan Aglomerasi Yogya-Solo.

"Kawasan aglomerasi seperti Yogya, Solo, dan Semarang, harus dihubungkan dengan angkutan massal baik kereta api, bus, maupun angkutan massal lainnya. Ini suatu keniscayaan yang akan konsisten kami lakukan,” ujar Menhub Budi dalam keterangan resminya, Kamis (26/5/2022).

Menhub menjelaskan, keberadaan angkutan massal di kawasan aglomerasi sangat penting untuk memperlancar mobilitas masyarakat dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi yang dapat menimbulkan kemacetan dan juga berdampak pada polusi udara.

Angkutan massal di kawasan aglomerasi juga akan dilakukan di kota-kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, dan kota aglomerasi lainnya.

"KRL adalah angkutan yang ramah lingkungan. Saya harap kolaborasi pemerintah pusat dan daerah semakin baik untuk mengembangkan angkutan massalnya,” tutur Menhub.

Sejak beroperasi pada Januari 2021, KRL Solo-Yogja telah melayani perjalanan sebanyak 22 perjalanan per hari, dengan rata-rata penumpang sebanyak 21.000 penumpang per hari.

Secara kumulatif, KRL Solo-Yogya telah mengangkut sebanyak 3,09 juta penumpang. Lima tahun mendatang layanan KRL akan terus dikembangkan sampai ke Kutoarjo dan Madiun.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BEI Catat Investor Pasar Modal Indonesia Lampaui 9 Juta

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi menyampaikan, dari total 9 juta investor pasar modal, sebanyak 81,74% di antaranya merupakan investor muda.  

EKONOMI | 27 Juni 2022

LPEI dan Kemenperin Bawa Produk Lokal Lada Hitam Mendunia

Desa Devisa Klaster Lada Hitam merupakan kolaborasi antara LPEI dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kasus Holywings, MES DKI Minta Pengusaha Bijak Terapkan Promosi

MES DKI mengimbau semua pihak tetap tenang dan bijak menyikapi persoalan dan menyerahkan semua penyelesaian kasus Holywings kepada pihak yang berwajib.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Bank Aladin Luncurkan Layanan Tarik-Setor Tunai di Alfamart

Fitur terbaru ini memungkinkan nasabah melakukan transaksi penarikan maupun penyetoran dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Titan Berharap Hubungan dengan Kreditur Berjalan Lebih Baik

Upaya restrukturisasi kredit yang disodorkan Titan Infra Energy ke kreditur sindikasi termasuk Bank Mandiri, selalu bertepuk sebelah tangan.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$ 4,5 Juta

Fresh Factory, startup fullfilment rantai dingin mengumpulkan pendanaan awal (seed) sebesar US$ 4,5 juta, yang dipimpin oleh East Ventures.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Ini Cara Manfaatkan Youtube Shorts untuk Dongkrak Penjualan

Youtube Shorts saat ini tidak hanya menjadi platform untuk mencari hiburan. Lebih dari itu, banyak yang memanfaatkan Youtube Shorts untuk menunjang usaha.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Stok Beras Bulog Terancam Turun Mutu, Ini Penyebabnya

Menurut Buwas, beras yang disimpan Bulog terancam turun mutu lantaran gudang penyimpanan tidak memenuhi standar untuk menyimpan beras dalam jangka waktu lama.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Harga Minyak Tinggi, Subsidi BBM atau Bantuan Langsung?

Pemerintah dan PT Pertamina konsisten mempertahankan harga BBM jenis Solar dan Pertalite serta LPG 3 Kg tidak naik di tengah harga minyak mentah global.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Klub Esport RRQ dan PINTUKenalkan Investasi Aset Kripto

PINTU bersama RRQ menghadirkan campaign “Smart Ways to Earn” guna merambah komunitas gamer guna memasifkan investasi aset kripto.

EKONOMI | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
LPEI dan Kemenperin Bawa Produk Lokal Lada Hitam Mendunia

LPEI dan Kemenperin Bawa Produk Lokal Lada Hitam Mendunia

EKONOMI | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings