Logo BeritaSatu
WEFAM 2022

Kebijakan People First Jadi Kunci Utama Pemulihan Ekonomi

Kamis, 26 Mei 2022 | 21:22 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, Indonesia saat ini sudah menuju pemulihan ekonomi. Hal ini dapat dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi tinggi pada kuartal I 2022 yang mencapai 5,01%, lebih tinggi dari negara G20 lain termasuk Jerman dan Tiongkok.

Hal tersebut disampaikan Menko Airlangga ketika mewakili Indonesia untuk menyampaikan pandangan dan perspektif pada sesi Country Strategy Dialogue dalam rangkaian perhelatan World Economic Forum Annual Meeting (WEFAM) 2022 di Davos, Swiss.

"Pencapaian pertumbuhan ekonomi yang signifikan ini didukung oleh kebijakan pemerintah yang bersifat people-first. Pemerintah menempatkan diri sebagai masyarakat untuk mempertimbangkan bagaimana dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat akibat dari keputusan-keputusan yang akan dan telah diterapkan terkait pemulihan ekonomi,” ujar Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya, Kamis (26/5/2022).

Salah satu contoh kebijakan pemulihan ekonomi, kata Airlangga, tentang kebijakan pemberian bantuan tunai kepada para pedagang kaki lima, pemilik warung, dan nelayan (BT-PKLWN) yang diinisiasi untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sekaligus mendorong konsumsi masyarakat.

Selain itu, ada juga program Kartu Prakerja yang bersifat semi bansos dan diinisiasi pemerintah untuk reskilling dan upskilling masyarakat di masa pandemi.

"Kartu Prakerja ini manfaatnya berhasil diterima oleh 11,4 juta penerima. Untuk siswa sekolah, pemerintah juga memberikan bantuan kuota internet gratis guna menjamin ketersediaan pendidikan di masa pandemi,” paparnya.

Diakui Airlangga, seluruh langkah pemulihan ekonomi tersebut memang memiliki risiko dari sisi kebutuhan anggaran negara. Namun, kebijakan tersebut dipercaya akan mendatangkan keuntungan jangka panjang bagi masyarakat.

"Pemerintah memprioritaskan masyaraka dalam upaya pemulihan ekonomi. Kami berinvestasi di dalamnya, dan memastikan kepercayaan mereka. Saya sangat yakin keputusan ini dalam jangka panjang akan terbukti sama pentingnya dengan yang mereka lakukan dalam jangka pendek. Pada akhirnya, jika masyarakat Indonesia dapat mempercayai pemerintah, maka masyarakat tersebut akan menjadi investasi paling berharga bagi sebuah negara,” kata Airlangga Hartarto.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Solusi Harga Minyak Tinggi AdalahSubsidi Tepat Sasaran

Pemerintah dan PT Pertamina konsisten mempertahankan harga BBM jenis Solar dan Pertalite serta LPG 3 Kg tidak naik di tengah harga minyak mentah global.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Klub Esport RRQ dan PINTUKenalkan Investasi Aset Kripto

PINTU bersama RRQ menghadirkan campaign “Smart Ways to Earn” guna merambah komunitas gamer guna memasifkan investasi aset kripto.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Laba BUMN Naik 1.000%, Jasa Raharja Sumbang Rp 1,6 Triliun

PT Jasa Raharja ikut berperan dalam perolehan laba BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang melesat hingga 1.000% pada 2021.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Bulog Pastikan Daging Kerbau Beku dari India Bebas PMK

Buwas menyampaikan, sebelum impor dilakukan, Bulog telah mengirim tim ke India untuk melihat proses daging kerbau beku sebelum dikirim ke Indonesia.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kementan: Surplus, Stok Hewan Kurban Capai 2,27 Juta Ekor

Kementerian Pertanian memastikan ketersediaan hewan kurban untuk Hari Raya Iduladha dalam kondisi surplus, dengan total stok mencapai 2,27 juta ekor.  

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kementan Sebut Wabah PMK Menyebar di 216 Kabupaten/Kota

Kasus PMK pada hewan ternak hingga akhir pekan lalu telah tersebar di 19 provinsi dan 216 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Sinar Mas Land Agresif Bangun Klaster Baru di BSD City

Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, menghadirkan hunian terbaru Kanade yang merupakan klaster perumahan terakhir di kawasan The Zora, BSD City.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Mantap! BTN Gelar Akad Massal KPR Subsidi 10.000 Unit Rumah

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad massal KPR Subsidi sebanyak 10.000 unit rumah dalam waktu sehari.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Putusan Damai Disahkan, Garuda Siap Pulihkan Kinerja

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (Garuda) memproyeksikan pemulihan kinerja lebih cepat sejalan disahkannya PKPU.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Wow! Deliveree Raih Pendanaan Seri C Senilai US$ 70 Juta

Platform marketplace trucking dan kargo skala besar Deliveree meraih pendanaan seri C senilai US$ 70 juta yang diberikan Gobi Partners dan SPIL Ventures.

EKONOMI | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hari Kedua di Jerman, Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT G-7

Hari Kedua di Jerman, Presiden Jokowi Akan Hadiri KTT G-7

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings