Logo BeritaSatu

Dukung Platform dan UMKM, Menkominfo: Kami Terus Bangun Infrastruktur Digital

Kamis, 26 Mei 2022 | 19:50 WIB
Oleh : Yustinus Paat / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan pemerintah mendukung penuh platform digital dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan terus membangun infrastruktur digital.

Dikatakan, pembangunan infrastruktur digital yang dilakukan pemerintah di seluruh pelosok Indonesia untuk menjembatani kesenjangan digital.

Hal ini disampaikan Johnny dalam diskusi "Indonesia Pavilion: The Role of Technology to Drive Economic Recovery" di Davos, Swiss, Selasa (24/5/2022).

"Pemerintah (memberikan fasilitasi) untuk platform digital yang mendukung UMKM Indonesia. Bahkan, dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, technology company global maupun platform digital yang ada di Indonesia bisa melakukan bisnis yang baik," ujar Johnny dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Keberadaan infrastruktur digital, kata Johnny, bisa dimanfaatkan dari sisi hilir terutama bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis. Untuk itu, kata dia, pemerintah membangun infrastruktur digital berupa jaringan backbone fiber optic, jaringan middle-mile seperti microwave link, fiber link, dan satelit serta base transceiver station (BTS).

“Apa yang telah saya lakukan sebagai menteri adalah menggelar infrastruktur TIK di seluruh negeri melalui jaringan telekomunikasi serta menyediakan high throughput satellite dengan kapasitas 300 gigabit per detik yang akan diluncurkan ke orbit tahun depan untuk mendukung kebutuhan digital Indonesia. Kami juga telah membangun setengah juta base transceiver station," jelasnya.

Johnny mengharapkan upaya itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia seperti yang dilakukan perusahan rintisan Grab sekarang ini. Menurut dia, saat ini program pembangunan infrastruktur digital sedang berlangsung dan dilakukan secara multiyear karena ketersediaan dana dan kondisi geografis Indonesia yang tersebar ribuan pulau dengan jarak serta waktu tempuh beragam.

“Dengan transportasi dan sarana logistik yang sangat terbatas di wilayah archipelago, sehingga kita harapkan pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik. Pemerintah membangun infrastruktur TIK di seluruh negeri untuk menutup kesenjangan digital," tuturnya.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BEI Catat Investor Pasar Modal Indonesia Lampaui 9 Juta

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi menyampaikan, dari total 9 juta investor pasar modal, sebanyak 81,74% di antaranya merupakan investor muda.  

EKONOMI | 27 Juni 2022

LPEI dan Kemenperin Bawa Produk Lokal Lada Hitam Mendunia

Desa Devisa Klaster Lada Hitam merupakan kolaborasi antara LPEI dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kasus Holywings, MES DKI Minta Pengusaha Bijak Terapkan Promosi

MES DKI mengimbau semua pihak tetap tenang dan bijak menyikapi persoalan dan menyerahkan semua penyelesaian kasus Holywings kepada pihak yang berwajib.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Bank Aladin Luncurkan Layanan Tarik-Setor Tunai di Alfamart

Fitur terbaru ini memungkinkan nasabah melakukan transaksi penarikan maupun penyetoran dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Titan Berharap Hubungan dengan Kreditur Berjalan Lebih Baik

Upaya restrukturisasi kredit yang disodorkan Titan Infra Energy ke kreditur sindikasi termasuk Bank Mandiri, selalu bertepuk sebelah tangan.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$ 4,5 Juta

Fresh Factory, startup fullfilment rantai dingin mengumpulkan pendanaan awal (seed) sebesar US$ 4,5 juta, yang dipimpin oleh East Ventures.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Ini Cara Manfaatkan Youtube Shorts untuk Dongkrak Penjualan

Youtube Shorts saat ini tidak hanya menjadi platform untuk mencari hiburan. Lebih dari itu, banyak yang memanfaatkan Youtube Shorts untuk menunjang usaha.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Stok Beras Bulog Terancam Turun Mutu, Ini Penyebabnya

Menurut Buwas, beras yang disimpan Bulog terancam turun mutu lantaran gudang penyimpanan tidak memenuhi standar untuk menyimpan beras dalam jangka waktu lama.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Harga Minyak Tinggi, Subsidi BBM atau Bantuan Langsung?

Pemerintah dan PT Pertamina konsisten mempertahankan harga BBM jenis Solar dan Pertalite serta LPG 3 Kg tidak naik di tengah harga minyak mentah global.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Klub Esport RRQ dan PINTUKenalkan Investasi Aset Kripto

PINTU bersama RRQ menghadirkan campaign “Smart Ways to Earn” guna merambah komunitas gamer guna memasifkan investasi aset kripto.

EKONOMI | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BEI Catat Investor Pasar Modal Indonesia Lampaui 9 Juta

BEI Catat Investor Pasar Modal Indonesia Lampaui 9 Juta

EKONOMI | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings