Logo BeritaSatu

Reforminer: Daripada Pembatasan, Lebih Baik Naikkan Harga Pertalite Rp 1.000

Kamis, 26 Mei 2022 | 14:32 WIB
Oleh : Herman / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah bersama PT Pertamina (Persero) tengah menyusun petunjuk teknis pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 90 atau Pertalite. Nantinya pembelian Pertalite akan diatur hanya bagi mereka yang berhak sesuai dengan kriteria yang akan ditentukan oleh pemerintah.

Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro menyampaikan, sebagai BBM khusus penugasan, penjualan Pertalite memang perlu diatur. Tetapi bila sampai melakukan pembatasan atau penjatahan, pengawasan di lapangan akan sulit. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak sedikit.

“Ini kan sebetulnya pola yang berulang. Dulu pernah pakai RFID (radio frequency identification), pakai plat nomor kendaraan, tetapi implementasinya sulit. Selain itu, cost yang harus dikeluarkan kabarnya juga lebih besar dari penghematan yang didapat. Misalnya harus menyiapkan RFID, menambah petugas pengawas di lapangan, dan lain-lain. Kalau sampai dilakukan pembatasan atau penjatahan, nanti yang kasihan petugas SPBU di lapangan. Ada masyarakat yang tidak mau tahu, kemudian memaksa untuk tetap mengisi Pertalite, jadi sebenarnya masalah ikutannya akan lebih banyak,” kata Komaidi kepada Beritasatu.com, Kamis (26/5/2022).

Daripada melakukan pembatasan atau penjatahan, menurut Komaidi lebih baik melakukan penyesuaian harga Pertalite saja. Pasalnya sebelum ditetapkan sebagai BBM khusus penugasan, konsumsi Pertalite memang sudah tinggi mencapai 25 juta kiloliter (KL) atau 25 miliar liter per tahun. Bandingkan dengan konsumsi Pertamax yang hanya sekitar 5 juta KL per tahun.

“Kalau konsumsinya dibatasi, sementara masyarakat diminta untuk shifting dari Premium ke Pertalite, saya kira agak sulit ya. Apalagi konsumsi Pertalite sebelum ditetapkan jadi BBM khusus penugasan memang sudah tinggi. Daripada melakukan pembatasan atau penjatahan yang bisa menimbulkan pro dan kontak di lapangan, lebih baik menaikkan harganya saja sekitar Rp 500-Rp 1.000, itu lebih sederhana dan lebih menolong,” kata Komaidi.


hal 1 dari 2 halaman

Halaman: 12selengkapnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ini Cara Manfaatkan Youtube Shorts untuk Dongkrak Penjualan

Youtube Shorts saat ini tidak hanya menjadi platform untuk mencari hiburan. Lebih dari itu, banyak yang memanfaatkan Youtube Shorts untuk menunjang usaha.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Stok Beras Bulog Terancam Turun Mutu, Ini Penyebabnya

Menurut Buwas, beras yang disimpan Bulog terancam turun mutu lantaran gudang penyimpanan tidak memenuhi standar untuk menyimpan beras dalam jangka waktu lama.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Solusi Harga Minyak Tinggi Adalah Subsidi Tepat Sasaran

Pemerintah dan PT Pertamina konsisten mempertahankan harga BBM jenis Solar dan Pertalite serta LPG 3 Kg tidak naik di tengah harga minyak mentah global.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Klub Esport RRQ dan PINTUKenalkan Investasi Aset Kripto

PINTU bersama RRQ menghadirkan campaign “Smart Ways to Earn” guna merambah komunitas gamer guna memasifkan investasi aset kripto.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Laba BUMN Naik 1.000%, Jasa Raharja Sumbang Rp 1,6 Triliun

PT Jasa Raharja ikut berperan dalam perolehan laba BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang melesat hingga 1.000% pada 2021.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Bulog Pastikan Daging Kerbau Beku dari India Bebas PMK

Buwas menyampaikan, sebelum impor dilakukan, Bulog telah mengirim tim ke India untuk melihat proses daging kerbau beku sebelum dikirim ke Indonesia.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kementan: Surplus, Stok Hewan Kurban Capai 2,27 Juta Ekor

Kementerian Pertanian memastikan ketersediaan hewan kurban untuk Hari Raya Iduladha dalam kondisi surplus, dengan total stok mencapai 2,27 juta ekor.  

EKONOMI | 27 Juni 2022

Kementan Sebut Wabah PMK Menyebar di 216 Kabupaten/Kota

Kasus PMK pada hewan ternak hingga akhir pekan lalu telah tersebar di 19 provinsi dan 216 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Sinar Mas Land Agresif Bangun Klaster Baru di BSD City

Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation, menghadirkan hunian terbaru Kanade yang merupakan klaster perumahan terakhir di kawasan The Zora, BSD City.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Mantap! BTN Gelar Akad Massal KPR Subsidi 10.000 Unit Rumah

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad massal KPR Subsidi sebanyak 10.000 unit rumah dalam waktu sehari.

EKONOMI | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Tersangka KPK, Mardani Maming Ajukan Praperadilan

Jadi Tersangka KPK, Mardani Maming Ajukan Praperadilan

NEWS | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings