Logo BeritaSatu

PTPN Group Siap Beli Gula Kristal Putih Petani Rp 11.500

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:09 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) siap melaksanakan pembelian gula kristal putih (GKP) milik petani tebu rakyat (PTR) produksi musim giling tahun 2022 yang diolah di pabrik gula PTPN Group sebesar Rp 11.500 per kilogram (kg) atau meningkat Rp 1.000 dari harga tahun lalu.

"Holding Perkebunan Nusantara akan menjadi produsen gula kristal putih dengan persediaan atau stok terbesar di Indonesia dengan menjalankan peran sebagai stabilisator pasokan dan harga gula nasional," kata Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani dalam keterangan tertulisnya Sabtu (21/5/2022).

Direksi PTPN Group menetapkan ketentuan pembelian GKP milik PTR dengan nomor DPAT/KEP/18/2022 pada Jumat (20/5/2022). Sesuai ketentuan tersebut, PTPN Group hanya membeli GKP melalui perwakilan PTR. Adapun PTR harus menunjuk perwakilan dan memberikan wewenang dalam bertindak untuk dan atas nama PTR. Perwakilan tersebut menandatangani dokumen berupa surat, kontrak jual-beli, hingga surat perintah setor.

“Manajemen PTPN Group memerintahkan kepada anak usaha di lingkungan Holding Perkebunan Nusantara untuk membeli GKP milik PTR dengan mengedepankan prinsip-prinsip bisnis serta tata kelola perusahaan yang baik,” ujar Abdul Ghani.

Manajemen PTPN Group juga memberikan kesempatan kepada PTR untuk menjual GKP miliknya kepada pihak selain PTPN Group. PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), anak perusahaan PTPN Group, akan memfasilitasi penjualan GKP tersebut melalui mekanisme lelang elektronik (e-auction). "Lelang tersebut menggunakan prinsip open market, transparent, accountable, dan tidak mendistorsi pasar," kata dia.

Untuk mengurangi beban petani, kata dia, mulai tahun ini PT KPBN selaku penyelenggara e-auction tidak membebankan dan mengenakan jasa atau fee kepada PTR. Pembebasan biaya bertujuan agar PTR mendapatkan harga jual maksimal atas GKP miliknya.

“Dari harga Rp 11.500 per kg, kami berharap agar 100% hasil penjualan masuk ke kantong petani, tanpa potongan jasa atau fee
penjualan. Ini menunjukkan komitmen PTPN Group dalam menjaga keekonomian hasil budi daya tebu dan usaha gula milik rakyat,” ujar Abdul Ghani.

PTPN Group berharap, upaya membeli GKP produksi PTR mampu menjaga keberlangsungan perkebunan tebu dan usaha gula milik rakyat. PTPN Group menempatkan PTR sebagai mitra dalam sistem rantai pasok (supply chain) industri gula nasional.

PTPN Group memandang PTR sebagai mitra penyedia bahan baku dan barang setengah jadi, yang berperan penting dalam model bisnis perseroan. Kebijakan penetapan harga acuan hasil panen dan usaha rakyat, tidak semata bertujuan dan berdasarkan perhitungan bisnis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kadin Jatim Cetak Konsultan Vokasi di 38 Kabupaten/Kota

Kadin Jatim menargetkan tiga konsultan vokasi di setiap kabupaten dan kota, yang bertugas membantu program pendidikan vokasi di daerah masing-masing.

EKONOMI | 26 Juni 2022

BBM Subsidi Seharusnya Hanya untuk Kendaraan Roda Dua

Menurut Komaidi, konsumen yang bisa membeli BBM subsidi seperti Pertalite hanya pemakai kendaraan roda dua. Sedangkan mobil bisa menggunakan BBM non-subsidi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Pelaku Industri Blockchain Sambut Baik Arahan Pemerintah soal Metaverse

Pelaku industri bidang blockchain menyambut baik respons pemerintah yang positif terkait potensi metaverse.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Jumlah Pengguna Dompet Digital DANA Capai 110 Juta

Penyelenggara dompet digital (e-wallet) DANA mencatat sebanyak lebih dari 110 juta pengguna hingga saat ini.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Mataram Tunggu Aturan Beli Minyak Goreng dengan PeduliLindungi

Pemkot Mataram masih menunggu aturan resmi dari pemerintah terkait kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Penyaluran Fintech Lending Tembus Rp 40 Triliun Per Mei 2022

OJK mencatat outstanding pinjaman yang disalurkan fintech lending posisi Mei 2022 sebesar Rp 40,2 triliun, atau meningkat 85% year on year (yoy).

EKONOMI | 26 Juni 2022

BNI Sekuritas Gencar Edukasi Investasi Saham Sejak Dini

BNI Sekuritas (BNIS) bersama BNI Group bekerja sama dengan Vokasi UI untuk meningkatkan literasi para mahasiswa melalui investasi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

SIG Gandeng Jamdatun Tingkatkan Efektivitas Penanganan Hukum

Kerja sama SIG meliputi pemberian bantuan hukum oleh Kejagung sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam perkara perdata maupun TUN.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Antisipasi Kenaikan Pengeboran, Wintermar Offshore Marine Siapkan US$ 12 Juta

PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) siapkan infrastruktur lengkap dengan total investasi hingga US$ 12 juta  untuk mengantisipasi kenaikan pengeboran.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Bank DKI Ikut Meriahkan Malam Puncak Jakarta Hajatan

Bank DKI turut mendukung gelaran malam puncak Jakarta Hajatan dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta.

EKONOMI | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ganda Campuran Amri/Winny 3 Kali Beruntun Juara di Eropa

Ganda Campuran Amri/Winny 3 Kali Beruntun Juara di Eropa

SPORT | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings