Logo BeritaSatu

Suharso: Indonesia-Jerman Sepakat Tingkatkan Kerja Sama

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:49 WIB
Oleh : Fana F Suparman / CAR

Berlin, Beritasatu.com - Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Indonesia dan Jerman sepakat peningkatan kerja sama bilateral untuk mendukung transformasi ekonomi berkelanjutan. Hal itu disampaikan Suharso saat menghadiri pertemuan tingkat menteri pembangunan G-7 di Berlin, Jerman, Rabu (18/5/2022), waktu setempat.

Kehadiran Suharso untuk memenuhi undangan Menteri Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Republik Federal Jerman Svenja Schulze. Pertemuan tersebut membahas visi bersama Indonesia-Jerman dalam hal transisi energi, perubahan iklim, dan pembangunan infrastruktur.

“Jerman dan Indonesia perlu meningkatkan dan memperluas kerja sama dalam transisi energi. Kita harus memperluas kerja sama dalam pengembangan pembangkit listrik energi terbarukan, meningkatkan penilaian dan penerapan teknologi energi yang cerdas dan bersih, juga mempromosikan dan memajukan skema pembiayaan energi, termasuk pembiayaan campuran dan pembangkit listrik energi terbarukan berbasis masyarakat,” tutur Suharso dalam keterangannya, Sabtu (21/5/2022).

Selain transisi energi, Indonesia-Jerman dapat meningkatkan dan memperluas kerja sama jangka panjang dalam pengembangan manusia, terutama di bidang pelatihan kejuruan teknis, pengembangan standardisasi pekerjaan ramah lingkungan, transformasi digital, dan reformasi sistem kesehatan. Selain itu, terkait pembangunan infrastruktur, Indonesia mengusung tiga arah kebijakan sebagai strategi prioritas.

Pertama, rencana infrastruktur terintegrasi untuk efisiensi pembiayaan. Kedua, skema inovatif untuk masuk ke pasar modal global dan mengundang pihak swasta untuk berperan serta dalam membangun infrastruktur. Ketiga, menerapkan kombinasi infrastruktur fisik dan digital,” ungkap Suharso.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Suharso juga melangsungkan rangkaian pertemuan bilateral bersama Komisioner Uni Eropa untuk Kemitraan Internasional Jutta Urpilainen.

Delegasi Indonesia juga turut menghadiri tiga sesi utama pertemuan tingkat menteri pembangunan G-7 yang masing-masing mengangkat tema investasi infrastruktur untuk pembangunan berkelanjutan, kemitraan untuk iklim dan pembangunan dan transisi berkeadilan, serta kebijakan pembangunan yang mendukung perempuan pada masa krisis. Pada ketiga sesi, delegasi Indonesia menegaskan perlunya strategi dan gebrakan pembiayaan inovatif, termasuk blended finance, untuk investasi infrastruktur.

Pada kesempatan itu pula, sebagai pemegang Presidensi G-20 2022, Indonesia turut mengundang Jerman untuk hadir dalam pertemuan tingkat menteri pembangunan di Belitung pada 7-9 September 2022 mendatang.

“Ini akan menjadi saat yang tepat bagi anggota G-20 untuk menentukan hasil nyata dan proyek kerja sama yang dapat diterapkan, dan akan didukung oleh G-7 untuk mendukung negara berkembang dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan/sustainable development goals (SDGs) dan dalam mewujudkan komitmen global mengatasi perubahan iklim,” kata Suharso.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kadin Jatim Cetak Konsultan Vokasi di 38 Kabupaten/Kota

Kadin Jatim menargetkan tiga konsultan vokasi di setiap kabupaten dan kota, yang bertugas membantu program pendidikan vokasi di daerah masing-masing.

EKONOMI | 26 Juni 2022

BBM Subsidi Seharusnya Hanya untuk Kendaraan Roda Dua

Menurut Komaidi, konsumen yang bisa membeli BBM subsidi seperti Pertalite hanya pemakai kendaraan roda dua. Sedangkan mobil bisa menggunakan BBM non-subsidi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Pelaku Industri Blockchain Sambut Baik Arahan Pemerintah soal Metaverse

Pelaku industri bidang blockchain menyambut baik respons pemerintah yang positif terkait potensi metaverse.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Jumlah Pengguna Dompet Digital DANA Capai 110 Juta

Penyelenggara dompet digital (e-wallet) DANA mencatat sebanyak lebih dari 110 juta pengguna hingga saat ini.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Mataram Tunggu Aturan Beli Minyak Goreng dengan PeduliLindungi

Pemkot Mataram masih menunggu aturan resmi dari pemerintah terkait kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Penyaluran Fintech Lending Tembus Rp 40 Triliun Per Mei 2022

OJK mencatat outstanding pinjaman yang disalurkan fintech lending posisi Mei 2022 sebesar Rp 40,2 triliun, atau meningkat 85% year on year (yoy).

EKONOMI | 26 Juni 2022

BNI Sekuritas Gencar Edukasi Investasi Saham Sejak Dini

BNI Sekuritas (BNIS) bersama BNI Group bekerja sama dengan Vokasi UI untuk meningkatkan literasi para mahasiswa melalui investasi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

SIG Gandeng Jamdatun Tingkatkan Efektivitas Penanganan Hukum

Kerja sama SIG meliputi pemberian bantuan hukum oleh Kejagung sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam perkara perdata maupun TUN.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Antisipasi Kenaikan Pengeboran, Wintermar Offshore Marine Siapkan US$ 12 Juta

PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) siapkan infrastruktur lengkap dengan total investasi hingga US$ 12 juta  untuk mengantisipasi kenaikan pengeboran.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Bank DKI Ikut Meriahkan Malam Puncak Jakarta Hajatan

Bank DKI turut mendukung gelaran malam puncak Jakarta Hajatan dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta.

EKONOMI | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

BOLA | 20 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings