Logo BeritaSatu

Pegawainya Terlibat Korupsi Impor Baja, Ini Respons Kemendag

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:03 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Suhanto menyampaikan, Kemendag menghargai proses hukum yang tengah berlangsung dalam kasus dugaan korupsi perizinan impor besi atau baja, baja paduan, dan produk turunannya yang ditetapkan Kejaksaan Agung terjadi pada 2016–2021.

Pernyataan ini disampaikan menyusul ditetapkannya salah satu pegawai di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan oleh Kejaksaan Agung sebagai tersangka kasus korupsi impor baja.

Pegawai Kemendag berinisial TB tersebut merupakan Kasubag Tata Usaha periode 2017-2018 dan sebagai Kasi Aneka Industri Periode 2018-2020 pada Direktorat Impor, Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag.

“Tentunya kami merasa sangat prihatin dengan kondisi saat ini. Namun, Kementerian Perdagangan mendukung proses hukum yang tengah berlangsung dan siap untuk selalu memberikan informasi yang diperlukan dalam proses penegakan hukum,” tegas Suhanto dalam keterangan resminya, Sabtu (21/5/2022).

Mengutip apa yang selalu ditegaskan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Suhanto menyampaikan jajaran Kemendag wajib menjalankan pelayanan perizinan di bidang perdagangan sesuai ketentuan dan secara transparan. Untuk itu, Suhanto mendukung proses hukum jika terbukti terjadi penyalahgunaan wewenang.

“Seperti yang selalu dipesankan oleh Menteri Perdagangan, kami selalu menginstruksikan para pegawai Kementerian Perdagangan untuk selalu bekerja sesuai ketentuan dan secara transparan. Kemendag selalu siap membantu proses penegakan hukum yang tengah berlangsung, karena tindak korupsi dan penyalahgunaan wewenang menimbulkan kerugian negara dan berdampak terhadap perekonomian nasional serta merugikan masyarakat,” kata Suhanto.

Ia juga memastikan bahwa perizinan di bidang perdagangan sudah dilaksanakan melalui sistem elektronik. Digitalisasi perizinan ini dimaksudkan untuk mempercepat pelayanan dan sekaligus menghindari pertemuan dengan pelaku usaha. Sistem ini dapat mencegah terjadinya korupsi.

“Salah satu tujuan digitalisasi perizinan adalah mencegah terjadinya korupsi dalam proses perizinan. Kemendag sangat serius membangun sistem anti korupsi,” ujar Suhanto yang juga mengimbau pelaku usaha untuk ikut serta mendukung upaya Kemendag menjalankan sistem ini dengan baik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kadin Jatim Cetak Konsultan Vokasi di 38 Kabupaten/Kota

Kadin Jatim menargetkan tiga konsultan vokasi di setiap kabupaten dan kota, yang bertugas membantu program pendidikan vokasi di daerah masing-masing.

EKONOMI | 26 Juni 2022

BBM Subsidi Seharusnya Hanya untuk Kendaraan Roda Dua

Menurut Komaidi, konsumen yang bisa membeli BBM subsidi seperti Pertalite hanya pemakai kendaraan roda dua. Sedangkan mobil bisa menggunakan BBM non-subsidi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Pelaku Industri Blockchain Sambut Baik Arahan Pemerintah soal Metaverse

Pelaku industri bidang blockchain menyambut baik respons pemerintah yang positif terkait potensi metaverse.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Jumlah Pengguna Dompet Digital DANA Capai 110 Juta

Penyelenggara dompet digital (e-wallet) DANA mencatat sebanyak lebih dari 110 juta pengguna hingga saat ini.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Mataram Tunggu Aturan Beli Minyak Goreng dengan PeduliLindungi

Pemkot Mataram masih menunggu aturan resmi dari pemerintah terkait kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Penyaluran Fintech Lending Tembus Rp 40 Triliun Per Mei 2022

OJK mencatat outstanding pinjaman yang disalurkan fintech lending posisi Mei 2022 sebesar Rp 40,2 triliun, atau meningkat 85% year on year (yoy).

EKONOMI | 26 Juni 2022

BNI Sekuritas Gencar Edukasi Investasi Saham Sejak Dini

BNI Sekuritas (BNIS) bersama BNI Group bekerja sama dengan Vokasi UI untuk meningkatkan literasi para mahasiswa melalui investasi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

SIG Gandeng Jamdatun Tingkatkan Efektivitas Penanganan Hukum

Kerja sama SIG meliputi pemberian bantuan hukum oleh Kejagung sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam perkara perdata maupun TUN.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Antisipasi Kenaikan Pengeboran, Wintermar Offshore Marine Siapkan US$ 12 Juta

PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) siapkan infrastruktur lengkap dengan total investasi hingga US$ 12 juta  untuk mengantisipasi kenaikan pengeboran.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Bank DKI Ikut Meriahkan Malam Puncak Jakarta Hajatan

Bank DKI turut mendukung gelaran malam puncak Jakarta Hajatan dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta.

EKONOMI | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

BOLA | 40 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings