Logo BeritaSatu

Hadapi Tantangan Global, Jokowi: Utamakan Produk Lokal

Jumat, 20 Mei 2022 | 17:24 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, di tengah berbagai tantangan perekonomian global yang tengah bergejolak, antara lain inflasi, kelangkaan energi dan juga kelangkaan pangan, Indonesia perlu membangun kekuatan nasional. Salah satunya, dengan membeli produk dalam negeri, khususnya produk-produk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah).

“Pertumbuhan ekonomi global tahun ini melambat turun menjadi 3,6% dari prediksi sebelumya 4,4%. Permasalah global ini juga berdampak pada perekonomian di dalam negeri. Kita harus terus berbenah diri membangun kekuatan nasional kita. Salah satu strategi kita adalah membelanjakan uang kita, baik APBN, swasta maupun masyarakat untuk membeli produk kita sendiri, membeli produk dalam negeri,” kata Jokowi saat meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBBI) Bangka Belitung 2022 secara daring, Jumat (20/5/2022).

Jokowi mengungkapkan, di tahun 2022, potensi belanja barang dan jasa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sangat besar mencapai Rp 1.062 triliun, di mana untuk belanja pemerintah pusat sebesar Rp 526 triliun dan belanja pemerintah daerah sebesar Rp 535 triliun. Sementara belanja barang dan jasa di BUMN setiap tahunnya sekitar Rp 420 triliun.

"Saya sudah memerintahkan, minimal 40% dari belanja pusat dan daerah serta belanja BUMN harus dialokasikan untuk membeli produk lokal dalam negeri, terutama produk UMKM,” kata Jokowi.

Di kesempatan ini, Jokowi juga mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai dan membeli produk-produk Indonesia, bangga menggunakan produk Indonesia. Gernas BBI menurut Jokowi juga sejalan dengan program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Seluruh masyarakat bisa menjadi pembeli, menjadi pengguna dan sekaligus membantu marketing produk-produk dalam negeri,” kata Jokowi.

Di samping itu, Jokowi juga mengingatkan agar peningkatan pemasaran juga dibarengi dengan peningkatan kualitas produk dan pelayanan.

"Produk lokal kita juga bukan hanya barang, tetapi ada objek wisata. Kita juga harus bangga berwisata di Indonesia , baik wisata alam maupun budaya,” kata Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Holywings, MES DKI Minta Pengusaha Bijak Terapkan Promosi

MES DKI mengimbau semua pihak tetap tenang dan bijak menyikapi persoalan dan menyerahkan semua penyelesaian kasus Holywings kepada pihak yang berwajib.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Bank Aladin Luncurkan Layanan Tarik-Setor Tunai di Alfamart

Fitur terbaru ini memungkinkan nasabah melakukan transaksi penarikan maupun penyetoran dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Titan Berharap Hubungan dengan Kreditur Berjalan Lebih Baik

Upaya restrukturisasi kredit yang disodorkan Titan Infra Energy ke kreditur sindikasi termasuk Bank Mandiri, selalu bertepuk sebelah tangan.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Startup Fresh Factory Dapat Pendanaan Awal US$ 4,5 Juta

Fresh Factory, startup fullfilment rantai dingin mengumpulkan pendanaan awal (seed) sebesar US$ 4,5 juta, yang dipimpin oleh East Ventures.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Ini Cara Manfaatkan Youtube Shorts untuk Dongkrak Penjualan

Youtube Shorts saat ini tidak hanya menjadi platform untuk mencari hiburan. Lebih dari itu, banyak yang memanfaatkan Youtube Shorts untuk menunjang usaha.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Stok Beras Bulog Terancam Turun Mutu, Ini Penyebabnya

Menurut Buwas, beras yang disimpan Bulog terancam turun mutu lantaran gudang penyimpanan tidak memenuhi standar untuk menyimpan beras dalam jangka waktu lama.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Harga Minyak Tinggi, Subsidi BBM atau Bantuan Langsung?

Pemerintah dan PT Pertamina konsisten mempertahankan harga BBM jenis Solar dan Pertalite serta LPG 3 Kg tidak naik di tengah harga minyak mentah global.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Klub Esport RRQ dan PINTUKenalkan Investasi Aset Kripto

PINTU bersama RRQ menghadirkan campaign “Smart Ways to Earn” guna merambah komunitas gamer guna memasifkan investasi aset kripto.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Laba BUMN Naik 1.000%, Jasa Raharja Sumbang Rp 1,6 Triliun

PT Jasa Raharja ikut berperan dalam perolehan laba BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang melesat hingga 1.000% pada 2021.

EKONOMI | 27 Juni 2022

Bulog Pastikan Daging Kerbau Beku dari India Bebas PMK

Buwas menyampaikan, sebelum impor dilakukan, Bulog telah mengirim tim ke India untuk melihat proses daging kerbau beku sebelum dikirim ke Indonesia.

EKONOMI | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
ITS Surabaya Juarai Lomba Hackathon Sahabat Ganjar se-Jatim

ITS Surabaya Juarai Lomba Hackathon Sahabat Ganjar se-Jatim

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings