Logo BeritaSatu

Pelayanan BBM Selama Periode Ramadan dan Lebaran Tuai Pujian

Jumat, 20 Mei 2022 | 13:17 WIB
Oleh : Lona Olavia / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran 2022 berjalan lancar, termasuk pasokan bahan bakar minyak (BBM). Tidak ada kekurangan pasokan untuk SPBU-SPBU selama Ramadan serta tidak terjadi antrean signifikan terutama di Pertamina Region Jawa Bagian Barat.

Pertamina melakukan simulasi kerja sama dengan aparat seperti kepolisian dan Kementerian Perhubungan. Selain itu, Pertamina melakukan inovasi dengan menyediakan SPBU modular dan menggunakan motor untuk mengantarkan BBM ke konsumen yang kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan.

Terkait dengan keberhasilan tersebut, Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan apresiasi kepada Pertamina.

“Selama pelaksanaan mudik dan arus balik Lebaran kemarin, YLKI tidak menerima laporan dari masyarakat terkait kelangkaan BBM di SPBU. Hal ini membuktikan kesiapan Pertamina menghadapi hajat tahunan, apalagi 2022 merupakan tahun pertama dibuka kembali setelah dua tahun mudik dilarang. Oleh karena itu, kami mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pertamina terutama Pertamina Region Jawa Bagian Barat (JBB) atas kesiapan tersebut,” kata Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam keterangan tertulisnya Jumat (20/5/2022).

Hal senada diungkapkan pengamat energi dari Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria. Dia menilai apa yang dilakukan Pertamina Region Jawa Bagian Barat sudah bagus dan layak mendapatkan apresiasi.

“Saya menyampaikan terima kasih atas upaya Pertamina dalam menjaga pasokan BBM kepada masyarakat selama kegiatan arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Hal ini membuktikan ketulusan Pertamina melayani masyarakat. Selama Lebaran kemarin, para pegawai Pertamina baik itu Satgas maupun petugas SPBU tidak mengambil cuti,” jelas Koordinator Asosiasi Pengamat Energi Indonesia (APEI) tersebut.

Adapun Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan menyampaikan bahwa inovasi Pertamina dengan mendirikan SPBU modular di rest area yang belum ada SPBU permanen sangat membantu pemudik. “Saya merasakan manfaat inovasi ini di mana saat BBM sudah berkurang bisa mengisi BBM di rest area,” ujar Mamit.

Inovasi menggunakan motor mengantarkan BBM ke pelanggan yang terjebak kemacetan, mendapatkan acungan jempol dari peneliti INDEX, Abra El Tatov. Menurut Abra, hal ini sangat membantu masyarakat ditengah kemacetan yang cukup tinggi saat Lebaran 2022. “Dengan jumlah motor yang cukup banyak, membuat pergerakan mengantarkan BBM menjadi lebih sering,” kata Abra.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kadin Jatim Cetak Konsultan Vokasi di 38 Kabupaten/Kota

Kadin Jatim menargetkan tiga konsultan vokasi di setiap kabupaten dan kota, yang bertugas membantu program pendidikan vokasi di daerah masing-masing.

EKONOMI | 26 Juni 2022

BBM Subsidi Seharusnya Hanya untuk Kendaraan Roda Dua

Menurut Komaidi, konsumen yang bisa membeli BBM subsidi seperti Pertalite hanya pemakai kendaraan roda dua. Sedangkan mobil bisa menggunakan BBM non-subsidi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Pelaku Industri Blockchain Sambut Baik Arahan Pemerintah soal Metaverse

Pelaku industri bidang blockchain menyambut baik respons pemerintah yang positif terkait potensi metaverse.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Jumlah Pengguna Dompet Digital DANA Capai 110 Juta

Penyelenggara dompet digital (e-wallet) DANA mencatat sebanyak lebih dari 110 juta pengguna hingga saat ini.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Mataram Tunggu Aturan Beli Minyak Goreng dengan PeduliLindungi

Pemkot Mataram masih menunggu aturan resmi dari pemerintah terkait kebijakan pembelian minyak goreng curah dengan aplikasi PeduliLindungi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Penyaluran Fintech Lending Tembus Rp 40 Triliun Per Mei 2022

OJK mencatat outstanding pinjaman yang disalurkan fintech lending posisi Mei 2022 sebesar Rp 40,2 triliun, atau meningkat 85% year on year (yoy).

EKONOMI | 26 Juni 2022

BNI Sekuritas Gencar Edukasi Investasi Saham Sejak Dini

BNI Sekuritas (BNIS) bersama BNI Group bekerja sama dengan Vokasi UI untuk meningkatkan literasi para mahasiswa melalui investasi.

EKONOMI | 26 Juni 2022

SIG Gandeng Jamdatun Tingkatkan Efektivitas Penanganan Hukum

Kerja sama SIG meliputi pemberian bantuan hukum oleh Kejagung sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam perkara perdata maupun TUN.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Antisipasi Kenaikan Pengeboran, Wintermar Offshore Marine Siapkan US$ 12 Juta

PT Wintermar Offshore Marine Tbk (WINS) siapkan infrastruktur lengkap dengan total investasi hingga US$ 12 juta  untuk mengantisipasi kenaikan pengeboran.

EKONOMI | 26 Juni 2022

Bank DKI Ikut Meriahkan Malam Puncak Jakarta Hajatan

Bank DKI turut mendukung gelaran malam puncak Jakarta Hajatan dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta.

EKONOMI | 26 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Indosurya


# One 160


# HUT Jakarta


# Jokowi 3 Periode


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

Tekuk Rans yang Diperkuat Ronaldinho, Persik Juara Trefeo

BOLA | 57 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings